Archive Pages Design$type=blogging$count=7

8 Perlombaan yang sering dimainkan ketika menyambut HUT RI, Bagaimana di kota kalian?

  Dalam menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia banyak sekali acara-acara syukuran yang dibuat disetiap daerah. Baik ditu dalam Rank Provinsi, Kabupaten, sampai Desa-desa pun menyambut dengan suka cita hari kemerdekaan tersebut.

    Namun di setiap daerah tentu memiliki cara-cara yang berbeda dalam menyambut HUT RI ini, ada yang melakukan do'a bersama, ada yang mengadakan event-event, dan ada juga yang mengadakan hiburan.

    Biasanya acara hiburan yang paling sering di adakan seperti Game dan Musik. Apabila acaranya tersebut dilakukan di desa-desa kecil biasanya adalah Game-game yang menghibur dan ditujukan kepada generasi muda dan anak-anak.

    Setiap mengadakan HUT RI pasti semua orang dengan seksama akan mengingat bagaimana para pahlawan dahulunya memerdekakan Republik Indonesia. Dan untuk menghormati jasa para pahlawan itu maka setiap hari senin di Indonesia Umumnya mengadakan upacara bendera dan juga setiap tanggal 17 Agustus juga di adakan Upacara bendera untuk menghormati jasa  para pahlawan.

Dan dalam upacara pun juga dilakukan do'a bersama untuk mendo'akan para pahlawan yang sudah gugur di medan perang.

Nah, berikut ini beberapa game yang paling sering di adakan ketika menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia :

1. Pacu Kelereng

Sumber: Permainan-tradisional.com
   Game yang satu ini sangat sering sekali dilakukan di setiap daerah di Indonesia, game yang satu ini memang sudah ada sejak lama. Buktinya waktu penulis masih kecil dulu game ini sudah ada dan mungkin sebelum penulis lahir pun juga sudah ada. :)

    Dalam memainkan game yang satu ini juga cukup mudah, yang terpenting kita harus menyiapkan beberapa sendok dan kelereng (tergantung seberapa banyak peserta) dan dalam memainkan gamenya setiap peserta meletakan satu buah kelereng di atas sendok, dan ujung dari sendok itu di pegang di gigit.

    Untuk mengetahui siapa yang menang dan yang kalah dalam game ini, setiap peserta haru berjalan sejauh 50-100 meter dan mengusahakan kelereng yang ada di atas sendok tidak jatuh. dan bagi peserta yang dahulu mencapai finish dan kelerengnya tidak jatuh, dia lah yang menjadi pemenang dalam game ini.

    Dan manfaat yang di dapat dari game ini adalah mengajarkan kita untuk selalu hati-hati dan sabar dalam setiap melangkah di dalam kehidupan ini.

2. Pacu Karung

Sumber: Harianriau.co
    Pasti di setiap daerah juga sering mengadakan Game yang satu ini, game pacu karung adalah game yang sangat seru jika kita ikut berpartisipasi dalam game tersebut. Kalau hanya menonton kita hanya dapat tertawa-tawa melihat orang yang terjatuh ketika bermain pacu karung ini.

    Untuk memainkan game ini sangatlah mudah, kita cukup menyiapkan satu buah karung beras yang ukuran nya sesuai dengan tubuh peserta yang memainkan. Dan perlombaan nya pun tidak jauh beda dengan pacu lari, hanya saja kita berada di dalam karung.

    Penentuan pemenang dalam game ini juga sama halnya dengan game pacu lari dan game pacu kelereng tadi, siapa yang sampai finish dahulu, dialah yang menjadi pemenang dalam game tersebut. Dan untuk sekedar diketahui memainkan game ini kita harus membuat strategi tersendiri agar nantinya kita tidak susah dalam memainkannya. Sedangkan untuk strateginya silahkan pembaca berfantasi sendiri. Karena setiap orang memiliki pendapat masing-masing.

    Dan dalam game ini kita dapat mengambil hikmah strategi adalah salah satu kunci sukses dari usaha yang kita lakukan. Jika kita tidak memiliki strategi dalam menjalankan usaha, maka akan akan dipastikan usaha kita akan jatuh. dan sama halnya dengan pacu karung bukan?

3. Makan Kerupuk

Sumber: Harrismaul.com
  Jika kita lihat dari judul sih gampang, cuma makan kerupuk. hmm, tapi jangan salah game yang satu ini jika kita tidak memiliki skill dan strategi ketika memakannya, kerupuk itu ga akan dapat dimakan bahkan di gigit pun akan susah.

    Mungkin bagi pembaca yang sudah sering mengadakan acara tersebut ketika acara 17 Agustus pasti sudah tidak asing lagi. Game yang satu ini cara mainnya juga sangat mudah, cukup menyediakan seutas tali dan kerupuk.

    Kedua ujung tali tersebut kita ikatkan ke dua buah tonggak, setelah itu kerupuk yang telah disediakan tadi di gantung di pada tali tersebut. Nah untuk penentuan pemenangnya adalah siapa yang paling cepat menghabiskan kerupuk paling cepat dialah pemenangnya.

    Dan beberapa hal yang dapat kita ambil hikmah dari game ini adalah kesabaran, dan timing yang pas merupakan kunci sukses dalam kehidupan.

4. Memasukan Belut kedalam Botol

Sumber: Surabayaspot.com

    Mungkin jika kita mengajak anak-anak kota memainkan game yang satu ini, pasti kebanyakan dari mereka akan langsung menolaknya. Bagaimana tidak, game yang satu ini dimainkan dengan menggunakan belut asli, bukan mainan ya. Binatang licin ini nantinya akan menjadi objek dari permainan.

    Cara memainkannya pun cukup mudah, kita cukup menyediakan 5 buah (lebih juga tidak masalah tergantung banyak peserta) botol kosong. dan menyediakan setidaknya 50-100 ekor belut dan meletakannya dalam wadah yang cukup luas. mungkin disini penulis tidak perlu menjelaskannya secara ditel karena penulis yakin pasti pembaca sudah faham seperti apa cara penyiapannya. Dan untuk sedikit mengingatkan, belut yang digunakan adalah belut sawah, Bukan belut listrik ya. kalau memakai belut listrik nanti malah masuk rumah sakit pesertanya semua.

    Dan untuk penentuan siapa pemenang dalam game ini adalah siapa peserta yang paling banyak memasukan belut kedalam botol dia lah yang menjadi pemenangnya. cukup gampang bukan, namun jika kita tidak memiliki teknik dalam memainkannya ya dipastikan satu belut pun ga akan masuk kedalam botol.

    Peraturannya cuma satu, belut tidak boleh dibunuh. so gampang bukan.

    Dari game ini kita juga dapat mengambil maknanya, yaitu juga kesabaran. walaupun belut itu licin, jika kita memanfaatkan sifat dari belut itu tentu kita akan mudah memainkan permainan ini.

5. Tarik Tambang

Sumber: NYSNmedia.com
Perlombaan tarik tambang juga merupakan salah satu perlombaan yang sering dimainkan ketika menyambut hari kemerdekaan. Namun belakangan ini perlombaan seperti ini sudah sangat jarang dimainkan, karena dianggap sebagai perlombaan yang sudah kuno.

Mungkin hanya sebagian daerah saja yang masih memainkan perlombaan yang satu ini. Padahal sebenarnya perlombaan tarik tambang masuk kedalam salah satu cabang olahraga loh.

6. Perang Bantal

Sumber: Habadaily.com
Permainan yang satu ini cukup populer belakangan ini, hal mungkin dikarenakan permainan ini merupakan perlombaan yang unik. Sehingga banyak daerah-daerah di Indonesia mengadakan perlombaan yang satu ini.

Biasanya permainan ini terdiri dari 2 orang yang nantinya akan bertarung di atas kayu yang gantungkan kedua ujungnya. Sehingga kedua pemain tidak bisa meletakkan kakinya ke tanah.

Mungkin dari ilustrasi gambar di atas sobat bisa melihat bagaimana keseruan dari perlombaan yang satu ini.

7. Panjat pinang

Sumber: Ripleys.com
Ini adalah salah satu perlombaan yang selalu ada ketika penyambutan HUT RI, dan di setiap daerah di Indonesia pasti mengadakan perlombaan yang satu ini. Mungkin hanya sebagian kecil daerah saja yang tidak mengadakannya.

Dalam perlombaan ini jumlah orang yang memainkannya tergantung dengan seberapa tinggi batang pinang yang akan dipanjat.

8. Bola Sarung

https//cdn-2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/sepak-bola-sarung2_20150602_123130.jpg
    Mungkin tidak semua tempat memainkan permainan ini, tetapi penulis rasa ini permainan yang memiliki makna tersirat yang sangat baik.

    Kenapa gamenya dinamakan "Bola Sarung" hal ini dikarenakan dalam memainkan game ini kita diwajibkan memakai kain sarung. nah pasti pembaca menilai ini ga ada bedanya dengan permainan sepak bola biasanya.

    Memang dalam permainan ini tidak jauh berbeda dengan permainan sepak bola, namun bedanya peserta diwajibkan memakai sarung. Dan Satu buah sarung harus dipakai oleh dua orang peserta.

    Nah sekarang pasti pembaca sudah faham dengan cara mainnya kan, dan untuk penentuan pemenangnya pun tentu pembaca sudah faham. Namun dalam permainan yang satu ini bukan saja kita membutuhkan kekompakan dengan teman satu team. namun dengan teman yang satu sarung punkita harus kompak. Kalau tidak bisa jatuh berguling-guling ala film India nanti jadinya.

    Hikmah yang dapat di ambil dari game ini adalah kesabaran, kekompakan dan saling mempercayai. Kenapa semua hikmahnya penulis kaitkan dengan kehidupan?

 jawabannya adalah "Karena kita harus memahami kehidupan agar dapat sukses dan mencapai tujuan dari kehidupan itu sendiri".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.