7 Dosa Besar Yang Dapat Membinasakan Umat Manusia

Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan tujuh dosa yang dapat membinasakan manusia. yang mana hal ini disampaikan dalam sebuah hadist yang...


Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan tujuh dosa yang dapat membinasakan manusia. yang mana hal ini disampaikan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim yang artinya :

“Jauhilah oleh kalian tujuh perkara yang membinasakan, para sahabat berkata: Wahai Rasulullah apakah perkara-perkara itu ? Rasululloh menjawab: Menyekutukan Allah, Perbutan sihir, Membunuh orang yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan alasan ynang benar, Memakan riba, Memakan harta yatim, Lari dari peperangan, dan Menuduh berzina wanita mu’min yang menjaga kehormatannya (Wanita Baik-baik). (HR. Bukhari Muslim).

Berikut masing-masing penjelasan dari point-point  hadist tersebut:

*1. Syirik* 
Sumber Gambar: Nurul Qolbi
Syirik merupakan sebuah dosa besar karena menyamakan sesuatu selain Allah dengan Allah. Atau dengan kata lain mensejajarkan Allah SWT dengan selain Dia. Dosa syirik begitu membinasakan, karena Allah SWT sudah berfirman tidak akan mengampuni dosa tersebut. Untuk itu, sebagai Umat Islam kita wajib mengetahui hal-hal yang mengandung kesyirikan sebelum melaksanakan sesuatu.

“Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan akan mengampuni yang selainnya bagi siapa yang Dia kehendaki.” (QS. An Nisa : 48).

Maka hendaknya kita menghindari perbuatan syirik ini agar kita mendapatkan ampunan dari Allah ta’ala dan terhindar dari api neraka.

*2. Perbuatan Sihir*
Sumber: NU
Dosa kedua yang mebinasakan manusia adalah sihir. Meski dengan kemajuan zaman dan teknologi yang berkembang, praktik-praktik sihir rasanya tidak bisa dihindarkan. Popularitas, kekayaan, kecantikan dan ketampanan tak pelak membuat seseorang yang lemah imannya untuk melakukan dosa ini. Misalnya dengan praktik sihir seperti sihir pelet, santet, dan “aji-aji” lainnya.

Padahal para pendosa dari perbuatan sihir akan mendapat hukuman yang pedih dari Allah.  “Dan tidak akan beruntung para penyihir itu, dari manapun dia datang.”(QS. Taha: 69).
Pada zaman Rasulullah SAW para tukang sihir juga mendapat hukuman yang tidak main-main.
Rasulullah _shollAllohu ‘alaihi wa sallam_ bersabda, “Hukuman bagi tukang sihir adalah dipenggal dengan pedang” Hadits diriwayatkan oleh Tirmidzi, Hakim, dan lain-lain

*3. Membunuh Seseorang Tanpa Alasan yang Benar*
Sumber Gambar: Cahaya Keimanan
Dosa yang membinasakan selanjutnya adalah membunuh seseorang tanpa alasan yang benar. Allah SWT dalam firman-Nya menjelaskan bahwa membunuh satu orang saja tanpa asalan yang benar sama dengan membunuh semua manusia yang ada di dunia. 

Hal ini dijelaskan dalam QS. al-Maa’idah : 32 yang artinya:
"Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. al-Maa’idah : 32).

*4. Memakan Riba*
Sumber Gambar: Dinimon
Kaya tidak melulu memiliki banyak harta, namun apakah harta tersebut berkah atau tidak. Salah satu penyebab harta tidak berkah adalah melakukan riba. Riba bisa terdapat dalam utang dan transaksi jual-beli. Jika harta yang dimiliki bercampur dengan riba maka Allah ta’ala akan cabut barakah dari harta tersebut.

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman : “Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila.” (QS. Al-Baqarah: 275)

*5. Memakan Harta Anak Yatim*
Manusia haruslah berhati-hati terhadap harta yang Ia makan. Karena bisa saja, apa yang dimakan merupakan hak anak yatim. Dosa memakan harta anak yatim seperti dikatakan Rasululloh SAW akan membinasakan. Mereka telah bebuat dzalim kepada anak-anak yang tidak memiliki ayah. Dan perbuatan inilah yang mengantarkan mereka kepada neraka Jahannam. 

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman :
“Sesungguhnya orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan merak akan masuk ke dalam api yang meyala-nyala (Neraka).” (QS. An-Nisa’: 10)

*6. Lari Dari Medan Peperangan*

Menjadi pecundang dalam sebuah peperangan juga tergolong dosa yang membinasakan. Mereka lari karena takut terluka atau mati saat menjalani perang sehingga lari meninggalkan kawanan. Tindakan ini tidak hanya akan menimbulkan kehinaan dari sesama manusia, namun mereka memunculkan kemurkaan Allah SWT. 

Seseorang hanya diperbolehkan mundur untuk mengatur siasat namun tidak boleh meninggalkan barisannya untuk kembali berjuang membela kebenaran.

Tentang pengecualian tersebut Allah ta’ala telah berfirman: “Dan barangsiapa mundur pada waktu itu, kecuali berbelok untuk (mengatur siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan lain, maka sungguh orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah. Tempatnya ialah neraka Jahannam, dan seburuk-buruk tempat kembali.” (QS. Al-Anfal: 16)

*7. Menuduh Berzina Seorang Wanita Mu’min*

Dosa terakhir yang membinasakan pelakunya adalah menuduh wanita bahwa Ia berzina namun tidak memiliki bukti. Hal ini hanya akan menyebabkan penuduh mendapatkan hukuman. Apabila sang penuduh tidak bisa mendatangkan empat saksi maka dia berhak atas 80 kali cambukan dan kesaksiannya tidak akan diterima.

Sebagaimana yang Allah ta’ala jelaskan dalam Al-Qur’an :
“ Dan orang-orang yang menuduh perempuan-perempuan yang baik (berzina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka cambuklah mereka delapan puluh kali, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka untuk selama-selamanya, Dan mereka itulah orang-orang yang fasik .” (QS. An-Nur: 4)

nah itu lah 7 dosa besar yang dapat membinasakan manusia. membinasakan maksudnya disini adalah dosa yang tidak akan di maafkan oleh Allah Subhanahu Wata'ala kecuali bagi orang-orang yang taubatan nasuha dari kesesatan yang sudah dia lakukan.

jadi jika seseorang yang sudah melakukan 7 dosa besar itu dan tidak bertaubat. sudah dipastikan mereka-mereka itu akan kekal di dalam Api Neraka kelak.

note :
hasmi. "7 dosa yang membinasakan". diakses 13 agustus 2017

COMMENTS

Name

alternatif,1,android,4,anime,7,aplikasi,5,applikasi,1,armagedon,1,artikel,133,artis,4,bandung,1,batu akik,1,batusangkar,2,bela diri,1,bigbang,1,binatang,1,bisnis,15,blackpink,1,blogger,9,boy sandy,1,buah,3,budaya,13,Bukittinggi,10,bunga,1,cara,3,cinta,1,craft,1,dajjal,4,desa,2,dharmasraya,1,diet,1,dzul-qarnain,2,ekonomi,1,elly kasim,1,Fakta,2,game,4,google adsense,2,handmade,1,Hari Kiamat,1,hukum,1,imam mahdi,2,Inspirasi,3,Islam,14,jambi,2,jawa tengah,1,jepang,2,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,39,kabupaten pasaman,1,kabupaten tanah datar,1,kepemimpinan,2,kepulauan seribu,1,kesehatan,13,korea,54,kota baru,1,kpop,209,kuliner,9,lagu barat,34,lagu china,1,lagu indonesia,147,lagu jepang,27,lagu minang,16,lagu religi,12,lirik,500,lirk,1,lubuk alung,1,mahasiswa,1,makassar,1,manajemen,2,masjid,3,medan,2,minangkabau,28,mitos,1,muaro jambi,1,ost boruto,3,ost naruto,16,ost one punch man,1,ost shingeki no kyujin,1,padang,4,padang panjang,8,pariaman,1,payakumbuh,12,perang,2,pertanian,1,pesisir selatan,4,religi,18,resep makanan,2,Riba,1,samsung,2,sawahlunto,1,science,17,Sejarah,17,seo,13,sijunjung,2,silat,1,smartphone,5,solok,3,solok selatan,1,sragen,1,story,1,suku,2,sulawesi selatan,1,Sumatera Barat,99,sumatera utara,3,teknologi,6,thailand,1,tips,18,tokoh,3,Tradisi,17,ukm,4,umar bin khattab,2,vide,1,video,360,vivo,1,website,19,wisata,111,xiaomi,1,yakjuj makjuj,8,youtube,1,
ltr
item
Pituluik - Science and Informative: 7 Dosa Besar Yang Dapat Membinasakan Umat Manusia
7 Dosa Besar Yang Dapat Membinasakan Umat Manusia
https://lh3.googleusercontent.com/-tqrXa9sZYic/WZBhEDuNliI/AAAAAAAAAQo/Wd6p4g672WQG09-MVUy0UcVl6G6gk-zkQCHMYCw/s320/Siksa%252BBagi%252BManusia%252Byang%252BBunuh%252Bdiri.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-tqrXa9sZYic/WZBhEDuNliI/AAAAAAAAAQo/Wd6p4g672WQG09-MVUy0UcVl6G6gk-zkQCHMYCw/s72-c/Siksa%252BBagi%252BManusia%252Byang%252BBunuh%252Bdiri.jpg
Pituluik - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2018/06/7-dosa-besar-yang-dapat-membinasakan.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2018/06/7-dosa-besar-yang-dapat-membinasakan.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy