8 Hal Yang Harus Di Contoh Dari Kepemimpinan Umar Bin Khattab

Umar bin Khattab adalah sosok pemimpin ideal yang memiliki sifat tegas, jujur dan adil. Selain itu beliau merupakan sosok pemimpin yang tidak menyukai melakukan pencintraan terhadap dirinya. Beliau merupakan sososk pemimpin yang selalu turun hadir di tengah-tengah rakyatnya. Dan juga selalu ikut serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang menimpa rakyatnya.

Sumber Gambar: infobiografi
Umar bin Khattab adalah sosok pemimpin ideal yang memiliki sifat tegas, jujur dan adil. Selain itu beliau merupakan sosok pemimpin yang tidak menyukai melakukan pencintraan terhadap dirinya. Beliau merupakan sososk pemimpin yang selalu turun hadir di tengah-tengah rakyatnya. Dan juga selalu ikut serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang menimpa rakyatnya.

Jika kita bandingkan saat ini dengan pemimpin-pemimpin yang ada di atas bumi ini, belum satu pun yang dapat menyaingi beliau. Beliau merupakan salah satu sahabat nabi yang patut di contoh gaya kepemimpinannya.

Ada 8 hal yang selalu dilakukan oleh Umar Bin Khattab ketika memimpin yang harus dicontoh oleh para pemimpin:

1. Musyawarah
Sebagai pemimpin, Umar selalu melakukan musyawarah dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan. Ia tidak pernah mengedepankan pendapatnya di atas pendapat orang lain. Tetapi Ia melihat mana pendapat yang kuat dan baik bagi kemaslahatan rakyatnya itulah yang diambil.

Contoh saja kisah Abu Hurairah yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur Bahrain datang ke Madinah menemui Umar bin Khattab dengan membawa uang sebanyak 500.000 dirham.  Apabila kita konversikan dengan kurs rupiah saat ini di mana 1 dirham setara dengan Rp.70.000. Sehingga 500.000 dirham itu setara dengan Rp.35.000.000.000.

Sehingga Umar bin Khattab memutuskan melakukan musyawarah terkait penggunaan uang tersebut. Dari beberapa pendapat para sahabat yang pada saat itu sebagai Ahlul Halli wal ‘aqd (Majelis Musyawarah) maka didirikanlah baitul maal untuk pertama kali dalam sejarah Islam.

2. Melakukan Pengawasan Pasar
Berbeda sekali  dengan pemerintah yang ada pada saat sekarang ini, pemerintah hanya mengutus utusan atau para mentrinya untuk melakukan pengawasan terhadap pasar dan tidak ada back upnya. Dan bahkan ada juga pemerintah yang tidak faham mengenai pengawasan pasar itu seperti apa.

Berbeda dengan kepemimpinan Umar Bin Khattab karena beliau merupakan sebagai sentra aktifitas ekonomi, maka Umar melakukan pengawasan di pasar Madinah agar tidak terjadi kecurangan dan penimbunan yang dilakukan oleh pelaku ekonomi. Intervensi ini perlu dilakukan karena dikhawatirkan adanya kecurangan yang mengakibatkan pada ketidakstabilan harga dan daya beli masyarakat.

Karena dalam ajaran Islam sanagt menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Segala bentuk kecurangan yang dilakukan oleh pelakunya harus diberi hukuman sesuai dengan kesalahannya.

Contohnya seperti yang dilakukan Syifa’ yang ditunjuk Umar menjadi pengawas pasar. Saat Ia berkeliling untuk melakukan kontrol di pasar Ia menemukan ada salah satu penjual susu yang curang. Ia pun memerintahkan agar penjual tersebut tidak berjualan lagi di pasar jika masih melakukan kecurangan.

3. Mendengarkan Suara Hati Rakyat
Suatu ketika  Umar Bin Kattab dengan seorang sahabatnya berjalan-jalan mengelilingi daerah kekuasaannya. Ketika itu beliau bertemu dengan rakyatnya yang sedang memasak sesuatu, Ketika ditanya sedang memasak apa, rakyat tersebut menjawab menjawab bahwa dia sebenarnya tidak memasak apa-apa. Dia mengatakan ia hanya berpura-pura memasak agar anak-anaknya terhibur dan bisa makan. Dan rakyat tersebut juga mengatakan bahwa mereka adalah orang yang tidak berada, dan juga rakyatnya pun sebenarnya juga tidak mengenali beliau karena beliau bukanlah sosok yang suka melakukan pencitraan.

Lalu rakyat tersebut mengatakan "tidak adakah keadilan yang diberikan oleh Umar Bin Khattab ketika ia memimpin, sehingga kami harus hidup susah". Rakyat tersebut tidak sadar bahwa yang ada di depannya adalah Umar Bin Khattab yang sedang ia bicarakan. Lalu ketika itu sahabat umar ingin menegur rakyat tersebut namun dilarang oleh Umar Bin Khattab.

Lalu Umar menjawab "Tunggu lah disini aku akan membawakan sesuatu untuk mu". Lalu umar kembali menuju gudang penyimpanan makanan yang ada di rumahnya dan membawa satu karung makanan untuk rakyatnya tersebut.

Dan sesuatu yang mengejutkan adalah ketika sahabat beliau menawarkan diri untuk membantu memikul makanan dalam karung tersebut beliau menjawab dengan sangat tegas "Apakah nanti kamu juga mau memikul tanggung jawabku di Akhirat?".

Nah dari kisah tersebut kita dapat melihat bagaimana Umar Bin Khattab sangat bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. Berbeda dengan pemerintah yang sekarang hanya mementingkan tahta dibandingkan dengan tanggung jawab.

4. Melihat Langsung Keadaan Rakyatnya
Umar Bin Khattab memiliki kebiasaan yang harus dicontoh, yaitu selalu bangun pada malam hari berkeliling untuk melihat keadaan rakyatnya. Sampai-sampai Umar memikirkan mungkin masih ada rakyatnya yang belum tidur karena kelaparan.

Mungkin sekarang kita sangat tidak asing dengan kata blusukan, hal tersebutlah yang dilakukan Umar Bin Khattab. Namun berbeda dengan pemerintah sekarang, pada pemerintahan Umar setiap permasalahan yang ada pada masyarakatnya langsung diselesaikannya hari itu juga. Dan hal tersebut pun dilakukan tanpa sepengetahuan rakyatnya, berbeda sekali dengan pemerintah sekarang yang melakukan hal tersebut demi pencitraan dirinya.

5. Mengontrol Setiap Gubernurnya
Umar mendidik rakyatnya dengan perbuatan dan contoh, bukan hanya dengan teori dan kata-kata. Umar selalu melakukan kontrol terhadap para gubernurnya agar rakyatnya dapat hidup makmur.

Sebelum diangkat, seorang gubernur harus menandatangani apa yang dinyatakan yang mensyaratkan bahwa “Ia harus mengenakan pakaian sederhana, makan roti yang kasar, dan setiap orang yang ingin mengadukan suatu hal bebas menghadapnya setiap saat.” Lalu dibuat daftar barang bergerak dan tidak bergerak begitu pegawai tinggi yang terpilih diangkat. Daftar itu akan diteliti pada setiap waktu tertentu, dan penguasa itu harus mempertanggung-jawabkan pada setiap hartanya yang bertambah dengan sangat mencolok. Pada saat musim haji setiap tahunnya, semua pegawai tinggi harus melapor kepada Umar.

6. Menegakkan Keadilan
Kita bisa melihat sebuah kisah Umar Bin Khattab berikut ini:

 Pada suatu hari Umar tengah meninjau unta-unta sedekah. Di antara kerumunan unta tersebut, ia melihat ada seekor unta gemuk yang berbeda dengan unta-unta lainnya. “Milik sipakah ini?” tanya Khalifah. “Ini milik putramu, Abdullah,” jawab salah seorang diantara mereka. Umar segera memanggil putranya, Abdullah ke tempat itu. setelah putranya datang Umar bertanya“Berapa kau beli unta ini?” .

Abdullah pun menyebutnya sejumlah harganya. “Kau hanya menerima uang modalmu, kelebihannya harus diberikan kepada Baitul Mal negara,” kata Umar. “Mengapa demikian, Ayah?” protes Abdullah. Ia tidak mengerti maksud keputusan tersebut. “Orang-orang mengatakan, ini untanya putra Amirul Mukminin, maka biarkanlah makan dan minum sepuasnya, jangan ada yang menggangu. dengan demikian, engkau hanya berhak menerima harga pembeliannya saja, sedangkan kelebihannya diserahkan untuk Baitul Mal kaum muslimin" Jawab umar. Mendengar jawaban dari sang ayah Abdullah pun menerima keputusan ayahnya tersebut.

Begitulah khalifah Umar Bin Khattab dalam menegakkan keadilan ketika ia memimpin. Tidak gila dengan kekayaan dan jabatan.

7. Memiliki Sifat Zuhud
Zuhud yang dimaksudkan di sini bukan lah berarti miskin. Zuhud adalah meletakkan kekayaan di luar hati. Umar yang memiliki sifat zuhud, ia hidup dengan keadaan serba sederhana. Pakaiannya hanya dua helai, itupun hanya untuk musim dingin dan musim panas. Umar tidak tertarik dengan kemewahan, kenikmatan dan segala bentuk pujian manusia yang mudah kagum dengan harta benda.

Kalaupun Umar mau, ia bisa minta gaji yang besar dari baitul maal, karena ia adalah seorang pemimpin. Namun, Umar tidak pernah meminta gaji besar karena jabatannya yang tinggi itu. Tentu berbanding terbalik dengan keadaan yang ada di Indonesia pada tahun 2018 ini.

8. Ikut Merasakan Penderitaan Rakyat
Hal ini bisa kita lihat dari kisah beliau ketika pada suatu masa dalam kepemimpinan Umar bin Khattab terjadi tahun abu ((عام الرمادة.[14] Pada saat itu, masyarakat Arab mengalami masa paceklik yang berat. Hujan lama tidak turun, Pepohonan mengering, banyak hewan mati mengenaskan, tanah pun hampir menghitam seperti abu.

Pada saat rakyat sudah hampir putus asa karena cobaan yang besar itu, Umar hadir di tengah-tengah mereka untuk merasakan cobaan itu dan menghibur mereka. Tanggung jawabnya dilakukan dengan sepenuh hati. Setiap hari, Umar menginstruksikan aparatnya menyembelih onta-onta potong dan menyebarkan pengumuman kepada seluruh rakyat. Berbondong-bondong rakyat datang untuk makan. Semakin pedih hatinya.

Saat itu, kecemasan menjadi kian tebal. Dengan hati gentar, lidah kelunya berujar "Ya Allah, jangan sampai umat Muhammad menemui kehancuran di tangan ini".

Umar melarang daging, minyak samin, dan susu untuk perutnya sendiri. Bukan apa-apa, ia khawatir makanan untuk rakyatnya berkurang. Ia hanya menyantap sedikit roti dengan minyak zaitun. Dan sering kali Ia merasa kelaparan. Sampai-sampai perutnya berbunyi karena keroncongan. Ia pun berkata, “Berkeronconglah sesukamu, dan kau akan tetap menjumpai minyak, sampai rakyatku bisa kenyang dan hidup dengan wajar".

Jika hal-hal yang dilakukan Umar bin Khattab di atas juga diterapkan oleh pemimpin negara kita maka dengan izin Allah terciptalah apa yang seperti dikatakan pemimpin negara lain kepada Umar bin Khattab,

يَا عُمَر، عَدِلْتَ، أَمِنْتَ فَنِمْتَ
“Wahai Umar, engkau telah berlaku adil, menciptakan rasa aman, dan engkau bisa tidur”

Artinya Umar sudah menciptakan Negara yang rakyatnya dalam keadaan aman, adil, makmur dan sejahtera. Bukankah itu hakikat tujuan sebuah Negara. Semoga saja di masa yang mendatang Negara ini memiliki pemimpin yang memiliki mental, wibawa, dan keteladanan seperti Umar bin Khattab.

Sumber: abdulkarimamin.wordpress.com

COMMENTS

Name

anime,1,armagedon,1,artikel,19,artis,1,bela diri,1,bigbang,1,bisnis,1,Bukittinggi,5,bunga,1,dajjal,2,desa,1,diet,1,dzul-qarnain,2,Fakta,1,Hari Kiamat,1,hukum,1,imam mahdi,1,Inspirasi,1,Islam,3,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,17,kepemimpinan,1,kesehatan,1,korea,4,kpop,1,kuliner,1,lirik,49,minangkabau,6,pariaman,1,payakumbuh,2,perang,1,religi,1,Riba,1,samsung,2,science,9,Sejarah,6,seo,2,silat,1,smartphone,2,Sumatera Barat,29,teknologi,3,tips,2,Tradisi,4,umar bin khattab,2,vivo,1,website,4,wisata,31,yakjuj makjuj,6,
ltr
item
Pituluik - Science and Informative: 8 Hal Yang Harus Di Contoh Dari Kepemimpinan Umar Bin Khattab
8 Hal Yang Harus Di Contoh Dari Kepemimpinan Umar Bin Khattab
Umar bin Khattab adalah sosok pemimpin ideal yang memiliki sifat tegas, jujur dan adil. Selain itu beliau merupakan sosok pemimpin yang tidak menyukai melakukan pencintraan terhadap dirinya. Beliau merupakan sososk pemimpin yang selalu turun hadir di tengah-tengah rakyatnya. Dan juga selalu ikut serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang menimpa rakyatnya.
https://3.bp.blogspot.com/--Mhc9xrAgns/WwzCcBUNZiI/AAAAAAAAAvI/hO2M6IPOwNA0bzVLQOC_rXLS7uGJ66Z1wCLcBGAs/s320/umar-bin-khatab.jpg
https://3.bp.blogspot.com/--Mhc9xrAgns/WwzCcBUNZiI/AAAAAAAAAvI/hO2M6IPOwNA0bzVLQOC_rXLS7uGJ66Z1wCLcBGAs/s72-c/umar-bin-khatab.jpg
Pituluik - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2018/05/8-hal-yang-harus-di-contoh-dari-kepemimpinan-umar-bin-khattab.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2018/05/8-hal-yang-harus-di-contoh-dari-kepemimpinan-umar-bin-khattab.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy