• Jelajahi

    Copyright © Pituluik
    Pituluik Media

    Iklan

    35 Lokasi Wisata Alam dan Religi Kabupaten Agam Sumatera Barat

    Pituluik Media
    Sunday, July 8, 2018, July 08, 2018 WIB Last Updated 2018-07-28T01:13:53Z
    Mungkin tidak banyak orang yang mengenal Kabupaten Agam yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Namun disini menyimpan banyak sekali keindahan alam yang patut untuk dikunjungi.

    Berikut ini adalah 35 lokasi wisata yang ada di Kabupaten Agam yang patut sobat kunjungi:

    1. Puncak lawang


    Puncak lawang terletak di daerah Kecamatan Matur, kabupaten Agam. Dari puncak lawang ini kita dapat melihat keindahan Danau Maninjau yang berada dibawah Puncak Lawang.

    Untuk ke lokasi ini sobat nantinya akan melalui kelok 44 yang merupakan salah satu objek wisata menarik lainnya yang ada di Kabupaten Agam.

    2. Ambun Pagi


    Sama halnya dengan puncak lawang, Ambun pagi juga berada di wilayah Kecamatan Matur. Tepatnya berada di Desa Padang Galanggang. Tempat wisata ini sebenarnya berdekatan dengan puncak lawang.

    3. Air Terjun Badorai


    Air terjun badorai berada di daerah Kecamatan Sungai Puar, tepatnya berada di Nagari Sungai Puar. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan yaitu, tingkat 1, 2 dan 3. Air Terjun Badorai tingkat tiga memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Sehingga tempat ini layak untuk sobat coba kunjungi.

    4. Taman Wisata Muko-Muko


    Lokasi wisata ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya, tepatnya berada ditepian Danau Maninjau dan juga sangat dekat dengan PLTA Muko Muko. Tempat lokasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai wahana yang dapat digunakan  dan juga ada Pulau Legenda.

    5. Aia Tigo Raso


    Aia Tigo raso atau dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan "air tiga rasa" berlokasi di Kecamatan Tanjung Raya. Lokasi tempat wisata ini masih berdekatan dengan Danau Maninjau. Ciri khas dari lokasi wisata ini adalah kolam yang berada di lokasi wisata ini memiliki 3 rasa, yaitu; asam, manis dan pahit.


    6. Air Terjun dan Pemandian Gadih Ranti


    Masih di wilayah Kecamatan Tanjung Raya, tepatnya di Jorong Dama Gadang dan Jorong arikia, Nagari Tanjung Sani. Lokasinya kira-kira 1,6 Km dari Jalan Raya Lubuk Basung - Maninjau.


    7. Benteng Jepang Muko-Muko


    Lokasi wisata ini berdekatan dengan PLTA Muko-Muko dan Danau Maninjau. Selain itu lokasi wisata ini juga berada di Kecamatan Tanjung Raya yang mana lokasi wisata ini dahulunya dibangun oleh tentara Jepang.

    8. Danau Maninjau


    Terletak di Kecamatan Tanjung Raya, untuk ke lokasi wisata yang satu ini tentu sobat dengan sangat mengetahui lokasinya jika menggunakan google map karena Danau Maninjau itu kan luas. Jadi akan sukar sekali untuk tersesat.


    9. Air Terjun Tiga Tingkat


    Air Terjun Tiga tingkat berada di daerah Kecamatan Palupuh tepatnya berada di jorong Pua Gadih. Sesuai dengan nama lokasi wisata ini, pemandangan yang dapat kita lihat disana adalah air terjun yang memiliki tiga tingkat.

    10. Bunga Raflesia


    Ada dua lokasi wisata untuk melihat Bunga Raflesia di Kabupaten Agam diantaranya yaitu di Kecamatan Banuhampu dan Juga di Batang Palupuh Agam yang hanya akan mekar pada bulan November.

    11. Taman Tirtasari

    Objek wisata yang satu ini termasuk objek wisata yang baru dibuka kembali setelah pada tahun70 an di tutup karena kurangnya pengelolaan dari masyarakat. Pada awal tahun 2016 objek wisata alam ini kembali dibuka. Lokasi objek wisata ini berada di Jorong Sonsang, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

    Sobat dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata ini dengan menggunakan google map.


    12. Tarusan Kamang


    Berada di tepi bukit dan memiliki pemandangan danau yang indah itulah yang dapat kita lihat di Tarusan Kamang ini. Lokasi wisata ini berada di Tarusan Kecamatan Kamang Mudiak.


    13. Ngalau Kamang


    Ngalau Kamang merupakan lokasi wisata berupa gua yang terletak di Jorong Durian, Kenagarian Kamang Mudiak, Kecamatan kamang Magek.


    14. Ngalau Tarang


    Tidak jauh berbeda dengan Ngalau Kamang, lokasi wisata ini berada di Kecamatan Kamang Magek. Disana kita akan disuguhi dengan pemandangan gua yang bisa kita jelajahi dalam nya.


    15. Ekowisata Lasi


    Ekowisata Lasi berada di daerah Kecamatan Canduang. Disini kita akan dapat menikmati keindahan alam dengan melihat perkebunan markisah, jeruk dan bermacam-macam sayuran. Selain itu udara di Ekowisata Lasi sangat sejuk dan nyaman untuk berekreasi.


    16. Kelok 44


    Dari objek wisata ini kita dapat memandang keindahan Danau Maninjau dan juga dapat memberi makan kera-kera yang berada di lokasi wisata ini. Kenapa namanya kelok 44? hal tersebut karena objek wisata ini merupakan jalan yang memiliki 44 belokan.


    17. Makam Tuanku Nan Renceh


    Wisata religi ini terletak di Kecamatan Kamang Magek yang berdekatan dengan objek wisata ngalau tarang. Tuanku Nan Renceh merupakan salah seorang pemimpin disaat perang padri serta merupakan salah satu dari harimau delapan.

    18. Makam Tuanku Lareh Candung


    Berada di Kecamatan Candung, Tepatnya di pemakaman keluarga Tuanku Lareh Candung


    19. Masjid Kuno Bingkudu

    Masjid ini berada di Kecamatan Candung, Masjid Kuno Bingkudu merupakan masjid tertua di daerah Candung. Masjid ini didirikan sekitar tahun 1823 Masehi.


    20. Masjid Ummil Qura

    Masjid ini berada di Kecamatan Tanjung Raya, Tepatnya di Desa Bancah Maninjau. Masjid ini terletak di tepian Danau Maninjau dan didirikan sekitar tahun 1907. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik.


    21. Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

    Siapa yang tidak kenal dengan sosok Buya Hamka, beliau merupakan salah seorang sastrawan, cendekia, sekaligus orang yang memiliki pengaruh di Indonesia.


    22. Monumen Pesawat Avro Anson RI-003

    Pesawat Avro Anson merupakan pesawat ketiga yang dimiliki Negara Republik Indonesia. Pesawat ini didapatkan dari  sumbangan masyarakat Minangkabau terutama kaum ibu-ibu. Lokasi wisata ini terletak di Kecamatan Tilatang Kamang tepatnya di Nagari gadut.


    23. Pantai Bandar Mutiara

    Objek wisata ini terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kenagarian Tiku Selatan, tepatnya di Jorong Durian.


    24. Pantai Tiku

    Pantai Tiku berada di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kenagarian Tiku Selatan.


    25. Pantai Ujung Karang

    Pantai ini dahulunya dijadikan pelabuhan pada zaman Belanda. Pantai ini berada di Kecamatan Tanjung Mutiara, dan hanya saja akses ke lokasi pantai ini kurang bagus karena jalannya masih bebatuan.


    26. Pemandian Alam dan Mercusuar Sungai Tanang

    Objek wisata ini terletak di Kecamatan Banuhampu dan Objek wisata ini memiliki panorama yang indah karena dari sini kita dapat melihat dengan jelas keindahan gunung merapi.


    27. Rumah HR. Rasuna Said

    28. Telaga Anggrek

    29. Sungai Janiah

    30. Laguna Tiku

    31. Air Terjun Batu Basurek

    32. Rumah Gadang Purichatali

    33. Bukit Sirih Muantain View

    34. Bukik Sakura

    35 Rumah Pohon Bawan

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini