Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Cara Mengatasi Kulit Bayi Iritasi


Iritasi merupakan suatu hal yang biasa terjadi pada bayi. Mengingat kulit bayi yang rentan dengan banyak hal misalnya akibat gesekan dan lain sebagainya. Banyak area kulit bayi yang sangat sensitive seperti selangkangan, pantat, dan wajah. Karena itu, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih dan menggunakan produk bayi seperti halnya sabun bayi yang aman dan alami.

Cara Mengatasi Kulit Bayi yang Iritasi

Ada beberapa hal dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hingga mengatasi terjadinya iritasi pada kulit bayi, sebagaimana berikut:

a. Gunakan produk bayi yang sesuai dengan jenis kulit

Ada banyak sekali produk bayi seperti sampo, bedak dan sabun untuk balita maupun bayi  yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit bayi. Selain itu juga hindari produk bayi yang terlalu banyak mengandung wewangian dan semacamnya, sebab hal itu mengandung banyak bahan kimia pula.

Di samping itu, bayi juga tidak dianjurkan untuk memakai produk bayi secara berlebihan, apalagi yang tidak ada label khusus bayi. Sebab, kulit bayi sebenarnya masih sangat alami, bersih, serta  sehat meskipu tidak dilakukan perawatan khusus.

b. Ganti popok secara berkala

Seringkali popok yang digunakan secara terus menerus dan tidak menggantinya secara berkala, mengakibatkan iritasi. Anda harus sering mengganti popok yang sudah penuh secara berkala. Selain itu juga akan lebih baik jika tidak terlalu sering menggunakan popok untuk bayi agar kulit bisa kering dan aman.

c. Upayakan suhu lingkungan yang sejuk

Udara yang terlalu panas menimbulkan bayi mengeluarkan banyak keringat dan itu menyebabkan gatal serta iritasi pada kulit bayi. Anda bisa mengupayakan semaksimal mungkin agar suhu di lingkungan bayi tetap sejuk seperti memasang AC dalam ruangan bayi hingga sering membawa bayi ke tempat terbuka.

d. Berikan pakaian bayi yang tipis

Pakaian yang tebal dan panas tentu bisa membuat bayi berkeringat lalu menimbulkan bintik merah atau iritasi, khususnya di bagian leher. Karena itu sebaiknya pakaiakan bayi dengan baju yang berbahan tipis atau mudah menyerap keringat. Selain itu juga gunakan baju yang berbahan halus untuk kenyamanan bayi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel