Nama-Nama Pakaian Adat Minangkabau Yang Harus Kita Ketahui

Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya, sehingga tak salah jika kita mengatakan Negara Indonesia merupakan negara yang kaya. Se...


Indonesia memiliki banyak sekali suku dan budaya, sehingga tak salah jika kita mengatakan Negara Indonesia merupakan negara yang kaya. Selain itu oleh dikarenakan banyaknya suku, maka tentu akan membuat cara hidup sampai dengan pakaian adat pun berbeda-beda.

Minangkabau memiliki beberapa pakaian adat, dimana pakaian adat ini digunakan pada hari-hari tertentu. Contohnya saja seperti saat adanya resepsi pernikahan, batagak pangulu dan acara-acara penting lainnya.

Adapun pakaian adat Minangkabau akan kita bahas secara satu per satu. Mulai dari pakaian yang dipakai oleh wanita dan juga pakaian adat yang dipakai pria.

Pakaian Adat Wanita atau Pakaian Limpapeh Rumah Nan Gadang

Ada beberapa pakaian adat yang dipakai oleh wanita Minangkabau. Berikut ini adalah beberapa pakaian yang dipakai beserta penjelasannya;

1. Baju Batabua (Baju Bertabur)

Baju batabua merupakan baju yang dihiasi dengan taburan benang emas. Baju ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Minang, dimana baju ini biasa dipakai ketika pesta pernikahan dan beberapa acara-acara penting lainnya.

Biasanya baju ini terdiri dari beragam bentuk namun tentunya baju ini masih dalam wadah Minangkabau. Baju batabua merupakan salah satu baju kebanggaan orang-orang Minangkabau.

2. Tingkuluak (Tengkuluk)

Tengkuluk merupakan pakaian yang dipakai untuk kepala seperti halnya sebuah topi. Namun tingkuluak memiliki bentuk yang unik. Dengan bentuk runcing dan bercabang seperti ciri khasnya rumah adat Minangkabau.

Tingkuluak dipakai oleh para wanita minangkabau ketika hari-hari penting seperti acara pernikahan dan acara-acara penting lainnya. Tingkuluak kalau dilogikakan menyerupai bentuk tanduk kerbau yang runcing dan bercabang.

3. Minsie

Minsie merupakan salah satu pakaian adat minangkabau yang ditandai dengan adanya pada bagian tepi pakaian tersebut benang emas.  Minsie mengartikan bahwa demokrasi di Minangkabau sangatlah luas. Namun dalam hal ini tentu masih dalam aturan-aturan tertentu.

4. Lambak Atau Sarung

Sarung yang dipakai oleh wanita Minangkabau memiliki bentuk yang sangat beragam. Sarung pun dipakai seperti hal fungsi pakaian lainnya, yaitu untuk menutupi aurat. Seperti kita ketahui orang Minangkabau merupakan salah satu etnis yang berpegang teguh kepada ajaran Agama Islam.

5. Salempang

Salempang merupakan pakaian yang dipakaikan secara miring pada bagian badan. Salempang yang dipakai oleh seorang wanita Minang mengartikan bahwa wanita Minang memiliki tanggung jawab atas anak dan cucunya, dan selalu waspada terhadap segala sesuatu baik itu yang pada saat sekarang maupun masa mendatang.

6. Dukuah (Kalung)

Dukuah atau kalung yang dipakai oleh Bundo Kanduang atau wanita Minang di setiap Nagarinya berbeda-beda. Namun pada kalung tersebut masih mengandung nuansa dan kekentalan adat Minangkabau.

Dukuah atau kalug di Minangkabau memiliki berbagai macam nama: ada namanya kalung perada, daraham, cekik leher, kaban, manik pualam dan dukuh panyiaram. Kalung melabangkan bahwa seorang Bundo Kanduang selalu dalam lingkaran kebenaran.

Selain itu dukuah yang dipakai juga melambangkan keteguhan pendirian dan selalu mengatakan serta menjunjung hal-hal yang baik dan benar. Seperti halnya pepatah mengatakan “dikisabak dukuah dilihia, dipaliang bak cincin di jari”.

7. Galang (Gelang)

Sebuah gelang yang dipakai oleh wanita Minang melambangkan bahwa segala sesuatu hal yang ada di bumi ini pasti ada batasannya. Seperti halnya jika kita ingin menjangkau sesuatu hal, terkadang tangan kita tersangkut oleh gelang.

Seperti halnya pribahasa "Terlampau jangkau tersangkut oleh gelang", ini mengartikan bahwa kita sebagai manusia tidak boleh memaksakan kemampuan dan haru faham sampai dimana kemampuan kita. Nama-nama gelang di Minangkabau juga terdiri dari bermacam-macam diantaranya: galang bapahek, galang ula, kunci maiek, galang rago-rago, galang basa.

Pakaian Adat Pria Minangkabau

Pakaian adat yang dimaksudkan disini adalah pakaian yang dikenakan oleh pria di Minangkabau untuk menunjukkan ethosnya terhadap budaya Minangkabau. Berikut ini adalah beberapa pakaian yang dipakai oleh laki-laki atau pria di Minangkabau:

1. Pakaian Penghulu

Pakaian penghulu merupakan pakaian khusus yang tidak dapat dipakai oleh sembarangan orang. Selain itu pakaian ini juga tidak bisa dipakai seperti halnya pakaian harian, hanya di hari-hari tertentu seorang laki-laki di Minang dapat menggunakannya. Contohnya seperti di hari pernikahan.

Berikut ini merupakan bagian-bagian dari pakaian penghulu:

a. Destar

Deta atau destar merupakan pakaian seperti halnya topi, namun memiliki bentuk yang beragam sesuai dengan si pemakai dan kedudukannya. Deta yang dipakai oleh seorang penghulu dinamakan deta gadang atau saluak batimbo.

b. Baju

Baju yang dipakai biasanya meupakan baju yang memiliki nuansa Minangkabau. Baju yang dipakai pun baju yang berwarna hitam yang melambangkan kepemimpinan. Ada sebuah pepatah Minang mengatakan "Hitam tahan tapo, putiah tahan sasah" yang artinya kata umpat dan puji yang harus diterima oleh seorang pemimpin.

Dengan bahasa liris mengenai baju ini dikatakan “baju hitam gadang langan, langan tasenseng bukan dek bangih, pangipeh angek nak nyo dingin, pahampeh gabuek nak nyo habih (baju hitam besar lengan, lengan tersinsing bukan karena marah, pengipas hangat supaya dingin, pengipas debu supaya habis). Dalam segala hal seorang penghulu wajib baginya untuk selalu berwibawa dan berjiwa kepemimpinan.

c. Sarawa (Celana)

Sebuah ungkapan Minang mengatakan “basarawa hitam gadang kaki, kapanuruik alue nan luruih, kapanampuah jalan pasa dalam kampung, koto jo nagari, langkah salasai jo ukuran (bercelana hitam besar kaki, kepenurut alur yang lurus, kepenempuh jalan yang pasar dalam kampung, koto dan nagari langkah selesai dengan ukuran). Celana penghulu yang besar ukuran kakinya mempunyai pengertian bahwa kebesarannya dalam memenuhi segala panggilan dan yang patut dituruti dalam hidup bermasyarakat maupun sebagai seorang pemangku adat. Kebesarannya itu hanya dibatasi oleh salah satu martabat penghulu, yaitu murah dan mahal, dengan pengertian murah dan mahal hatinya serta perbuatannya pada yang berpatutan. (Sumber: Wikipedia)

d. Sisampiang

Sisampiang merupakan sebuah kain yang berwarna merah yang melambangkan keberanian seorang penghulu. Sisampian pun juga memiliki corak yang beragam, dimana sisampiang diberi benang berwarna warni dalam ukuran kecil-kecil, dimana hal ini mengartikan membayangkan ilmu dan keberanian di atas kebenaran dalam nagari.

e. Cawek (Ikek Pinggang)

Cawek yang dipakai oleh penghulu biasanya merupakan sebuah kain biasa ataupun kain sutra. Berbeda halnya dengan cawek pada umumnya yang terbuat dari kulit. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah panjang dan lebarnya cawek harus sebanding atau lima banding satu hasta dan ujungnya pakai jumbai dan hiasan pucuk rebung. Makna yang terkandung dari cawek yang diakai penghulu adalah bahwa seorang penghulu harus cakap dan sanggup mengikat anak kemenakan secara halus dan dengan tenang mendapatkan akal budinya.

f. Sandang

Setelah baju, celana, sisampiang, dan destar dipakai maka sandang pun di pasang di bagian bahu dengan bentuk segi empat. Dalam kata-kata simbolisnya dikatakan “sandang pahapuih paluah di kaniang, pambungkuih nan tingga bajapuik”, pangampuang nan tacicie babinjek”. Hal ini menjelaskan bahwa  bahwa seorang penghulu siap menerima anak kemenakan yang telah kembali dari keingkarannya dan tunduk kepada kebenaran menurut adat. Begitu juga segala ketinggalan ditiap-tiap bidang moril maupun materil selalu dijemput atau dicukupkan menurut semestinya.

g. Keris

Jika kita melihat seorang penghulu yang sedang memakai pakaian adat pasti hal yang paling mencolok adalah keris yang ada di pinggangnya. Keris merupakan sejata kebesaran seorang penghulu dan memiliki makna yang sangat mendalam. Sehingga tak sembarang orang boleh memakai keris kecuali hanya untuk menyimpannya.

Pemakaian keris sendiri dimiringkan ke arah sebelah kiri, dan tentu hal ini memiliki makna dimana seorang penghulu harus dapat mengontrol emosi dan berfikir panjang sebelum berbuat sesuatu. Bahasa lirisnya terhadap keris ini diungkapkan “senjatonyo karih kabasaran sampiang jo cawak nan tampeknyo, sisiknyo tanaman tabu, lataknyo condong ka kida, dikesongkan mako dicabuik. Gambonyo tumpuan puntiang, tunangannyo ulu kayu kamek, bamato baliek tatimbo, tajamnyo pantang malukoi, mamutuih rambuik diambuihkan. Ipuehnyo turun dari langik, bisonyo pantang katawaran, jajak ditikam mati juo, kepalawan dayo urang aluih, kaparauik lahie jo batin, pangikih miang di kampuang, panarah nan bungkuak sajangka, lahia batin pamaga diri patah muluik tampek kalah, patah karih bakeh mati”.

f. Tungkek (Tongkat)

Kelengkapan terakhir pakaian penghulu adalah sebuah Tungkek, atau dalam Bahasa Indonesia Tongkat. Dalam bahasa liris dikatakan “Pamenannya tungkek kayu kamek, ujuang tanduak kapalo perak. Panungkek adat jo pusako, barih tatagak nan jan condong, sako nan kokoh diinggiran. Ingek samantaro sabalun kanai, gantang nak tagak jo lanjuangnyo. Tongkat yang dibawa penghulu sebagai kelengkapan pakaiannya bukan untuk menunjukkan penghulu itu tua umur, melainkan seorang penghulu itu yang dituakan oleh kaum, suku dan nagarinya. Dia didahulukan selangkah, ditinggikan seranting.

COMMENTS

Name

advertise,2,alternatif,1,android,4,anime,7,aplikasi,5,applikasi,1,armagedon,1,artikel,136,artis,5,bandung,1,batu akik,1,batusangkar,2,bela diri,1,bigbang,1,binatang,1,bisnis,15,blackpink,1,blogger,9,boy sandy,1,buah,3,budaya,13,Bukittinggi,11,bunga,1,cara,3,cinta,1,craft,1,dajjal,4,desa,2,dharmasraya,1,diet,1,dzul-qarnain,2,ekonomi,1,elly kasim,1,Fakta,2,game,4,google adsense,2,handmade,1,Hari Kiamat,1,hukum,1,imam mahdi,2,Inspirasi,4,Islam,14,jambi,2,jawa tengah,1,jepang,2,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,40,kabupaten pasaman,1,kabupaten tanah datar,1,kepemimpinan,2,kepulauan seribu,1,kesehatan,13,korea,55,kota baru,1,kpop,278,kuliner,9,lagu barat,34,lagu china,1,lagu indonesia,147,lagu jepang,27,lagu minang,16,lagu religi,12,lirik,576,lirk,1,lubuk alung,1,mahasiswa,1,makassar,1,manajemen,2,masjid,3,medan,2,minangkabau,28,mitos,1,muaro jambi,1,ost boruto,3,ost naruto,16,ost one punch man,1,ost shingeki no kyujin,1,padang,4,padang panjang,8,pariaman,1,payakumbuh,12,perang,2,pertanian,1,pesisir selatan,4,religi,18,resep makanan,2,Riba,1,samsung,2,sawahlunto,1,science,17,Sejarah,17,seo,13,sijunjung,2,silat,1,smartphone,6,solok,3,solok selatan,1,sragen,1,story,1,suku,2,sulawesi selatan,1,Sumatera Barat,101,sumatera utara,3,teknologi,6,thailand,1,tips,19,tokoh,3,Tradisi,17,ukm,4,umar bin khattab,2,vide,1,video,436,vivo,1,website,19,wisata,113,xiaomi,1,yakjuj makjuj,8,youtube,1,
ltr
item
Pituluik - Science and Informative: Nama-Nama Pakaian Adat Minangkabau Yang Harus Kita Ketahui
Nama-Nama Pakaian Adat Minangkabau Yang Harus Kita Ketahui
https://4.bp.blogspot.com/-fTEOWrSQ5GQ/W4IozFYnl5I/AAAAAAAABrk/JIzm8OUr8g0lYwKbe6t3l-ZQXs1mKy2yACLcBGAs/s320/438996_10025822112017_walikoa_baju.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-fTEOWrSQ5GQ/W4IozFYnl5I/AAAAAAAABrk/JIzm8OUr8g0lYwKbe6t3l-ZQXs1mKy2yACLcBGAs/s72-c/438996_10025822112017_walikoa_baju.jpg
Pituluik - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2018/08/nama-nama-pakaian-adat-minangkabau-yang.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2018/08/nama-nama-pakaian-adat-minangkabau-yang.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy