5 Cara Menghemat Baterai Smartphone

Smartphone semakin hari semakin berkembang dan sejalan dengan teknologinya. Biasanya kita menggunakannya untuk mendengarkan musik, menont...

https://www.pituluik.com

Smartphone semakin hari semakin berkembang dan sejalan dengan teknologinya. Biasanya kita menggunakannya untuk mendengarkan musik, menonton video dan film, menelusuri media sosial, menjelajahi web, bermain game, membaca dan membalas email pribadi dan pekerjaan, dan sekarang, dengan VR menjadi fokus yang lebih besar, bahkan sekarang kita sudah dapat menikmati sesuatu hal yang sama dengan orang di bagian belahan dunia lain dan pengalaman sambil duduk nyaman di rumah. Tentu saja, pada kesempatan langka yang diperlukan, kita bahkan dapat melakukan panggilan telepon.

Salah satu aspek smartphone yang menjadi masalah pada umumnya adalah baterai, dan satu-satunya solusi nyata adalah membeli perangkat smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, atau memanfaatkan ponsel dengan kemampuan pengisian cepat, jadi setidaknya kita tidak membuang-buang banyak waktu pengisian.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dalam hal penghematan baterai smartphone. Dengan menggunakan beberapa tips dan trik berikut ini kemungkinan untuk penghematan batrai smartphone akan dapat dilakukan, maka dari itu ikutilah beberapa trik dan tips berikut:

1. Matikan Aplikasi Yang Sedang Dioperasikan Di Smartphone
Mampu memiliki banyak aplikasi untuk berbagai tujuan yang diunduh di ponsel Anda adalah apa yang membuat ponsel pintar kami begitu baik. Namun, mungkin ada beberapa yang mengakibatkan menguras baterai OS Android secara cepat., Tanpa Anda sadari.

Anda dapat melihat aplikasi mana yang menggunakan baterai Anda dengan masuk ke bagian Baterai di menu Pengaturan. Tentu saja, jika Anda sering menggunakan aplikasi, ini akan menjadi lebih tinggi pada daftar. Meskipun demikian, jika Anda menemukan bahwa suatu aplikasi menyebabkan jumlah baterai yang tidak normal, taruhan terbaik Anda adalah mencopot pemasangan aplikasi tersebut. Masalah-masalah ini seringkali dapat diperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak, jadi setelah pembaruan untuk aplikasi tersebut diluncurkan, Anda harus dapat menginstalnya sekali lagi.

Ada juga beberapa aplikasi yang mengakses lokasi Anda, dan menggunakan GPS di latar belakang dapat menyebabkan menguras baterai yang signifikan. Anda dapat melihat apakah ini penyebabnya dengan membuka bagian Lokasi di Pengaturan. Di sini, Anda akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan layanan lokasi, dan mengetuk aplikasi akan menunjukkan berapa banyak daya baterai yang terkuras karenanya.

Jika itu signifikan, Anda dapat menghentikannya dengan memutar opsi lokasi di Izin Aplikasi untuk yang khusus. Sejalan dengan itu, mungkin juga ide yang baik untuk menjaga GPS dimatikan ketika Anda tidak berencana untuk menggunakannya. Dengan sebagian besar ponsel cerdas, Anda menemukan tombol GPS pada daftar Pengaturan Cepat di tarik-turun notifikasi. Jadi, jika Anda berencana untuk menggunakan Google Maps, Anda dapat mengaktifkan kembali GPS, dan kemudian mematikannya lagi setelah Anda selesai.

Akhirnya, alasan lain beberapa pengguna mungkin melihat menguras baterai adalah karena widget. As fun and convenient as widgets, memiliki banyak dari mereka dapat mengakibatkan banyak masa pakai baterai habis. Jadi, jika ada widget yang jarang Anda gunakan dan dapat Anda lakukan, mungkin ada baiknya untuk menghapusnya.

2. Mode Hemat Daya
Setiap smartphone Android akan hadir dengan beberapa bentuk mode hemat daya, dan memungkinkan mereka melakukan hal-hal seperti menghapus animasi, pergantian sinkronisasi latar belakang, mematikan layanan lokasi, dan mengurangi kecerahan layar, untuk membantu mengeluarkan tambahan jus dari baterai Anda. Mode ini biasanya diaktifkan secara otomatis ketika baterai mencapai tanda 15%, tetapi jika Anda biasanya hampir kehabisan tenaga dan merasa seperti Anda tidak akan bisa mendapatkan pengisi daya untuk sementara waktu, Anda dapat secara manual mengaktifkannya di menu Pengaturan.

Ketika Anda menjalankan sangat rendah, beberapa smartphone, dari OEM seperti Samsung, Huawei, dan lainnya, menawarkan mode Ultra Power Saving. Ini pada dasarnya mengubah perangkat Anda menjadi ponsel fitur, dan yang dapat Anda lakukan hanyalah membuat panggilan atau mengirim pesan teks. Jika Anda benar-benar kehabisan baterai dan harus dapat menghubungi seseorang, mode ini akan terbukti menjadi penyelamat hidup.

3. Pengaturan tampilan
Salah satu kelebihan layar AMOLED adalah Anda dapat mengoptimalkan warna dengan lebih baik untuk menghemat masa pakai baterai.

Sebagian besar ponsel pintar saat ini hadir dengan pengaturan Kecerahan Otomatis, yang sesuai dengan namanya, secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar dengan mendeteksi kondisi pencahayaan. Jika Anda ingin memperpanjang masa pakai baterai Anda, pengaturan kecerahan secara manual ke tingkat yang lebih rendah cukup membuat perbedaan besar dalam hal ini. Kecuali Anda benar-benar harus menaikkan kecerahan layar, menjaganya tetap rendah adalah ide yang bagus.

Anda juga dapat menghemat sedikit baterai dengan mengubah interval waktu tunggu layar, yang merupakan batas waktu tampilan layar, sementara perangkat dalam keadaan diam. Kecuali Anda perlu layar untuk tetap menyala saat perangkat dalam keadaan lama, mengubah interval ini menjadi sesuatu seperti 10 detik hanya akan membantu sedikit. Anda dapat menemukan ini di bawah bagian Tampilan di menu Pengaturan.

4. Pemeliharaan baterai
Meskipun sebagian besar ponsel cerdas menawarkan masa pakai baterai yang baik di awal, Anda akan mendapati kinerjanya memudar setelah satu atau dua tahun, atau bahkan lebih cepat, jika baterai tidak dirawat dengan benar. Studi telah menemukan bahwa baterai cenderung menurun lebih cepat ketika perangkat memanas, terlepas dari apakah itu sedang digunakan atau tidak aktif. Bahkan hal-hal sederhana seperti tidak meninggalkan ponsel Anda di dasbor mobil pada hari yang panas dan cerah akan membantu menguras baterai OS Android.

Saat digunakan, dan terutama saat memainkan game grafis intensif, kita semua akan menemukan perangkat kita menjadi tidak hangat. Pada saat itu, ada baiknya untuk menutup aplikasi dan membiarkan perangkat beristirahat hingga dingin, atau bahkan mematikan ponsel, untuk mempercepat proses.

Banyak pengguna yang mendukung sistem 10-90, yang berarti Anda tidak mengisi baterai Anda lebih dari 90%, dan tidak pernah menurunkannya kurang dari 10%. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa 40-80 bahkan lebih baik, tetapi itu tidak selalu mungkin, terutama ketika sampai ke ujung bawah. Namun, disarankan agar Anda melepaskan baterai sepenuhnya dan mengisi kembali hingga 100%, setidaknya sekali setiap tiga bulan atau lebih, untuk membantu mencegah baterai OS Android habis.

5. Gunakan aplikasi yang membantu dengan masa pakai baterai
Mungkin tampak tidak produktif untuk mengunduh lebih banyak aplikasi untuk mencegah menguras baterai Android OS di ponsel Anda, tetapi ada beberapa yang sangat berguna di luar sana.

Greenify membantu Anda mengidentifikasi aplikasi mana yang menyebabkan baterai kosong, dan menjadikannya hibernasi saat Anda tidak menggunakannya, untuk menghentikan mereka dari perangkat Anda yang tertinggal dan melindas baterai. Mereka tidak dapat melakukan apa pun tanpa peluncuran eksplisit oleh Anda atau aplikasi lain, sambil tetap mempertahankan fungsionalitas penuh saat berjalan di latar depan.

Perlu diingat bahwa sebagian besar fungsi aplikasi dinonaktifkan, jadi bukan ide yang baik untuk digunakan dengan jam alarm atau aplikasi perpesanan. Greenify juga menambahkan fitur "Agressive Doze" dan "Doze on the go", untuk perangkat yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow dan di atasnya. Anda dapat mengunduh Greenify dari Google Play Store di sini .

Istirahat  adalah fitur yang dibangun di Android 6.0 Marshmallow, yang melakukan pekerjaan hebat dengan mencegah baterai OS Android menguras saat perangkat dalam keadaan idle. Namun, mode Doze hanya dijalankan saat perangkat dicabut, dan diam selama lebih dari 30 menit. Jika Anda mencari fitur ini, tetapi tanpa kondisi ini, ada aplikasi untuk Anda, yang membuat pengaktifannya sangat mudah. Bagian terbaiknya adalah aplikasi ini tersedia untuk perangkat yang menjalankan Android 4.1 atau lebih tinggi, jadi Anda tidak perlu menunggu peningkatan resmi ke Marshmallow untuk menikmati fitur ini. Anda dapat mengunduh Doze di sini .

Jadi, begitulah, untuk tampilan ini pada beberapa cara umum Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai dan mencegah menguras baterai Android OS.

Sumber: Android Authority

COMMENTS

Nama

advertise,5,alternatif,1,android,4,anime,7,aplikasi,5,applikasi,1,armagedon,1,artikel,136,artis,5,bandung,1,batu akik,1,batusangkar,2,bela diri,1,bigbang,1,binatang,1,bisnis,17,blackpink,1,blogger,10,bola,3,boy sandy,1,buah,3,budaya,13,Bukittinggi,11,bunga,1,cara,3,cinta,1,contest,1,craft,1,dajjal,4,desa,2,dharmasraya,1,diet,1,dzul-qarnain,2,ekonomi,1,elly kasim,1,Fakta,2,game,6,google adsense,2,handmade,1,Hari Kiamat,1,hukum,1,imam mahdi,2,Inspirasi,4,Islam,14,jambi,2,jawa tengah,1,jepang,2,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,40,kabupaten pasaman,1,kabupaten tanah datar,1,kepemimpinan,2,kepulauan seribu,1,kesehatan,13,korea,55,kota baru,1,kpop,331,kuliner,9,lagu barat,34,lagu china,1,lagu indonesia,147,lagu jepang,27,lagu minang,17,lagu religi,12,lirik,631,lirk,1,lubuk alung,1,mahasiswa,1,makassar,1,manajemen,2,masjid,3,medan,2,minangkabau,28,mitos,1,muaro jambi,1,ost boruto,3,ost naruto,16,ost one punch man,1,ost shingeki no kyujin,1,padang,4,padang panjang,8,pariaman,1,payakumbuh,12,perang,2,pertanian,1,pesisir selatan,4,religi,18,resep makanan,2,Riba,1,samsung,3,sawahlunto,1,science,17,Sejarah,17,seo,13,sijunjung,2,silat,1,smartphone,7,solok,3,solok selatan,1,sport,3,sragen,1,story,1,suku,2,sulawesi selatan,1,Sumatera Barat,101,sumatera utara,3,teknologi,6,thailand,1,tips,19,tokoh,3,toyota,2,Tradisi,17,ukm,4,umar bin khattab,2,vide,1,video,491,vivo,1,website,20,wisata,113,xiaomi,1,yakjuj makjuj,8,youtube,1,
ltr
item
Pituluik Media - Science and Informative: 5 Cara Menghemat Baterai Smartphone
5 Cara Menghemat Baterai Smartphone
https://4.bp.blogspot.com/--txxE9MfNSU/W5G-mVz7B8I/AAAAAAAABy4/8UQsBjupy2Ee4Ug5BeNmnX8Zt9bvwoH3gCLcBGAs/s320/1636467galaxy-s6-edge-device-16780x390.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--txxE9MfNSU/W5G-mVz7B8I/AAAAAAAABy4/8UQsBjupy2Ee4Ug5BeNmnX8Zt9bvwoH3gCLcBGAs/s72-c/1636467galaxy-s6-edge-device-16780x390.jpg
Pituluik Media - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2019/01/cara-menghemat-baterai-smartphone.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2019/01/cara-menghemat-baterai-smartphone.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy