Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Belajar Coding Untuk Pemula

Kali ini saya tidak akan membahas materi tentang logika coding dahulu karena itu butuh kerja keras dan pengetahuan yang lebih tinggi. Yang akan saya bahas sekarang adalah tentang bagaimana cara kita dalam belajar coding terutama bagi para pemula yang tidak memiliki besic tentang koding. Mungkin bagi orang yang sudah terjun dalam dunia programmer, coding bukan lah hal yang menakutkan dan menyulitkan karena itu adalah makanan mereka sehari hari, tentu sangat berbeda sekali dengan pemula.

Walaupun penulis akui , penulis juga bukan orang yang master atau ekspert soal programming namun di sini penulis akan memberikan sedikit pembahasan dari pengalaman penulis sendiri dalam dunia per codingan. 


Cara Mudah Belajar Coding Untuk Pemula

Coding Untuk Pemula


Harus dari mana sih kita belajar mencoding atau belajar tentang bahasa pemrograman ???

1 . Pilih satu fokus dalam bahasa pemrograman yang ingin kuasai . Terserah mau bahasa pemrograman apa saja, bisa bahasa pemrograman dekstop seperti java , c++ , c , dan masih banyak yang lain atau bisa bahasa pemrograman web seperti php dan yang lainya . Tapi semua tergantung dimana nyaman nya aja sih.

2 . Selalu mencoba mengotak atik coding. Dengan kita mengotak atik coding kita akan tau dan akan terbisa dengan yang namanya coding, salah-salah sedikit ga masalah. Jika udah mentok bisa lah nanti baca-baca di buku spesial coding atau bisa juga melalui mbah google.

3 . Error merupakan hal yang wajar dalam belajar, jadi jangan mudah patah semangat. Setiap orang yang sedang belajar pasti sering mengalami yang namanya kegagalan, namun untuk mencapai keberhasilan dan bisa menjadi orang yang mahir coding harus memiliki tekat yang kuat. 

4 . Carilah tutorial dari buku ,entah itu melalui membeli buku atau meminjam buku terserah yang penting dari semuanya adalah harus ada usaha. Selain buku juga bisa mencari lewat internet sama mbah google juga lengkap tu tutorial-tutorialnya. Atau bisa juga melalui youtube, saran sih mending cari lewat youtube karena disana lebih gampang lah jika ingin belajar.

5 . Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mencoding dan terus intens. Ingat pepatah orang jawa bilang "Tresno jalaran soko kulino" yang artinya suka itu karena sudah terbisa . Jadi jika sudah terbiasa dengan coding maka lama kelamaan akan suka dengan aktifitas coding. Apa lagi jika kita menemukan error dan kita bisa mengatasi nya rasanya itu seperti kejatuhan durian runtuh dan wow banget. 

6 . Bergabunglah dengan forum-forum programming yang sudah ada seperti yang ada di beberapa medsos Facebook, Twitter dan mulailah sharing ilmu dengan yang lainnya .

Kemudian untuk belajar java berikan sedikit arah an harus mulai dari mana dulu . Kalo menurut penulis sendiri dalam belajar java enaknya mengikuti alur seperti ini . 

1 . Membaca dahulu tentang apa itu java dan apa saja yang di perlukan .
2 . Belajar tentang bagaimana cara membuat project , saya sarankan menggunakan IDE netbeans.
3 . Belajar tipe data dan operator.
4 . Belajar seleksi kondisi (IF - ELSE atau SWITCH CASE).
5 . Belajar looping atau perulangan (FOR , WHILE dan DO WHILE).
6 . Belajar Method (FUNGSI dan PROSEDUR).
7 . Belajar array satu dimensi dan juga dua dimensi atau matrik kemudian juga array banyak dimensi .

Mungkin kiranya itu sudah cukup untuk membuat rekan-rekan mengerti tentang bahasa pemrograman java. Pada dasarnya itu merupakan materi dasar dalam perkuliahan di sebut dengan algoritma . Jadi kita dituntut harus menguasai itu dulu untuk belajar java lebih lanjut karena masih banyak jika kita berbicara tentang java .


Nah sekian sedikit ilmu yang bisa saya berikan, terlebih terkurang mohon maaf

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.