Skip to main content

Tradisi Batagak Kudo-Kudo, Tradisi Minangkabau Yang Sudah Mulai Hilang


Minangkabau merupakan sebuah etnis yang memiliki banyak sekali tradisi-tradisi yang menarik, unik dan masih banyak yang masih terjaga sampai dengan saat sekarang ini. Dari sekian banyak tradisi-tradisi yang ada di Minang, salah satunya yang akan kita bahas pada kesempatan ini adalah Tradisi Batagak Kudo-Kudo.

Batagak Kudo-Kudo

Tradisi Batagak Kudo-Kudo merupakan sebuah tradisi yang berasal dari Sumatera Barat, tradisi ini pada saaat sekarang ini mungkin sudah jarang kita lihat karena adanya perubahan zaman dan masuknya budaya luar ke Sumatera Barat.

Batagak Kudo-Kodo atau dalam Bahasa Indonesia "menegakkan kuda-kuda" merupakan tradisi yang dilakukan ketika ingin membangun sebuah bangunan di Minangkabau. Tradisi ini dilakukan dengan melakukan upacara dimana masyarakat mengambil bagian saat pemasangan kuda-kuda.

Oleh sebab itulah nama tradisi ini disebut dengan Tradisi Batagak Kudo-Kudo. Biasanya bangunan yang dibangun berupa rumah pribadi, tempat beribadah atau fasilitas umum lainnya.

Pada dasarnya, orang-orang yang mengikui tradisi Batagak Kudo-Kudo ini biasanya dilakukan oleh tetangga, dan sanak family. Sehingga upacara ini sudah hampir sama dengan upacara pernikahan yang dilakukan di minangkabau, dimana di hari pernikahan tersebut para tetangga ikut membantu dalam urusan pernikahan tersebut.

Kesimpulan

Tradisi Batagak Kudo-Kudo sudah berlangsung secara turun temurun oleh masyarakat Minang, namun pada saat sekarang ini mungkin kita sudah jarang melihat tradisi ini. Hal ini sebenarnya tentu banyak faktor penyebabnya.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai tradisi Batagak Kudo-Kudo, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Jika tradisi ini masih berjalan di daerah sahabat, silahkan kirimkan komentar sahabat di kolom komentar yang sudah kami sediakan. Thanks And Regard
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar