• Jelajahi

    Copyright © Pituluik
    Pituluik Media

    Iklan

    18 Permasalahan Yang Sering Ditemui Di WhatsApp dan Berikut solusinya

    Pituluik Media
    Friday, September 14, 2018, September 14, 2018 WIB Last Updated 2018-09-14T09:28:05Z

    WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di luar sana, dengan lebih dari 10 persen orang aktif menggunakannya setiap bulan. Mengingat volume penggunaan ini, jelas itu mendapatkan banyak hal yang positif, namun pada kesempatan kali ini kita akan berkonsentrasi pada apa yang menjadi permasalahan dari aplikasi Whatsapp.

    Berikut adalah beberapa masalah WhatsApp yang paling umum di Android dan solusi bagi mereka.

    1. Saya tidak dapat menginstal WhatsApp

    Untuk mengunduh versi terbaru WhatsApp, Anda harus memiliki Smartphone yang menjalankan Android versi 2.3.3 atau lebih tinggi. Anda dapat memeriksa versi Android ponsel Anda saat ini di Pengaturan> Tentang Ponsel.

    Jika Anda mencoba menginstal aplikasi WhatsApp dari situs web WhatsApp, Anda harus memiliki Sumber Tidak Dikenal yang diaktifkan di pengaturan keamanan Anda. Buka Pengaturan> Keamanan> Sumber Tidak Dikenal untuk mengaktifkannya. Tentu saja, ini bukan masalah jika Anda mendapatkannya dari Play Store.

    2. Saya tidak mendapatkan kode aktivasi saya

    Jika pemasangan berjalan lancar, tetapi pesan yang dibuat secara otomatis dengan kode aktivasi Anda tidak pernah muncul, pertama-tama pastikan Anda memasukkan nomor Anda dengan benar. Juga periksa kembali bahwa Anda memilih negara yang tepat dari daftar drop-down. Ini adalah negara asal nomor telepon Anda, bukan negara tempat Anda tinggal.

    Jika Anda masih tidak menerima kode, coba minta panggilan suara. Dengan cara ini Anda akan memiliki kode yang dibacakan kepada Anda oleh komputer melalui telepon.

    Ingat, Anda harus memiliki kartu SIM untuk mendaftar ke WhatsApp. Juga, Anda hanya dapat menggunakan satu perangkat per nomor telepon.

    3. Saya tidak dapat terhubung ke WhatsApp, WhatsApp tidak berfungsi, atau WhatsApp sedang tidak aktif

    Masalah koneksi WhatsApp biasanya disebabkan oleh koneksi data Wi-Fi atau jaringan Anda. Jika Anda tidak dapat mengirim pesan, berikut beberapa solusi:

    • Pastikan ponsel Anda dihidupkan (satu untuk pemula).
    • Instal versi terbaru aplikasi dari Play Store (tautan di atas).
    • Periksa koneksi internet Anda, Wi-Fi atau 3G (di Pengaturan> Nirkabel dan Jaringan).
    • Pastikan bahwa aplikasi Task Killer tidak memengaruhi WhatsApp.
    • Kosongkan cache aplikasi (Pengaturan> Aplikasi> WhatsApp> Hapus Cache).
    • Akhirnya, solusi paling ekstrim: copot pemasangan aplikasi lalu instal ulang.

    Terkadang, bahkan WhatsApp yang hebat mengalami masalah server. Jika Anda berpikir WhatsApp tidak berfungsi karena layanannya sedang tidak aktif, pergilah ke akun Twitter Status WhatsApp, di mana pembaruan pemadaman disediakan.

    4. WhatsApp tidak mengenali kontak saya

    Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp tidak akan mengenali kontak Anda, jadi di sini adalah daftar periksa sederhana untuk memastikannya:

    • Pastikan Anda memiliki nomor kontak yang benar (yang mereka gunakan untuk WhatsApp).
    • Pastikan bahwa mereka saat ini menggunakan WhatsApp.
    • Pastikan Anda memiliki versi terbaru WhatsApp.
    • Di daftar kontak Anda, pastikan semua kontak Anda 'terlihat' dan / atau 'dapat dilihat'.
    • Dalam daftar kontak Anda, pastikan semua grup kontak Anda (teman, keluarga, rekan kerja, dll.) Diatur ke 'terlihat' dan / atau 'dapat dilihat'.

    5. WhatsApp memiliki kontak duplikat

    Meskipun masalah ini telah banyak diberantas melalui pembaruan untuk WhatsApp, jika Anda memiliki kontak duplikat di buku alamat Anda, mungkin akan tetap ada dalam beberapa cara. 

    6. Kesalahan 'Tidak dapat memutar video'

    Untuk mencegah hal ini terjadi, ada dua hal yang dapat Anda coba. Pertama, periksa apakah Google Foto sudah diperbarui. Buka Play Store, tekan tombol menu hamburger di kiri atas dan kemudian di aplikasi & game Saya, dan lihat apakah Google Foto ada di bagian atas halaman, menunggu pembaruan.

    Jika itu tidak membantu, solusi lain adalah pergi ke Pengaturan> Aplikasi / Manajer Aplikasi> Google+ dan tekan pada Pembaruan Uninstall.

    7. Apa arti 'Last Seen' di WhatsApp?

    The Last Seen time stamp memberi tahu Anda ketika pengguna terakhir menggunakan WhatsApp. Ini tidak berarti bahwa mereka telah membaca pesan Anda, hanya saja mereka membuka aplikasi.


    Ketika Anda berada di WhatsApp dan salah satu kontak Anda juga membukanya, Anda akan melihat statusnya berubah menjadi 'Daring', tetapi sekali lagi, ini tidak berarti mereka melihat pesan Anda, hanya saja mereka menggunakan WhatsApp.

    8. Saya tidak bisa melihat 'Last Seen' di WhatsApp

    Jika Anda tidak dapat melihat stempel waktu Terakhir Dilihat dalam percakapan, itu mungkin karena sejumlah alasan. Jika Anda telah menonaktifkan waktu Terlihat Terakhir Anda di Pengaturan> Akun> Privasi> Terakhir Dilihat, maka Anda tidak akan dapat melihat kali Terakhir Dilihat orang lain, juga.

    Jika masalahnya hanya dengan satu atau beberapa kontak, maka itu mungkin berarti bahwa mereka telah menonaktifkan waktu Terakhir yang Terlihat dalam pengaturan WhatsApp mereka. Jika mereka masih menerima dan menanggapi pesan Anda, ini hampir pasti terjadi.

    Alasan terakhir adalah bahwa kontak telah memblokir Anda. Jika pesan Anda tidak pernah melewati satu tanda abu-abu, maka ini membuat Anda lebih yakin bahwa Anda telah diblokir, dan jika Anda tidak dapat melihat perubahan pada profil kontak, maka Anda sudah diblokir. Maaf memecahnya untukmu.

    9. Apa arti tanda centang biru di WhatsApp?

    Ada banyak kebingungan tentang apa yang disebut dua cek (atau tanda centang) di jendela pesan WhatsApp Anda. Jika Anda ingin perincian lengkap semua tanda di WhatsApp, lihatlah rincian kami Apa arti tanda centang WhatsApp? artikel, yang juga mencakup tanda mikrofon untuk pesan audio.

    Berikut ini ringkasan singkatnya:

    • Simbol jam berarti pesan Anda belum dikirim dari perangkat Anda.
    • Satu tanda abu berarti pesan telah dikirim dan telah diterima oleh server WhatsApp.
    • Dua tanda warna abu-abu berarti pesan telah dikirim ke perangkat yang dimaksud.
    • Dua centang biru berarti penerima / penerima telah melihat pesan. (Dalam percakapan grup, ini berarti ketika semua peserta dalam grup telah melihat pesan.)

    10. Saya memiliki masalah dengan panggilan suara atau tidak dapat menjawab panggilan jawaban

    Jika Anda mengalami panggilan suara berkualitas rendah, panggilan putus atau Anda tidak dapat melakukan atau menerima panggilan, hampir pasti terkait dengan koneksi Anda. Panggilan suara dilakukan melalui Wi-Fi atau data seluler. Pastikan koneksi Anda kuat.

    Jika Anda menggunakan data seluler, Anda akan membutuhkan setidaknya 3G. Mungkin juga mencoba memutus dan menyambungkan kembali ke jaringan. Masalahnya mungkin bahkan tidak ada di pihak Anda: orang yang Anda ajak bicara juga perlu memastikan bahwa mereka memiliki koneksi yang baik.

    11. Saya tidak dapat mendengar pesan audio atau WhatsApp tidak dapat memutar audio

    Ini mungkin terkait dengan sensor jarak yang bergantung pada WhatsApp. Ini ditemukan di dekat kamera menghadap ke depan di ponsel Anda, dan mendeteksi ketika Anda memegang telepon ke telinga Anda. Jika sensor diaktifkan, audio akan diputar melalui speaker telinga dengan sangat pelan. Pastikan Anda menjauhkan ponsel dari wajah Anda, dan audio harus diputar melalui speaker normal. Periksa untuk memastikan volumenya dinaikkan juga.


    12. Saya tidak dapat mengunduh video atau foto di WhatsApp

    Buka Pengaturan> Penggunaan data dan lihat apakah Anda hanya mengaktifkan unduhan media saat Anda menggunakan Wi-Fi. Jika ya, Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi atau mengaktifkan unduhan otomatis pada data seluler dan / atau saat roaming.

    Jika gagal dan ketika dicoba lagi masih gagal, cobalah untuk me-restart router Anda jika Anda menggunakan Wi-Fi dan me-restart telepon Anda, juga.

    13. WhatsApp diblokir di negara saya

    Jika Anda adalah salah satu dari beberapa orang yang kurang beruntung diblokir oleh WhatsApp di negara Anda, ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan menggunakan VPN akan dapat mengatasi permasalahan Anda nantinya.

    14. Saya tidak dapat menyimpan foto untuk dikirim ke kontak lain

    Cara ini dilakukan telah berubah. Tekan lama pada gambar dalam obrolan yang ingin Anda bagikan, dan di kanan atas halaman, panah yang menghadap ke kanan akan muncul. Tekan ini, dan Anda dapat memilih kontak yang ingin Anda bagikan gambar.

    15. Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya hilang atau dicuri?

    Pertama, kunci kartu SIM Anda dengan menghubungi operator Anda. Ini harus selalu menjadi langkah pertama Anda. Setelah ini selesai, WhatsApp tidak lagi dapat diaktifkan pada perangkat itu. Setelah Anda memiliki SIM baru (mungkin dengan nomor yang sama) Anda dapat mengaktifkan kembali WhatsApp di telepon baru Anda.

    Sementara itu, kirim pesan WhatsApp meminta mereka untuk menonaktifkan akun Anda. Kirim email dengan subjek "Hilang / Dicuri: Silakan nonaktifkan akun saya" ke support@whatsapp.com, dan sertakan nomor telepon Anda (lengkap dengan kode panggilan internasional) di badan email. Jika Anda tidak melakukan ini, WhatsApp masih dapat digunakan melalui Wi-Fi.

    16. Pemberitahuan "Anda mungkin memiliki pesan baru"

    Kadang-kadang mungkin terjadi bahwa Anda akan menerima pemberitahuan dari WhatsApp yang menyatakan: "Anda mungkin memiliki pesan baru". Anda mungkin bingung dengan pesan yang agak kabur dan misterius ini, terutama ketika Anda membuka WhatsApp dan tidak melihat pemberitahuan baru. Penjelasannya cukup sederhana! WhatsApp menggunakan pemberitahuan push untuk memberi tahu Anda tentang pesan, tetapi menggunakan saluran yang berbeda untuk menyampaikan pesan yang sebenarnya.

    Jika Anda berada di area dengan koneksi data / Wi-Fi yang buruk atau rendah, jaringan akan dapat mengirimkan pemberitahuan push tetapi bukan pesan yang sebenarnya. Masalah ini kadang-kadang terjadi ketika Anda mengaktifkan mode penghemat data di ponsel cerdas Anda. Sekarang mungkin ada masalah nyata dengan WhatsApp yang dapat menyebabkan pemberitahuan ini muncul, tetapi kemungkinan besar terkait dengan koneksi data yang buruk.

    17. Bagaimana cara menyimpan data di WhatsApp

    Apakah WhatsApp memenuhi semua memory ponsel Anda dalam penggunaan sehari-hari? Inilah cara menjaga agar aplikasi tetap terkendali:

    • Buka WhatsApp.
    • Sentuh 'tiga titik' di sisi kanan atas
    • Pilih Pengaturan
    • Ketuk opsi keempat, Penggunaan data dan penyimpanan
    • Pilih opsi ketiga, Saat menggunakan data seluler
    • Nonaktifkan keempat opsi (Foto, Audio, Video, dan Dokumen) dan tekan OK
    • Gulir ke bawah ke penggunaan data rendah dan centang kotak di sisi kanan

    Ini menonaktifkan pengunduhan otomatis jenis file apa pun saat menggunakan data seluler. Ini akan mencegah file-file ini diunduh dengan paket data Anda, sehingga akan menunggu Anda untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi untuk melakukannya.

    18. Masalah lain dengan WhatsApp

    Jika Anda mengalami masalah lain dengan WhatsApp yang tidak tercantum di sini, beri tahu kami. Jika Anda memiliki lebih banyak pertanyaan, Anda dapat memeriksa forum kami atau meninggalkan permintaan Anda di komentar di bawah dan kami akan memperbarui artikel ini dengan lebih banyak solusi untuk masalah WhatsApp Anda.

    Sumber: Androidpit
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini