• Jelajahi

    Copyright © Pituluik
    Pituluik Media

    Iklan

    Tips atau Cara Mencadangkan Perangkat Data atau File di Android

    Pituluik Media
    Monday, August 27, 2018, August 27, 2018 WIB Last Updated 2018-08-27T23:35:02Z

    Kami sering membicarakan hal ini: mencadangkan Android Anda. Apakah Anda melakukan rooting ponsel Anda , memperbarui OS Android Anda , atau hanya mencoba untuk mendapatkan lebih banyak ruang pada perangkat Anda , membuat cadangan data Anda selalu merupakan praktik yang baik. Tapi bagaimana tepatnya Anda melakukannya? Seperti yang umum terjadi pada Android, ada beberapa opsi.

    Catatan: Petunjuk di bawah ini harus berlaku tidak peduli siapa yang membuat ponsel Android Anda: Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dll.

    Pertama, Anda cukup masuk ke pengaturan perangkat Anda dan pilih Cadangkan dan reset dari menu. Dari sini, Anda dapat mengaktifkan pencadangan otomatis data aplikasi, kata sandi Wi-Fi, dan pengaturan lainnya ke server Google dan menyiapkan akun cadangan untuk data Anda; alamat Gmail diperlukan, dan Anda dapat menambahkan beberapa akun. Pilih opsi pemulihan otomatis, yang akan mengembalikan aplikasi yang telah Anda copot di masa lalu, sehingga Anda dapat melanjutkan di mana Anda tinggalkan dalam gim, dan mempertahankan pengaturan khusus.

    Di sini Anda juga dapat mengatur ulang pengaturan ke default, mengatur ulang pengaturan jaringan (Wi-Fi, Bluetooth, dll.), Atau melakukan reset data Pabrik, yang menghapus semua data dari perangkat Anda. (Opsi terakhir adalah keharusan sebelum Anda menjual atau menyingkirkan perangkat Android lama .) Pastikan juga untuk mencadangkan konten apa pun di kartu SD Anda dan memindahkannya ke perangkat baru Anda saat Anda meningkatkan.

    Google Foto, alternatif untuk aplikasi Galeri stok, juga memiliki opsi pencadangan dan sinkronisasi dalam pengaturannya. Ini berbeda dari aplikasi Galeri dalam beberapa cara berbeda, termasuk opsi cadangan. Ini juga memiliki fungsi pencarian yang menggunakan geolokasi dan data lain untuk menemukan foto yang relevan. Anda dapat menggunakan berbagai istilah pencarian, seperti Las Vegas, anjing, pernikahan, misalnya; Fitur ini bekerja dengan baik dalam pengujian saya. Anda juga dapat mengomentari foto, membuat album bersama, dan mengatur tautan langsung ke masing-masing foto. Ini lebih seperti Google Drive dengan cara ini. Google Foto, seperti aplikasi Galeri, juga memiliki alat pengeditan, tetapi aplikasi Foto juga menyertakan filter seperti Instagram. Anda dapat mengakses Google Foto di desktop Anda serta perangkat seluler apa pun yang Anda gunakan. Akhirnya, di sana

    Aplikasi Cadangan untuk Android

    Aplikasi cadangan paling populer menurut para ahli, adalah Helium, Super Backup, Titanium Backup, dan Ultimate Backup. Titanium Backup mengharuskan Anda melakukan root pada perangkat Anda  sementara Helium, Super Backup, dan Ultimate Backup dapat digunakan baik oleh telepon yang di-root maupun yang tidak di-root. Jika Anda menggunakan Super Backup atau Ultimate Backup dengan perangkat yang tidak di-root, beberapa fitur tidak akan tersedia; ini tidak terjadi dengan Helium. Keempat aplikasi menawarkan kemampuan untuk menjadwalkan pencadangan reguler dan mengembalikan data ke telepon baru atau mereset. Setiap aplikasi gratis untuk diunduh, tetapi Helium, Titanium, dan Ultimate masing-masing menawarkan versi premium dengan fitur tambahan seperti penghapusan iklan, pencadangan otomatis, dan integrasi dengan layanan penyimpanan awan pihak ketiga, seperti Dropbox.

    Memulihkan Perangkat Anda

    Jika Anda memiliki Android Lollipop ,  Marshmallow , atau Nougat , Anda dapat menggunakan fitur yang disebut Tap & Go, yang menggunakan NFC untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Ketuk & Buka hanya tersedia saat Anda menyiapkan telepon baru atau jika Anda mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. Ini sangat mudah digunakan, dan Anda dapat memilih dengan tepat apa yang ingin Anda transfer. Alternatifnya adalah dengan hanya masuk ke akun Gmail Anda; Anda bahkan dapat memilih perangkat mana yang akan dipulihkan jika Anda memiliki banyak Android. Jika Anda menggunakan aplikasi cadangan, cukup unduh aplikasi ke perangkat Anda dan masuk, kemudian ikuti petunjuk untuk memulihkan perangkat Anda.

    Itu tidak terlalu sulit, kan? Jangan pernah kehilangan musik, foto, kontak, atau data penting lainnya lagi dengan mencadangkan perangkat Android Anda secara teratur. Serius, lakukan sekarang.

    Sumber: Liveware
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini