Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Cara Membuat Mainan Mobil Dari Bahan Kardus 

Sumber: Tribunnews
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kegiatan anak-anak itu tidak bisa lepas dari apa yang namanya mainan. Ya, melalui sebuah mainan, anak-anak pun tampak lebih anteng dan senang. Tentu saja kondisi bisa kita manfaatkan untuk melakukan rutinitias, atau untuk sekedar bersantai sejenak. Berbicara soal mainan, mungkin sebagian besar orangtua akan membeli mainan di toko mainan terdekat atau di situs-situs e-commerce. Padahal, kita juga bisa membaut mainan dari bahan kardus tanpa harus membelinya lho. Lantas, bagaimanakah cara membuatnya? Nah, untuk mengetauhi lebih jelasnya lagi tentang cara membuat mainan mobil dari bahan kardus, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini : 

 1. Persiapkan Kardus 

Hal pertama yang harus anda lakukan, yakni mempersiapkan dulu kardusnya. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan kardus yang baru atau yang bekas. Namun, agar hasilnya lebih memuaskan, sebaiknya anda menggunakan kardus yang baru. Ada beberapa jenis kardus yang harus anda pilih seperti kardus singal face corrugated, single wall, double wall corrugated, dan tripel wall corrugated. 

 2. Siapkan Peralatan Pendukungnya 

Apabila kardusnya sudah siap, maka hal kedua yang harus anda lakukan adalah menyiapkan peralatan pendukungnya. Ya, peralatan pendukung tersebut diantaranya seperti isolatip (lakban), gunting, piring kertas (kertas karton), penggaris, dan lem. Untuk membuat bagian as roda ban mobil, siapkan sedotan, pulpen, atau pensil. Sedangkan untuk mewarnai mobilnya, anda bisa menggunakan spidol, krayon, cat jenis tempera paint, atau finger paint. Selain itu, anda juga jangan lupa untuk menyiapkan tinner dan kuasnya ya! 

 3. Membuat Pola Pada Kardus 

Sebelum membuat pola, disarankan bagi anda untuk merekatkan kardus dengan menggunakan isolatip atau lakban. Berikan isolatip pada bagian bawah dan atas kardus, dan pastikan sudah tertutup secara sempurna. Jika sudah demikian, silahkan gambar pintu pada kedua sisi kardus dengan cara menarik garis dari bagian atas kardus, sehingga bagian datar seperti pada di bagian atasnya sama rata. Setelah itu potonglah pola yang dibuat tadi dengan menggunakan gunting atau cutter. 

 4. Memotong Pola 

Potong juga bagian kaca depan dimulai dari sisi pintu mobil terlebih dahulu, lalu potong secara melintang dari pintu lainnya. Sisakan 1 sisi pada bagian depan kardus agar bisa terhubung dengan badan kardusnya, lalu lipat, dan angkat kaca depan yang sudah dilipat keatas tadi. Selanjutnya rekatkan dengan menggunakan lakban, untuk melindungi bagian kaca depan tersebut.

 5. Memberi Warna

 Jika memotong polanya sudah selesai, silahkan beri warna pada kardus tersebut. Namun, anda harus mengetahui dulu tentang warna manakah yang menjadi favoritnya si kecil. Pasalnya, warna yang menjadi kesukaannya itu dapat membantu perkembangan si kecil pada sebuah benda lho. Selain memberikan warna, buatlah karikatur atau tokoh kartun pada film kesukaannya agar menjadi lebih menarik lagi. Misalkan saja si kecil gemar menonton film Spongebob Square Pants, maka anda harus menggambar karakter kartun tersebut.

 6. Tahap Akhir 

Untuk tahap yang terakhir, silahkan tambahkan gelas kertas pada bagian depan yang berfunsi sebagai lampu mobil. Selanjutnya rekatkan hingga kedua gelas kertas tersebut menempel, dan buatlah bagian depannya agak lebar dan mengarah ke bagian depan. Gunakan juga 2 tutup botol untuk membuat lampu belakang, serta lampu sein pada bagian samping mobilnya.

 Itulah cara membuat mainan mobil dari bahan kardus. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel