Cara Budidaya Ikan Gurame

BUDIDAYA IKAN GURAME (Osphronemus gouramy) Gurame merupakan ikan yang memiliki pertumbuhan yang cendrung agak lambat namun memiliki ha...


BUDIDAYA IKAN GURAME
(Osphronemus gouramy)

Gurame merupakan ikan yang memiliki pertumbuhan yang cendrung agak lambat namun memiliki harga yang relatif meningkat setiap saat. Untuk ikan ini sendiri merupakan jenis ikan ini yang cocok di budidayakan di asal tempat karena tidak memerlukan air yang mengalir. Untuk memberi petunjuk bagi masyarakat yang berminat di bawah ini diuraikan tata cara budidayanya.

JENIS

Jenis ikan gurame yang dikenal masyarakat berdasarkan bentuknya ada 2
(dua) yaitu:
1)Gurame angsa (soang) : badan relatif panjang, sisik relatif lebar.  Ukuran
yang bisa dicapainya berat 8 kg, panjang 65 cm.
2)Gurame Jepang : badan relatif pendek dan sisik lebih kecil.  Ukuran yang
dicapai hanya 45 cm dengan berat kurang dari 4,5 kg.
Jika dilihat dari warnanya terdapat gurame hitam, putih dan belang.

MEMILIH INDUK

Induk yang dipakai sebaiknya mencapai umur 3 tahun.
Untuk membedakan induk jantan dan betina bisa dilihat dari ciri-ciri sebagai
berikut:

1)Induk betina

Ikan betina mempunyai dasar sirip dada yang gelap atau berwarna kehitaman, warna dagu ikan betina keputih-putihan atau sedikit coklat, jika diletakkan di lantai maka ikan betina tidak menunjukan reaksi apa-apa. Sebaiknya sudah berumur 3~7 tahun.

2)Induk jantan

Ikan jantan mempunyai dasar sirip berwarna terang atau keputih-putihan, mempunyai dagu yang berwarna kuning, lebih tebal daripada betina dan menjulur.  Induk jantan apabila diletakkan pada lantai atau tanah akan menunjukan reaksinya dengan cara mengangkat pangkal sirip ekornya ke
atas. Selain mengetahui perbedaan induk jantan dan betina, perlu juga diketahui demi keberhasilan pembenihan gurame ini.

Induk telah berumur 3~7 tahun.  Berbeda dengan induk ikan tambakan, induk ikan gurame ini semakin bertambah umurnya akan mengeluarkan telur semakin banyak, perut akan membulat dan relatif penjang dengan warna badan terang. Sisik-sisiknya usahakan tidak cacat/hilang dan masih dalam keadaan tersusun rapi.

Induk betina yang cukup umur dan matang kelamin ditandai dengan perutnya akan membesar ke belakang atau di dekat lubang dubur.  Pada lubang anus akan nampak putih kemerah-merahan.  Dan apabila kita coba untuk meraba perutnya akan teras lembek.

PEMISAHAN

Pemasukan air dilakukan pagi-pagi sekali, sehingga menjelang jam 10.00 kolam telah berisi air setengahnya.  Induk-induk yang telah lolos seleksi dimasukkan dalam kolam dengan hati-hati dan penuh kasih sayang.

Perbandingan jumlah antara induk jantan dan betina biasa 1 : 1 - 14.  Dengan harapan induk jantan paling sedikit bisa mengawini dua ekor induk betina dalam satu tarikan. Setelah dilepaskan dalam kolam pemijahan biasanya induk jantan tidak otomatis langsung membuat sarang, tetapi terlebih dahulu berjalan-jalan, berenang kesana-sini mengenal wilayahnya.  Setelah 15 hari sejak dilepaskan, induk jantan biasanya sudah langsung disibukkan oleh kegiatannya membuat sarang.

Garis tengah sarang biasanya kurang lebih 30 cm, yang biasanya dikerjakan oleh induk jantan ini selama seminggu (7 hari).  Setelah sarang selesai dibuat, induk jantan cepat-cepat mencari dan merayu induk betina untuk bersama- sama memijah disarang.  Induk betina ini akan menyemprotkan telur-telurnya kedalam sarang melalui lubang sarang yang kecil, kemudian jantan akan menyemprotkan spermanya, yang akhirnya terjadilah pembuahan didalam istana ijuk ini. 

Tidak seperti halnya ikan mas yang pemijahannya hanya beberapa jam saja, pemijahan ikan gurame ini biasanya berlangsung cukup lama.  Induk jantan bertugas menjaga sarang selama pemijahan berlangsung.

Setelah pemijahan selesai, biasanya giliran induk betina yang bertugas menjaga keturunannya, dengan terlebih dulu menutup lubang sarang dengan ijuk atau rumputan kering. Dengan nalurinya sebagai orang tua yang baik, biasanya induk betina ini menjaga anaknya dengan tak lupa mengipaskan siripnya terutama sirip ekor kearah sarang. 

Gerakan sirip induk betina ini akan meningkatkan kandungan oksigen terlarut dalam air.  Air dengan kandungan oksigen yang cukup akan membantu menetaskan telur-telur dalam sarang.  Sebab seperti diketahui, telurpun butuh oksigen dalam prosesnya menjadi benih ikan.  Sementara dengan kasih sayang induk betina menjaga keturunanya, induk jantan akan kembali menyusun sarang dan memikat induk betina yang lainnya untuk melanjutkan keturunannya.

Dari atas kolam kita bisa mengetahui induk-induk yang telah memijah tanpa turun ke kolam dengan melihat adanya bau amis, dan terlihat adanya lapisan minyak tepat di atas sarang pemijahan.

PENETASAN

Penetasan telur bisa dilakukan di paso, aquarium atau pun ember-ember plastik.  Cara memindahkan telur dari dalam sarang ke paso/aquarium dilakukan dengan hati-hati tidak terlalu kasar untuk menghindari agar telur tidak pecah.  Sarang bahan dari ijuk yang ada 5 cm dibawah permukaan air dan telah ditutup rapat, diangkat dengan cara dimasukkan kedalam ember yang berisi 3/4 bagian ember.

Sarang menghadap ke atas dan ditenggelamkan kemudian perlahan-lahan tutup sarang dibuka, maka telur-telur akan keluar dan mengambang dipermukaan air. Selanjutnya telur diangkat dengan mengunakan piring kecil untuk dipindahkan ke pasoaquarium atau ember bak yang telah diisi air bersih yan sudah diendapkan.  Penggantian air dilakukan secara rutin agar telur-telur menetas dengan sempurna dan telur yang tidak menetas segera dikeluarkan. Telur akan menetas dalam tempo 30 ~ 36 jam.

PENDEDERAN

Selama 5 hari benih-benih belum membutuhkan makanan tambahan, karena masih mengisap kuning telur (yolk sack).  Setelah lewat masa itu benih membutuhkan makanan yang harus disuplai dari luar.  Oleh karenya jika masih belum ditebarkan di kolam harus diberi makan infusoria.

Jika benih hendak ditebarkan di kolam, kolam harus dikeringkan dan dipupuk dengan pupuk kandang 1 kg/m2.  Setelah seminggu benih ditebarkan, yaitu ketika air kolam sudah berubah menjadi kehijau-hijauan.  Benih gurame umur 7 hari dapat dipasarkan kepada para pendedar dengan system jual sarang sehinga frekwensi pembenihan dapat ditingkatkan. Padat tebar pendederan 50 ~ 100 ekor/m2, sementara kolam yang digunakan
berkisar 50.250 m2
.

PENUTUP

Meskipun pemeliharaan gurame relatif membutuhkan waktu lama namun harga jual yang tinggi tetap akan memberi keuntungan. Nah anda tertarik untuk memelihara ikan gurame?

Jika anda ingin serius dalam berternak, fahamilah cara dan tips-tipsnya terlebih dahulu, selain itu juga dibutuhkan kemauan yang kuat. Jika anda ingin beternak tapi hati anda setengah-setengah, kegagalan lah yang akan menerpa.

COMMENTS

Nama

advertise,11,alternatif,1,android,4,anime,7,Anji,1,aplikasi,6,app,3,applikasi,3,Ari Lasso,1,Armada,2,armagedon,1,artikel,153,artis,10,Ayu Ting Ting,2,backlink,1,bandung,1,batu akik,1,batusangkar,2,bela diri,1,Betharia Sonata,14,bigbang,1,binatang,1,bisnis,18,blackpink,5,blogger,15,bola,3,Boomerang,1,boy sandy,1,buah,4,budaya,13,Bukittinggi,11,bunga,1,Bunga Citra Lestari,1,business,1,car,1,cara,6,chord,1,cinta,1,contest,1,craft,1,D'Masiv,3,D'Yamaha,1,dajjal,4,Derry Sulaiman,2,desa,2,Dewi Sandra,2,dharmasraya,1,Didi Kempot,15,diet,1,dzul-qarnain,2,ekonomi,1,elly kasim,1,Fakta,2,Fatin Shidqia,1,food,1,game,6,Geisha,1,GiGi,5,google adsense,2,handmade,1,Hari Kiamat,1,Harris J,3,health,1,hukum,2,imam mahdi,2,Inspirasi,4,internasional,25,Islam,14,Itje Trisnawati,5,Iwan Fals,1,jambi,2,Java Jive,10,jawa tengah,1,jepang,2,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,40,kabupaten pasaman,1,kabupaten tanah datar,1,Kadal Band,1,Kangen Band,1,kepemimpinan,2,kepulauan seribu,1,kesehatan,17,korea,56,kota baru,1,kpop,448,kuliner,11,lagu barat,36,lagu china,1,lagu indonesia,148,lagu jepang,35,lagu minang,28,lagu religi,12,Letter For Me,5,liburan,1,Lil O,1,lirik,771,Lirik Dan Kunci Gitar Lagu,150,lirk,2,lubuk alung,1,mahasiswa,1,makalah,1,makassar,1,manajemen,3,Marcell,8,masjid,3,medan,3,Merpati Band,1,minangkabau,29,mitos,1,muaro jambi,1,NDX AKA,7,news,2,Noah,2,Oasis,1,ost boruto,3,ost naruto,16,ost one punch man,1,ost shingeki no kyujin,1,padang,4,padang panjang,8,pariaman,1,Pas Band,11,payakumbuh,14,pemilu,2,pengertian,1,perang,2,pertanian,1,pesisir selatan,4,peternakan,2,Peterpan,9,php,1,PJR,5,programmer,1,Ratna Antika,1,religi,18,resep makanan,2,review,1,Riba,1,Rini Wulandari [IDOL],5,Rizky Febian,1,SACALACABOOMBOOM,1,Saffe Band,3,samsung,4,sawahlunto,1,science,39,Sejarah,17,seo,18,Sheryl Sheinafia,1,sijunjung,2,silat,1,Slank,11,smartphone,7,solok,3,solok selatan,1,sport,3,sragen,1,St12,2,Stand By Me,4,story,1,suku,2,sulawesi selatan,1,Sumatera Barat,103,sumatera utara,3,Superman Is Dead,3,teknologi,7,thailand,1,The Overtunes,1,Thomas Arya,1,Tiffany Kenanga,1,tips,22,tokoh,3,tourism,2,toursm,2,toyota,2,Tradisi,19,ukm,4,umar bin khattab,2,vide,1,video,625,Vikapikacu,2,vivo,1,Wali Band,3,website,23,wisata,117,xiaomi,1,yakjuj makjuj,8,Yoda,1,youtube,1,Zaskia Gotik,2,Ziana Zain,4,Zigaz,3,
ltr
item
Pituluik Media - Science and Informative: Cara Budidaya Ikan Gurame
Cara Budidaya Ikan Gurame
https://1.bp.blogspot.com/-isNpvc-bdT4/XS3PRfj5FKI/AAAAAAAAD70/sWEfGl6Gr_sJzNeVx0GH2Yi_fxMwhEKMwCLcBGAs/s320/Osphronemus_goramy_2008_G1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-isNpvc-bdT4/XS3PRfj5FKI/AAAAAAAAD70/sWEfGl6Gr_sJzNeVx0GH2Yi_fxMwhEKMwCLcBGAs/s72-c/Osphronemus_goramy_2008_G1.jpg
Pituluik Media - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2019/07/cara-budidaya-ikan-gurame.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2019/07/cara-budidaya-ikan-gurame.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy