Skip to main content

Tips Mudah Menguasai Banyak Bahasa Asing

https://www.pituluik.com

Kemampuan berbahasa asing mampu meningkatkan kualitas seseorang. Baik saat berkomunikasi dengan orang lain yang berasal dari negara lain. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan seribu satu destinasi wisata, tentunya para turis banyak berkeliaran di sekitar kita.

Hingga mampu menundukkan pekerjaan yang benefit. Banyak perusahaan multinasional yang hadir di Indonesia, sehingga mereka mengutamakan kandidat yang memiliki kempampuan berbahasa asing yang baik.

Kemudian, muncul pertanyaan bagaimana cara belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing dengan mudah dan cepat?.

Pertanyaan ini sering terdengar di tengah krisis keuangan sehingga beberapa orang tak mampu untuk membiayai kursus bahasa. Ataupun berbagai alasan yang membuat mereka tak mempunyai kesempatan untuk mempelajarinya secara formal.

Kemudian muncul pertanyaan lain. Apakah kalian hobi menonton film?. Kebanyakan orang suka menonton film. Bahkan menjadikan aktivitas ini sebagai hobi. Selain untuk mendapatkan hiburan, penonton memperoleh edukasi dan informasi yang belum tentu bisa mereka dapatkan dari aktivitas lain.

Karena akses untuk menonton film saat ini sudah terbuka lebar. Melalui smartphone yang kurang dari lebar dari telapak tangan pun bisa dilakukan selain di depan layar televisi.   

Meski masih ada beberapa anggapan jika menonton film bukanlah sebuah hobi, melainkan suatu hal yang hanya dilakukan untuk mengisi waktu luang. Dan mendiskreditkan siapapun yang memilih menonon film sebagai hobi mereka dengan berbagai alasan.

Padahal memilih menonton film sebagai hobi tak sepenuhnya salah. Asal harus hati-hati menyaring dan memilih konten tontonan sehingga tidak berdampak buruk bagi pribadi dan tidak merugikan orang lain.

Kembali ke pembahasan tadi, lantas apa hubungan kemampuan berbahasa asing dengan menonton film?

Nah mari kita ulas lebih lanjut. Berbagai akses yang telah kita dapatkan di tengah kemauan teknologi saat ini, tentunya penikmat film tak hanya dapat mengakses tontonan dalam negeri. Tontonan dari berbagai belahan bumi bisa kita nikmati lengkap dengan terjemahannya.

Di sini kita mulai kursus informal untuk belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa asing. Bolehlah kita beri contoh sebagai berikut; Kpop saat ini telah ikut mendominasi pasar musik Indonesia. Hal ini terbukti dengan suksesnya berbagai konser idol Kpop yang dihadirkan di sini.

Hal tersebut meningkatkan minat orang Indonesia untuk mengetahui produk Korea lainnya. Tontonan yang banyak digemari kaun hawa, Korean Drama. Dari sini kita bisa mendengarkan seperti apa percakapan orang Korea. Bagaimana ekspresi serta intonasi pengucapannya.
https://www.pituluik.com

Reality show produk tontonan Korea lain. Biasanya kata-kata yang menjadi point pembicaraan dituliskan di layar. Hal tersebut dapat membantu kita  mencatatnya untuk kemudian dihafalkan sebagai tambahan vocabulary.

Tentunya kita harus mempelajari abjadnya terlebih dahulu. Sehingga kita tak hanya mampu mengucapkan tetapi juga bisa membacanya. Di internet banyak web yang menyediakan cara mempelajari abjad korea.

Jika telah menguasai abjadnya, kita bisa mengganti terjemahan dengan bahasa film itu sendiri. Tujuannya, kita tau pasti apa yang ucapkan tokoh tersebut. Serta dapat melihat struktur dari kalimatnya. Kemudian mencoba mengganti kata pada kalimat tersebut dengan struktur kalimat yang sama.

Those photos of children are beautiful” bisa kita ganti “those poetrys of Chairil Anwar are wonderful

Tentunya semua usaha tersebut harus di mulai dengan kemauan yang kuat. Lakukan secara rutin dan berkala seperti minum obat. Sehingga efek dari belajar bisa berdampak besar bagi kemampuan berbahasa asing kita. Cara di atas bisa diaplikasikan untuk bahasa asing lain yang ingin kalian pelajari.

Selamat mencoba

By: Miftahur Rizka
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar