Skip to main content

Tradisi Karamaik Desa Jorong Sonsang Tilatang Kamang, Kabupaten Agam

Sumber Gambar: caretet.com
Seperti sahabat pituluik ketahui, tradisi disetiap tempat itu berbeda-beda. Baik itu dalam cakupan sebuah negara, komunitas, organisasi, suku dan lain-lain.
Tradisi Karamaik merupakan sebuah tradisi yang sering dilakukan oleh masyrakat desa Jorong Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten agam, Sumatera Barat. Tradisi ini dilakukan masyarakat desa Jorong Sonsang ketika selesai melaksanakan panen padi.
Tradisi Keramaik atau dalam Bahasa Indonesia dapat kita sebut dengan keramat merupakan sebuah tradisi spritual yang memiliki nilai-nilai positif. Tradisi ini dilakukan untuk mewujudkan rasa syukur kepada sang pencipta yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya.

Desa Jorong Sonsang mayoritas penduduknya bermata pencarian sebagai petani, sehingga tradisi yang sudah berjalan sejak lama ini selalu dijaga dan dilestarikan. Selain itu masyarakat di dasa ini keseluruhannya beragama Islam, sehingga tidak satupun masyarakat yang tidak mengikuti tradisi yang satu ini. 
Sumber Gambar: Caretet
Setidaknya dalam satu rumah memberikan perwakilan untuk datang ke pelaksanaan tradisi ini satu orang. Tentu hal ini lah yang membuat setiap pelaksanaan tradisi selalu ramai dan orang-orang yang mengikutinya pun sangat antusias.

Tradisi Karamaik mulai diperkenalkan semenjak dini kepada anak-anak yang ada di Desa Jorong Sonsang. Sehingga tradisi ini bisa tetap terjaga dan tetap dilestarikan oleh generasi penerus nantinya.

Dalam pelaksanaan Tradisi Karamaik, dilakukan acara do'a bersama atas limpahan rahmat Allah SWT. Setelah itu di iringi dengan makan bajamba atau makan secara bersama-sama yang merupakan salah satu ciri khas daj tradisi orang Minangkabau.

Pelaksanaan tradisi ini dilakukan di pagi hari kira-kira jam 8, walaupun sebenarnya tergantung dari keadaan cuaca. Jika paginya cuaca hujan maka akan dilaksanakan siang, dan jika hari tersebut hujan tidak berhenti dari pagi sampai sore maka diganti dengan hari berikutnya.

Di pagi hari kaum ibu akan disibukkan dengan membuat makanan untuk acara makan bajamba, sedangkan yang lainnya mempersiapkan tempat untuk melaksanakan tradisi ini.

Nah bagi sahabat pituluik yang berasal dari desa yang berbeda, seperti apa tradisi yang ada di daerah kalian?

Silahkan cantumkan tradisi positif apa yang ada di desa sobat di kolom komentar dibawah ini, nanti akan kami bantu untuk mempublikasikan tradisi tersebut.

Terimakasih
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar