Skip to main content

Tari Piring Tradisi Orang Minangkabau

Sumber Gambar: Netralnews

Pendahuluan

Minangkabau merupakan salah satu etnis yang ada di Negara Indonesia yang memiliki banyak sekali tradisi yang positif. Dimana tradisi ini sudah dijalankan secara turun temurun semenjak nenek moyang dahulu.

Beberapa tradisi yang masih terjaga sampai saat ini di antaranya seperti batagak pangulu, tradisi randai dan masih banyak lagi tradisi positif lainnya. Walaupun ada beberapa tradisi lain yang sudah mulai ditinggalkan karena tergerus moderenisasi, namun tradisi-tradisi yang sudah dilupakan tersebut nantinya akan dapat dibangkitkan kembali.

Tari Piring

Tari Piring merupakan sebuah tradisi masyarakat Minangkabau ketika menyambut orang-orang besar seperti Presiden, Bupati, Walikota dan juga pada acara-acara besar masyarakat Minangkabau. Tari Piring itu sendiri merupakan sebuah tradisi yang berasal dari daerah Solok.

Sumber Gambar: Indopos
Tari piring biasanya dimainkan menggunakan media piring, dimana nantinya piring-piring ini di ayunkan secara cepat dan beraturan tanpa melepaskannya dari tangan. Gerakan-gerakan Tari Piring sendiri pada dasarnya menyerupai gerakan-gerakan silek atau Silat Minangkabau.

Instrumen Pendukung

Biasanya Tari Piring di iringi dengan alat musik yang berasal dari minangkabau diantaranya seperti talempong dan saluang. 

Jumlah Penari

Jumblah penari dalam memaikan Tari piring biasanya berjumlah ganjil, dimana biasanya terdiri dari 3, 5, 7 dan seterusnya.
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar