Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Tempat Wisata Kabupaten Agam

Berikut ini adalah 5 tempat liburan paling rekomended di kabupaten Agam:

1. Taman Tirtasari Kamang

Foto: Taman Tirtasari

Liburan merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Karena di hari libur semua orang dapat berlibur dan menghabiskan hari-harinya bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Sekaligus juga untuk menghilangkan rasa suntuk, stres dan rasa capek dalam bekerja dalam keseharian.

Salah satu tempat liburan yang belakangan ini paling banyak di cari banyak orang adalah wisata alam. Dimana disana mereka dapat menghirup udara segar dan menikmati pemandangan yang indah dan alami.

Selain itu sebagian orang lainnya lebih memilih untuk datang ke lokasi objek wisata yang modern, hal ini dikarenakan objek wisata modern memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Tentu hal ini juga sangat dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang ke lokasi wisata. Contoh saja seperti lahan parkir yang memadai, fasilitas musholla, dan fasilitas umum lainnya.

Taman Tirtasari merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Agam, Kecamatan Tilatang Kamang, Nagari Koto Tangah, Jorong Sonsang. Objek wisata alam ini merupakan salah satu kebanggan bagi masyarakat Jorong Sonsang, karena dengan adanya objek wisata ini dapat menopang perekonomian sebagian masyarakat Jorong Sonsang.

Objek wisata ini dikelola oleh para masyarakat Jorong Sonsang secara bersama. Selain itu objek wisata ini juga dikembangkan bersama oleh para pemuda dan pemudi dengan perlengkapan seadanya. Pengembangan objek wisata ini pun dilakukan melalui sumbangan-sumbangan yang diberikan oleh para wisatawan dan juga dari penghasilan dari wahana yang ada.


Salah satu masalah yang terjadi belakangan ini adalah adanya segelintir oknum yang mengatakan jika objek wisata Taman Tirtasari sudah di tutup dan dikatakan hanya sebagai tempat mancing ikan saja. Entah apa tujuan dan maksud oknum yang tidak bertanggung jawab ini dan hal ini sangat disayangkan sekali. Hal tersebut disampaikan langsung oleh wisatawan yang datang ke objek wisata Taman Tirtasari kepada pengurus Objek Wisata Taman Tirtasari.

Padahal sebelum adanya isu tersebut beredar Taman Tirtasari selalu ramai dikunjungi, apalagi pada hari-hari libur.

Harusnya semua pihak harus menyadari dan peduli akan segala sesuatu yang ada di sekitarnya, bukan membuat keruh suasana. Jika Objek wisata Banto Royo  dikenal sebagai objek wisata semi Modern, Taman Tirtasari dikenal dengan wisata alam nya.

Semoga saja kedepannya kedua objek wisata ini bisa dapat menjadi kebanggan untuk Sumatera Barat, dan khususnya untuk Nagari Koto Tangah. Semoga tidak ada lagi oknum yang berbuat culas dan merugikan kedua objek wisata yang sedang tren sampai ke daerah luar Sumatera Barat ini.

2. Banto Royo Kamang


Pariwisata Agam (Banto Royo)

Tilatang Kamang merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Agam yang memiliki dua objek wisata alam yaitunya Taman Tirtasari dan Banto Royo. Kedua objek wisata ini terletak bedampingan dan terletek di daerah Desa Jorong Sonsang dan Desa Kaluang Tapi.

Banto Royo merupakan objek wisata baru yang menawarkan keindahan alam yang di desain yang unik agar terlihat seperti wisata alam modern. Di lokasi objek wisata ini dibuat jembatan-jembatan yang berdiri di atas kolam yang berukuran cukup luas.

Untuk saat ini objek wisata Banto Royo masih dalam tahap pembangunan sehingga tidak banyak wisatawan yang di perbolehkan masuk. Hanya orang-orang tertentu saja seperti masyarakat sekitar yang berada di daerah objek wisata ini.
Sumber Gambar: Ejk-Erisonjkambari

Ada beberapa wahana yang akan dibuat di lokasi objek wisata ini contohnya seperti flying fox, rakit, dan beberapa tempat bermain outbound. Banyak wisatawan yang ingin masuk ke objek wisata ini, tetapi dikarenakan takutnya dapat mengganggu proses pembangunan maka wisatawan tidak diperbolehkan masuk.

Di hari lebaran kemarin (Juni, 2018) banyak wisatawan yang berencana masuk ke objek wisata ini setelah berkunjung dari objek wisata Taman Tirtasari, namun hal tersebut belum diperbolehkan. Padahal para wisatawan sudah melihat di beberapa jejaring sosial ada orang yang sudah berkunjung ke lokasi objek wisata.

Pembangunan objek wisata ini sudah rampung kira-kira 70%, tinggal kita menunggu kapan objek wisata ini akan dibuka. Lokasi objek wisata ini berada di daerah Desa Kalung Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

3. Tarusan Kamang


Siapa yang tidak kenal dengan Tarusan Kamang. Jika orang awam mendengar kata-kata Kamang pasti mereka langsung ingat yang namanya Tarusan kamang. Padahal Kamang itu terbagi atas 3 bagian yaitu Kecamatan Tilatang Kamang, Nagari Kamang Mudiak, dan Kecamatan Kamang Magek, ketiga-tiganya berbentuk kecamatan. Adapun Kamang hilia yang merupakan bagian dari Kamang Magek atau nagari yang ada di Kecamatan Kamang Magek.
Pemandangan yang indah merupakan salah satu keunggulan dari Tarusan Kamang. Ditambah lagi dengan keasrian hamparan rerumputan hijau yang terbentang dan di hiasi dengan Danau Tarusan Kamang.
Tarusan Kamang juga merupakan salah satu lokasi tempat pembuatan film terbenamnya kapal van der wick. Pengambilan lokasi ini tentu karena Tarusan Kamang memang memiliki view yang bagus dan indah dipandang mata.

Banyak muda mudi dan bahkan orang-orang yang bekeluarga membawa keluarganya berwisata ke Tarusan Kamang. Lokasi yang indah tentu akan menambah keromantisan dan menambah keceriaan.

Salah satu keunikan yang dimiliki Tarusan Kamang adalah ketika musim penghujan, air di danau Tarusan Kamang mengecil dan sebaliknya ketika musim panas airnya akan banyak.

4. Bukik Baka Kamang

Foto by: @fujiyanti_
Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indoesia yang memiliki banyak sekali objek wisata alannya. Disetiap Kota ataupun Kabupaten yang ada di provinsi ini setidaknya memiliki satu objek wisata yang populer.

Kabupaten Agam merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak sekali objek wisatanya, mulai dari wisata danau, sungai, wisata bahari dan wisata lainnya. Salah satu lokasi di Kabupaten agam yaitunya di daerah Kecamatan Kamang Magek, Nagari Kamang Ilia, jorong Guguak Rang Pisang.

Objek wisata Bukik Baka yang baru-baru ini dibuka sudah menarik perhatian para wisatawan. Hal ini tentu dikarenakan objek wisata alamnya yang alami dan disana terdapat dua kulam yang disebut dengan Luak Gadang (Sumur Besar).
Sumber Gambar: convesia
Pada waktu lebaran bulan Juni 2018 lalu banyak sekali para wisatawan berkunjung ke objek wisata ini. Sehingga hal tersebut membuktikan bahwa eksistensi dari objek wisata ini sangatlah baik.

Ada beberapa objek wisata yang berdekatan dengan objek wisata ini, diantaranya yaitu: Danau Bermuka Dua Tarusan KamangNgalau TarangNgalau KamangTaman Tirtasari dan objek wisata yang akan segera dibuka yaitunya Bantoroyo.

Adapun dua objek wisata yang dipantau oleh dinas kepariwisataan yang kunjungan dari wisatawan yang banyak adalah objek wisata Taman Tirtasari dan Bukik Baka.

5. Puncak Lawang Kabupaten Agam

Sumber Foto: wisatasumatera.com
Puncak Lawang merupakan salah satu dari sekian banyak wisata alam yang ada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Puncak Lawang sendiri terletak di dataran tinggi yang menghadap langsung ke Danau Maninjau.

Lokasi

Tempat wisata ini bertempatan di wilayah Kecamatan Matur, dimana wilayah Matur merupakan salah satu akses jalan menuju ke Danau Maninjau. Dan untuk mencapai lokasi kita harus melewati kelok 44 yang merupakan salah satu tempat yang juga terkenal di Kabupaten Agam.

Tentang Objek Wisata

Untuk akses jalan ke Puncak Lawang kita dapat menggunakan mobil ataupun sepeda motor.  Jika sobat ingin datang ke tempat wisata ini usahakanlah jangan diwaktu hari libur. Karena jika di hari libur nanti nya tempat wisata ini akan sangat ramai dikunjungi, sehingga sobat pasti akan menjumpai kemacetan.
Mungkin salah satu alasan kenapa tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi adalah karena keindahan alamnya. Selain itu di puncak lawang juga terdapat berbagai wahana outbond yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat wisata yang satu ini.
Sumber Gambar: raunsumatra
Suhu udara di puncak lawang bisa dikatakan sangat sejuk karena puncak lawang berada di ketinggian 1.210 MDPL. Selain itu puncak lawang merupakan salah satu spot yang dijadikan sebagai tempat kejuaraan paralayang kelas internasional.

Bahkan puncak lawang merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara dibidang kejuaraan paralayang.

Dahulunya tempat wisata ini juga merupakan salah satu tempat persinggahan bangsawan Belanda pada masa penjajahan. 

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai wisata alam Puncak Lawang yang terdapat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel