Limabuang merupakan salah satu perkampungan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Kampung ini merupakan bagian dari wilayah Jorong Su...


Limabuang merupakan salah satu perkampungan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Kampung ini merupakan bagian dari wilayah Jorong Sungai Guntung, Kenagarian Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam.

Saat ini yang menunjang perekonomian masyakat di kampung ini adalah dari sektor petanian dan perkebunan. Sebagian besar hasil dari pertanian digunakan masyarakat untuk dikonsumsi sendiri, layaknya seperti kampung yang mandiri tanpa harus mengimpor pangan dari luar.

Sedangkan untuk hasil perkebunan diantaranya seperti biji kopi, coklat, kayu manis, gambir dan lain-lain dijual ke perkampungan sebelah. Inilah yang menjadi salah satu sumber perekonomian kampung Limabuang.

Pada saat sekarang ini masyarakat Limabuang membuka akses wisata untuk umum, terutama bagi orang-orang yang ingin me refresh otak dari kejenuhan wilayah perkotaan. Dengan menawarkan keindahan alam yang masih natural tanpa adanya sentuhan moderenisasi, tentu di kampung ini kita akan dapat merasakan bagaimana hidup di zaman dahulu.

Untuk menuju lokasi kampung Limabuang pada saat sekarang ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda. Untuk track yang akan dilalui bukanlah jalanan beraspal, tetapi masih jalan alam. Dimana ketika musim penghujan maka jalanan akan becek dan berlumpur. Dari Kota Bukittinggi membutuhkan waktu 2 jam perjalan untuk sampai di lokasi.

Disini kita bisa merasakan kenaturalan daerah perkampungan yang sangat menyatu dengan alam, tanpa adanya hiruk pikuk daerah perkotaan dan bunyi kendaraan yang modar-mandir dan bunyi klaksonnya. Ini sangat cocok sekali bagi orang-orang yang ingin menenangkan fikiran.

Bagi wisatawan yang ingin menginap akan ditempatkan di rumah-rumah warga, karena di sini tidak ada hotel, homestay ataupun yang lainnya. Dan sediakanlah beberapa hal yang dibutuhkan seperti obat-obatan, peralatan mandi dan lain-lain.

Untuk masalah jaringan ponsel jangan berharap banyak deh di kampung Limabuang. Kampung ini benar-benar natural tanpa adanya teknologi. Sedangkan untuk listrik baru-baru ini baru masuk ke perkampungan ini melalui bantuan dana PNPM untuk mendirikan pembangkit listrik mikro. Selain itu sepeda motor juga masih bisa dihitung dengan jari.

Mungkin hal-hal lain yang kita butuhkan ketika disini adalah sebuah kamera atau smartphone untuk mengambil momen-momen natural dan keindahan alam yang ada disini.

Pokoknya kampung ini cocok bagi orang-orang yang ingin merasakan bagaimana rasanya daerah perkampungan yang benar-benar bebas dari moderenisasi. Oh iya untuk tempat ibadah, bagi yang beragama Islam sudah tersedia kok. Hanya saja tempat ibadahnya kurang layak dan bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Inilah potret Kampung Natural Limabuang:

sumber: Arko Aria Koto
sumber: Arko Aria Koto



sumber: Arko Aria Koto

sumber: Arko Aria Koto


COMMENTS

Name

android,1,anime,3,aplikasi,2,applikasi,1,armagedon,1,artikel,72,artis,2,bandung,1,bela diri,1,bigbang,1,bisnis,10,blogger,1,boy sandy,1,buah,1,budaya,3,Bukittinggi,9,bunga,1,craft,1,dajjal,4,desa,1,diet,1,dzul-qarnain,2,Fakta,2,game,3,handmade,1,Hari Kiamat,1,hukum,1,imam mahdi,2,Inspirasi,2,Islam,9,jawa tengah,1,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,29,kabupaten pasaman,1,kepemimpinan,2,kesehatan,8,korea,38,kpop,46,kuliner,5,lagu barat,2,lagu indonesia,1,lagu minang,8,lirik,107,lubuk alung,1,masjid,2,medan,1,minangkabau,12,padang,3,pariaman,1,payakumbuh,8,perang,2,pesisir selatan,4,religi,8,Riba,1,samsung,2,science,12,Sejarah,11,seo,6,silat,1,smartphone,3,solok,1,solok selatan,1,sragen,1,story,1,Sumatera Barat,66,sumatera utara,1,teknologi,4,tips,7,Tradisi,7,ukm,4,umar bin khattab,2,video,27,vivo,1,website,9,wisata,72,yakjuj makjuj,8,
ltr
item
Pituluik - Science and Informative
https://4.bp.blogspot.com/-JklYEuIdC3c/WmVMkSD13YI/AAAAAAAABcw/Qq_7WvuLqawZTo30i3AzcmEDcB9Q9lhigCLcBGAs/s320/IMG-20180121-WA0004.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-JklYEuIdC3c/WmVMkSD13YI/AAAAAAAABcw/Qq_7WvuLqawZTo30i3AzcmEDcB9Q9lhigCLcBGAs/s72-c/IMG-20180121-WA0004.jpg
Pituluik - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2018/07/limabuang-merupakan-salah-satu.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2018/07/limabuang-merupakan-salah-satu.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy