Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Bukittingggi, Salah Satu Objek Wisata Keluarga Terbaik di Kota Bukittinggi

https://www.pituluik.com

Bukittinggi merupakan sebuah kota kecil yang dahulunya merupakan bagian dari Kabupaten Agam. walaupun kota ini hanya memiliki wilayah yang kecil, namun kota ini merupakan kota Industrinya Sumatera Barat. Selain itu kota ini juga memiliki banyak sekali objek wisata sehingga dijuluki sebagai Kota Wisata.

Beberapa objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi seperti: Jam Gadang, Panorama, Ngalau Maram, Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan,  dan beberapa objek wisata lainnya. Salah satu objek wisata keluarga terbaik yang ada di Kota Bukittinggi adalah Kebun Binatang Kinantan.
https://www.pituluik.com
Kebun Binatang Bukittinggi
Objek wisata ini berdirikan di atas bukit yang dikenal dengan bukit Cubadak Bungkuak. Objek wisata ini dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1900-an dengan nama Stormpork (Kebun Bunga). Dimana pada asaat itu Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan hanyalah berupa sebuah taman yang indah tetapi belum memiliki satwa di dalamnya.

Pada 3 Juli tahun 1929 barulah beberapa binatang dimasukan kedalamnya dan menjadi kebun binatang dengan nama Fort De Kocksche Dieren Park atau Kebun Binatang Bukittinggi oleh Dr. J. Hock. Walaupun pada saat itu masih dalam masa penjajahan namun objek wisata ini sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Kemudian kebun binatang  Fort De Kocksche Dieren Park pada tahun 1953 objek wisata ini berganti nama dengan Taman Puti Bungsu.  Dan barulah pada tahun 1995 sesuai dengan peraturan daerah kebun ini berubah nama menjadi Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.
Rumah Adat Ba Anjunag Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan 
Di dalam kebun binatang ini juga didirikan Rumah Adat Baanjuang (Rumah Gadang) yang merupakan rumah adat Sumatera Barat. Rumah Adat Baanjuang yang berada di kebun binatang ini didirikan pada Tahun 1935. Dimana Rumah Adat Baanjuang ini memiliki 9 ruangan dengan anjungan di bagian kiri dan kanannya.

Bagi wisatawan yang ingin masuk ke lokasi objek wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan bisa melalui pintu masuk di Jl Minangkabau ataupun melalui Benteng Fort de Kock. Wisatawan hanya diharuskan membayar satu tiket untuk masuk ke dua objek wisata yaitu ke Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan  dan Benteng Fort De Kock.
https://www.pituluik.com
Jembatan Limpapeh
Hal ini dikarenakan kedua objek wisata ini disatukan oleh sebuah jembatan legendaris yang ada di Sumatera Barat. Yaitu jembatan Limpapeh. Jembatan ini lah yang menjadi penghubung antara Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan  dengan Benteng Fort De Kock.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan kebun binatang kebanggaan Kota Bukittinggi, dan sekaligus salah satu kebun binatang yang tertua yang ada di Indonesia. Kebun binatang ini hanya ada satu-satunya di Sumatera Barat dan Juga merupakan kebun binatang yang memiliki satwa terlengkap di Pulau Sumatera.

Nah bagaimana sahabat pituluik, tertarik untuk berkunjung ke objek wisata  Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan yang ada di Kota Bukittinggi? disana sahabat juga dapat menyempatkan waktunya untuk berbelanja berbagai macam oleh-oleh makanan khas Sumatera Barat serta belanja hal-hal lainnya karena Bukittinggi juga merupakan pusat sentral perbelanjaan yang ada di Sumatera barat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel