Skip to main content

Tradisi Minangkabau - Gotong Royong Membersihkan Masjid Menjelang Bulan Suci Ramadan

Sumber Gambar: caretet
Ada sebuah istilah mengatakan, "Orang Minang adalah orang yang beragama Islam". Istilah tersebut adalah fakta yang tidak bisa di ganggu gugat karena hal tersebut sudah berlangsung semenjak zaman dahulu semenjak agama Islam masuk ke Minangkabau.

Minangkabau sendiri merupakan salah satu etnis yang populasi masyarakatnya adalah 100% beragama Islam. Hal ini dikarenakan jika ada orang minang yang keluar dari ajaran Islam atau murtad, maka orang tersebut tidak akan di akui lagi sebagai orang Minangkabau.

Baca Juga:


Masjid ataupun Surau (Mushola) merupakan tembat beribadah bagi umat Islam, dan juga di zaman dahulu dijadikan sebagai tempat menimba ilmu. Baik itu ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, religi, sampai dengan ilmu untuk pertahanan diri seperti silek (silat).
Sumber Gambar: Caretet
Tradisi masyarakat Minangkabau biasanya menjelang waktu Bulan Suci Ramadan, masyarakat Minang akan berbondong-bondong datang ke Masjid ataupun Muhoala yang berada di dekat rumah mereka. Hal ini tak lain bertujuan untuk bergotong royong membersihkan Masjid ataupun mushola.


Walaupun pada dasarnya setiap Masjid ataupun Mushola pada saat sekarang ini sudah ada penjaganya, namun tradisi ini tetap berlangsung sampai saat sekarang ini.  Tidak bisa kita pungkiri jika ada beberapa daerah yang sudah melupakan tradisi ini, padahal dengan membersihkan tempat beribadah tentu akan memberikan kenyamanan bagi kita yang akan beribadah.
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar