• Jelajahi

    Copyright © Pituluik Media
    Pituluik Media

    Iklan

    Ini dia Asupan Nutrisi Yang Penting Bagi Ibu Menyusui!

    Pituluik Media
    Sunday, May 26, 2019, May 26, 2019 WIB Last Updated 2019-05-27T05:57:07Z

    Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas, Ibu membutuhkan asupan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Meskipun nutrisi yang diperlukan oleh si buah hati sudah terkandung dalam ASI, tetapi kepekatannya ditentukan oleh pola makan Ibu.

    Salah satu nutrisi yang penting bagi Ibu menyusui adalah vitamin dan mineral. Berikut ini beberapa daftar vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui, yuk kita simak lebih lanjut!

    1. Vitamin B 

    Kekurangan vitamin B selama masa menyusui diketahui dapat mempengaruhi sistem saraf pusat si kecil. Vitamin ini memiliki peran penting dalam perkembangan otak dan menjaga sistem saraf dan kekebalan tubuh. Anda dapat memperoleh asupan vitamin B dari umbi-umbian serta kacang-kacangan.

    2. Vitamin C 

    Bagi Ibu, vitamin C memiliki peran dalam perbaikan jaringan dalam tubuh pasca melahirkan. Sedangkan untuk si kecil vitamin ini berperan dalam pertumbuhan tulang, gigi, dan produksi kolagen. Biasanya vitamin C dapat mudah dijumpai pada buah-buahan berwarna cerah seperti jeruk, mangga, stroberi, dan lain-lain.

    3. Vitamin E 

    Vitamin E seringkali diabaikan sebagai nutrisi penting bagi Ibu yang sedang menyusui, padahal memiliki fungsi yang tak kalah penting seperti mencegah anemia pada bayi dan dapat melindungi retina mata serta paru-paru si kecil.

    4. Asam Folat 

    Asam folat merupakan bentuk lain dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Nutrisi ini berfungsi sebagai pembentuk DNA dan sel darah merah, serta membantu percepatan pembelahan dan pertumbuhan sel. Jika asupan asam folat kurang, maka produksi sel darah merah menurun dan akan mudah menyebabkan anemia.

    5. Kalsium 

     Menyusui ternyata memiliki pengaruh terhadap kepadatan tulang. Tidak hanya saat kehamilan, asupan kalsium juga perlu diperhatikan saat ibu mulai masuk masa menyusui. asupan kalsium dapat dipenuhi melalui konsumsi susu, ikan, tahu, dan lain-lain.

    6. Zat Besi 

    Zat besi berfungsi untuk pembentukan sel darah merah yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu yang baru melahirkan. Nutrisi ini dapat ibu dapatkan melalui daging, sayuran hijau gelap, dan lain-lain.Itu beberapa vitamin dan mineral yang diperlukan Ibu pada masa menyusui. selain dari makanan, nutrisi penting tersebut bisa dengan mudah didapatkan pada Folamil yang mengandung berbagai multivitamin dan mineral, produk ini bisa dipelajari lebih lanjut di https://www.goapotik.com/produk/folamil-kaplet-box. 
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini