Archive Pages Design$type=blogging$count=7

5 Tradisi dan Budaya Unik Orang MInangkabau Yang Tidak Ada di Daerah Lainnya


Dari sekian banyak etnis yang ada di Indonesia, Minangkabau merupakan etnis yang sangat begitu populer. Hal ini dikarenakan masyarakat Minangkabau memiliki kebiasaan merantau, sehingga masyarakat ini tersebar di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Selain itu Minangkabau juga memiliki banyak sekali tradisi unik dan menarik.  Budaya Minangkabau yang kental dengan peradaban ajaran Agama Islam, membuat Minangkabau dikenal sebagai salah satu etnis Indonesia yang 100% masyarakatnya beragama Islam.

Bataga pangulu merupakan tradisi unik yang ada di Minangkabau, tradisi ini merupakan tradisi yang wajib ada untuk pelestarian budaya Minangkabau. Batagak pangulu merupakan sebuah tradisi pengangkatan seorang pangulu (pemimpin) dalam suatu kaum.

Dengan adanya seorang pemimpin tentu hal ini nantinya dapat mengatur aturan-aturan yang berlaku dan mengatur masyarakat nya. Begitu juga lah peran seorang  pangulu, selain menjadi seorang pemimpin ia juga harus mampu menata tatanan adat dan masyarakat kaumnya.

II. Batagak Kudo-kudo


Batagak kudo-kudo merupakan salah satu tradisi yang pada saat sekarang ini sudah jarang kita temui di tengah-tengah masyarakat Minangkabau. Tradisi ini merupakan tradisi yang dilakukan ketika ada seseorang yang membangun sebuah rumah.

Dalam tradisi ini ada budaya gotong royong yang mencerminkan bahwa masyarakat Minangkabau merupakan masyarakat yang memiliki nilai sosial yang tinggi dan memiliki kedekatan antara dengan satu dengan yang lainnya. Dalam tradisi ini masyarakat Minangkabau bergotong royong untuk mendirikan pondasi rumah yang akan didirikan secara bersama-sama.

III. Maisi Sa Suduik Payakumbuh

Tradisi Ma Isi Sasuduik (Mengisi Sesudut) Payakumbuh
Tradisi Maisi Sa Suduik merupakan tradisi yang bersal dari daerah Payakumbuh. Tradisi ini dilakukan ketika ada orang yang akan menikah. Sebelum pernikahan dilaksanakan mempelai pria diharuskan maisi sa suduik atau mengisi kamar pengantin wanita dengan beberapa hal seperti kasur, lemari dan hal-hal lainnya.

Dalam tradisi ini sebenarnya tidak ada yang dirugikan toh nantinya kedua mempelai juga yang akan menikmati. Dan dalam tradisi ini juga terdapat banyak makna yang mendalam.

IV. Tradisi Bajapuik Pariaman


Tradisi Bajapuik merupakan sebuah tradisi yang berasal dari daerah Pariaman. Tradisi ini memang sudah terkenal ke seluruh penjuru  wilayah Minangkabau. Waktu pelaksanaan radisi bajapuik juga sama halnya dengan tradisi maisi sa suduik, namun dalam tradisi ini berbeda terbalik dengan tradisi Maisi Sa Suduik.

Jika dalam tradisi maisi sa suduik pihak pria lah yang harus mengeluarkan dana sebelum melangsungkan pernikahan, namun dalam tradisi bajapuik pihak wanita lah yang harus membayarnya. Namun bedanya dalam tradisi bajapuik yang harus diberikan adalah sejumlah uang dan bukan barang. Namun uang tersebut gunanya untuk rumah tangga kedua mempelai.

V. Tradisi Makan Bajamba


Tradisi makan bajamba merupakan salah satu tradisi yang sampai saat ini masih terjaga di Minangkabau. Tradisi ini bisanya dilaksanakan setelah gotong royong, acara adat, dan beberapa acara lainnya.

Makan bajamba atau makan bersama memiliki keunikan tersendiri, dimana makan bajamba berbeda dengan makan bersama pada umumnya. Dalam makan bajamba biasanya dalam satu piring makanan dimakan oleh 2 orang atau lebih.

Nah itulah 5 tradisi dan budaya unik orang Minangkabau, semoga artikel ini bermanfaat. Jika sahabat suka dengan artikel-artikel yang ada di Pituluik.com, silahkan submit e-mail sahabat di bagian sidebar artikel website ini. Thanks and Regard

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel