Archive Pages Design$type=blogging$count=7

CODING - Sebuah Proses Penting Dalam Penelitian Kualitatif

CODING - Sebuah Proses Penting Dalam Penelitian Kualitatif









Dalam penelitian kualitatif. data coding atau pengodean data memegang peranan penting dalam proses analisis data, dan menentukan kualitas abstraksi data hasil penelitian. Salah seorang sosiolog bernama Anselm Strauss (1987: 27) pernah mengatakan demikian,
  • Apa yang sedang terjadi disini?
  • Apa asumsi-asumsi yang berada di balik peristiwa ini?
  • Apa yang ingin disampaikan oleh informan lewat pernyataan ini?
  • Secara esensial, apa sebenarnya yang sedang informan ini lakukan?
  • Apa maksud informan ini melakukan hal ini?
  • Apa makna dari peristiwa ini?
  • Perasaan apa yang tercermin lewat pernyataan informan ini?
x

“Any researcher who wishes to become proficient at doing qualitative analysis, must learn to code well and easily. The excellence of the research rests in large part on the excellence of the coding.”
Setiap peneliti yang berkeinginan untuk menjadi mahir dalam melakukan analisis kualitatif, harus belajar untuk mengodekan data dengan baik dan mudah. Keunggulan penelitian sebagian besar terletak pada keunggulan pengodean data.
Sayangnya, dalam berbagai literatur mengenai penelitian kualitatif di Indonesia, tidak banyak orang yang membicarakan tata cara atau tehnik-tehnik dalam melakukan pengodean, meskipun pengodean merupakan suatu tugas yang penting dan krusial dalam proses analisis. Dalam tulisan ini, penulis hendak membagi beberapa pengetahuan mengenai tata cara melakukan pengodean. Mungkin baik apabila penulis awali dulu dengan penjelasan mengenai apa itu kode dalam penelitian kualitatif.
Apa itu kode?
Cermatilah definisi kode yang dipaparkan oleh Saldana (2009: 3) berikut ini,
A code in qualitative inquiry is most often a word or short phrase that symbolically assigns a summative, salient, essence-capturing, and/or evocative attribute for a portion of language-based or visual data.”
Kode dalam penelitian kualitatif merupakan kata atau frasa pendek yang secara simbolis bersifat meringkas, menonjolkan pesan, menangkap esensi dari suatu porsi data, baik itu data berbasiskan bahasa atau data visual. Dengan bahasa yang lebih sederhana, kode adalah kata atau frasa pendek yang memuat esensi dari suatu segmen data.
Apa itu pengodean?
Andaikanlah anda sebagai seorang peneliti, sedang berhadapan dengan sebuah segmen data wawancara yang berbunyi demikian,
Setiap hari saya selalu sempatkan diri untuk pergi ke perpustakaan, mencari buku-buku dan jurnal-jurnal yang relevan dengan topik penelitian saya. Setelah itu saya dapatkan, saya pun membuat jadwal untuk membaca, dan kemudian mencatat apa yang saya pahami dari buku/jurnal tersebut dalam sebuah catatan khusus
Setelah anda membaca segmen data ini, pikirkanlah sebuah kata atau frasa singkat yang meringkas atau memuat esensi atau pesan dari segmen data itu. Anda dapat menggunakan frasa “mendalami topik penelitian”, atau “pendalaman topik” untuk mewakilkan esensi dari segmen data tersebut.  Pengodean adalah aktifitas memberi kode terhadap segmen-segmen data. Biasanya, dalam melakukan pengodean peneliti membagi tiga kolom kerja. Satu kolom untuk data mentah, satu kolom untuk kode awal, dan satu kolom lagi untuk kode akhir. Cermatilah contoh berikut,
Coding Column
Sumber: Saldana (2009: 17)
Kolom 1 memuat data mentah. Kolom 2 memuat kode-kode per kalimat dalam data mentah, sementara kolom 3 memuat kode dari segmen data itu secara keseluruhan.
Apa yang dikodekan?
Jawabannya bermacam-macam. Ketika peneliti melakukan analisis, yang dikodekan adalah makna pernyataan, perilaku, peristiwa, perasaan, tindakan dari informan, dan lain-lain tergantung apa yang terkandung dalam segmen data yang dihadapi. Ada sejumlah pertanyaan yang dapat peneliti ajukan ketika ia berhadapan dengan segmen-segmen data, yang sekiranya dapat membantu untuk melakukan pengodean sebagai berikut:
Pertanyaan-pertanyaan di atas hanyalah sebagian kecil pertanyaan yang dapat membantu peneliti dalam melakukan pengodean terhadap pernyataan, perilaku, perasaan, tindakan dari informan yang dijumpainya dalam segmen-segmen data.
Apa saja jenis pengodean dalam penelitian kualitatif?
Pengodean dalam penelitian kualitatif dapat diklasifikasikan berdasarkan tahapannya, dan berdasarkan segmen data yang dikodekan. Berdasarkan tahapan, Charmaz (2006) mengemukakan tiga jenis pengodean yaitu pengodean awal (initial coding), pengodean terfokus (focused coding) pengodean berporos (axial coding), dan pengodean selektif (selective coding). Berdasarkan segmen data yang dikodekan, Charmaz mengemukakan tiga jenis pengodean, yaitu pengodean kata-per-kata (word-by-word coding), pengodean baris-per-baris (line-by-line coding), dan pengodean insiden-per-insiden (incident-by-incident coding).
Pembahasan mengenai jenis-jenis pengodean dalam penelitian kualitatif, secara lebih komprehensif dipaparkan oleh Saldana (2009). Ia mengutarakan bahwa pengodean bukan merupakan suatu proses yang linear melainkan suatu proses yang siklikal, selalu berputar. Ia membagi proses pengodean ke dalam dua tahap yaitu, siklus pertama pengodean (first cycle coding), dan siklus kedua pengodean (second cycle coding).
Coding Cycle
Sumber: Saldana (2009: 46)
Setiap siklus memiliki metode dan tehnik-tehnik tertentu. Penjelasan mengenai setiap siklus pengodean menurut Saldana ini akan penulis paparkan dalam tulisan-tulisan selanjutnya.
Referensi:
Charmaz, Kathy., 2006, Constructing Grounded Theory, London: Sage Publications.
Saldana, Johnny., 2009, The Coding Manual for Qualitative Researchers, London: Sage Publications.
Strauss, Anselm L., 1987, Qualitative Analysis for Social Scientist, Cambridge: Cambrigde University Press

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.