Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Pesona Nagari Seribu Rumah Gadang Solok Selatan

Sumber: Solselkab
Solok Selatan merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di sumatera barat. Kabupaten Solok Selatan merupakan salah satu daerah yang masih menjaga tradisi dan adat istiadat Minangkabau.

Hal ini dibuktikan dengan masih banyak nya Rumah Adat Minangkabau yaitunya Rumah Gadang yang masih berdiri di kabupaten ini.
Sumber: Solselkab
Salah satu yang menjadi ciri khas Kabupaten Solok Selatan ini adalah masih banyak nya berdiri rumah gadang di lokasi kabupaten ini. Sehingga Kabupaten Solok Selatan dijuluki sebagai Nagari Saribu Rumah Gadang.

Selain itu Seribu Rumah Gadang ini nantinya juga akan ditargetkan untuk menjaga dan melestarikan budaya Minangkabau, sehingga budaya minang tidak hilang karena dimasuki oleh budaya moderenisasi.

Mungkin sudah ada beberapa kota di Sumatera Barat yang mayoritas masyarakatnya sudah banyak melupakan tradisi dan adat istiadat dalam Budaya Minangkabau, hal ini terjadi tak lain karena wilayah sumatera barat sudah dimasuki oleh budaya moderenisai.
Foto by: Safar Azhar
Contoh saja seperti anak gadis yang berada di kota besar seperti Kota Padang, sudah jam 9 malam masih saja berkeluyuran diluar rumah. Tentu hal ini sangat bertentangan sekali dengan adat Minangkabau yang mengharuskan anak gadis setelah jam menunjukan jam 6 sore sudah stay di dalam rumah.

Mungkin masih ada lagi contoh lainnya akibat masuknya budaya-budaya lain ke ranah minang ini.



Selain menjadikan Saribu Rumah Gadang sebagai icon Kabupaten Solok Selatan, hal ini juga sebagai penarik wisatawan untuk datang ke Solok Selatan dan menikmati tempat-tempat wisata yang ada di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel