Inilah Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal, Kenali Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat

Salah satu cara untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan melihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. Pengelolaan gejala yang muncul p...


Salah satu cara untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan melihat ciri-ciri yang muncul pada tahap awal. Pengelolaan gejala yang muncul pada tahap awal bisa mencegah terjadinya gagal ginjal.

Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyakit kronis yang telah melewati beberapa tahap tertentu. Pada tahap awal biasanya gagal ginjal dimulai dengan kurangnya fungsi ginjal.

Mungkin ginjal hanya berkurang fungsinya sekitar 20 persen saja. Namun karena tidak diperhatikan maka ginjal yang kurang berfungsi bisa menyebabkan kerusakan hingga mencapai 80 persen.

Kondisi inilah yang disebut dengan masalah gagal ginjal. Gagal ginjal berarti juga bahwa ginjal sudah tidak mampu bekerja untuk menyaring semua cairan atau racun di dalam tubuh. Bahkan kondisi gagal ginjal bisa sangat parah karena terjadi akumulasi pada sistem peredaran darah.

Berikut ini ciri-ciri gagal ginjal yang perlu diperhatikan :

1. Perubahan warna dan pola air kencíng

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring semua cairan dalam tubuh dan kemudian akan mengeluarkan lewat saluran kencíng. air kencíng adalah zat buangan yang berasal dari tubuh. Ketika ginjal mengalami masalah maka ada beberapa perubahan pola dan warna air kencíng, seperti berikut ini :

Urín yang keluar memiliki banyak gelembung atau busa kecil hingga berat.
Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan untuk buang air kecil terutama pada malam hari.
Urín yang keluar memiliki warna yang lebih pucat dan terlihat tidak sehat.
Anda tiba-tiba memiliki kebiasaan sering buang air kecil dan dalam volume yang kecil.
Ada darah yang ditemukan pada urín.
Anda merasa seperti tertekan ketika buang air kecil, biasanya seperti rasa ingin mengejang karena ada yang harus dikeluarkan secara paksa.


2. Tubuh sangat lelah

Ginjal memiliki sistem kerja yang memang sudah sangat teratur. Salah satunya adalah ginjal bisa membuat sebuah hormon yang disebut dengan nama eritropoietin. Ini adalah hormon yang bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah. Sel darah merah bekerja untuk metabolisme.

Ketika ginjal gagal dalam membuat hormon ini maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga anda akan merasa sangat lelah akibat tidak ada sel darah merah yang cukup untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah akan menyalurkan oksigen ke beberapa bagian termasuk otot dan otak. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal

3. Tubuh bengkak

Ciri awal gagal ginjal adalah tubuh yang akan mengalami pembengkakan. Kondisi bengkak bisa terjadi pada bagian pergelangan kaki, tangan, wajah dan betis. Kondisi ini disebabkan ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk dalam tubuh.

Bersamaan dengan ciri selalu ingin buang air kecil dan volume yang sangat sedikit, maka gejala ini bisa menjadi lebih parah. Gejala ini juga sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang turun meskipun terlihat lebih gemuk.

4. Bau mulut

Ketika ada banyak racun dan limbah dalam darah dan cairan dalam tubuh maka bisa menyebabkan anda mengalami bau mulut yang tidak sedap. Kondisi inilah yang kemudian akan membuat mulut memproduksi banyak amonia dalam mulut.

Biasanya gejala ini akan menjadi lebih buruk karena bau mulut menyebabkan lidah kehilangan kemampuan untuk mengecap rasa. Kemudian anda mulai tidak menyukai beberapa makanan favorit dan bahkan berat badan akan terus menurun karena nafsu makan yang buruk.

5. Gatal dan muncul ruam kulit

Ginjal memang memiliki fungsi untuk membuang semua racun dalam tubuh. Ketika ginjal memang sudah kehilangan fungsinya maka bisa menyebabkan penumpukan limbah berlebihan dalam darah. Kondisi ini kemudian akan menjadi lebih parah karena limbah atau racun yang menumpuk menyebabkan gatal di sekujur tubuh dan muncul ruam kemerahan.

Hal ini juga bisa disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan mineral yang membuat jaringan kulit mengalami reaksi. Bahkan rasa gatal bisa dirasakan merasuk hingga ke bagian tulang, kulit yang mudah pecah dan luka yang terus muncul. Gejala ini membuat kondisi tubuh akan semakin melemah yang berarti sudah terlalu banyak racun dalam darah.

6. Gangguan pencernaan (mual dan muntah)

Gangguan pencernaan seperti keinginan untuk mual dan muntah memang akan sering muncul. Gejala ini biasanya disertai dengan bau mulut yang sangat kuat. Gejala bau mulut yang cukup berat bisa menyebabkan mulut menjadi tidak nyaman.

Tubuh penderita akan lebih terasa lemah karena nafsu makan juga akan menurun drastis. Bahkan keinginan muntah bisa bertahan sepanjang waktu hingga sama sekali tidak bisa makan.

7. Meriang

Tubuh yang terasa meriang akan muncul sepanjang hari pada tahap gejala awal. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan oksigen akibat tubuh yang tidak bisa memproduksi Sel darah merah dalam jumlah yang cukup.
INTERESTING FOR YOUAdskeeper

Fantasy RPG For Men

Penghancur lemak yang ampuh!turun 30 kg hanya dalam 2 minggu
Bagi penderita anemia maka rasa meriang bisa menjadi sangat parah. Rasa meriang bahkan bisa menyebabkan tubuh menggigil sangat kuat, meskipun tubuh sebenarnya demam atau terasa panas di luar. Meriang ini bisa terjadi pada siapa saja yang memang sudah merasakan beberapa gejala awal gagal ginjal.

8. Sulit bernafas

Pada tahap awal maka penderita bisa mengalami kesulitan untuk bernafas. Hal ini bisa terjadi pada beberapa tahap mulai dari tahap awal hingga tahap yang lebih lanjut. Kegagalan tubuh untuk bisa bernafas dengan baik terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh akibat ginjal tidak bisa bekerja dengan baik telah masuk ke dalam rongga paru-paru.

Kondisi inilah yang menyebabkan organ pernafasan tidak bisa bernafas dengan baik. Sementara penyebab yang lain adalah karena tubuh kekurangan sel darah merah sehingga tidak banyak oksigen dalam darah yang membuat rasa sulit untuk bernafas dengan baik.

9. Punggung atas sakit

Biasanya gagal ginjal memang tidak menyebabkan rasa sakit pada tahap awal. Namun ketika fungsi ginjal sudah tidak sepenuhnya maka akan terasa sakit diarea ginjal. Biasanya kondisi ini memang tidak bisa langsung dirasakan.

Namun rasa sakit karena gagal ginjal sering terasa pada bagian punggung atas. Hal ini menandakan salah satu bagian ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Rasa sakit juga sering menyebabkan penderita tidak bisa menggerakkan badan tiba-tiba pada malam hari.

10. Sakit kepala berat

Sakit kepala ternyata bisa menjadi indikasi awal dari penyakit gagal ginjal. Sakit kepala awalnya memang tidak langsung akan terasa, namun jika terlalu sering terjadi maka bisa menjadi hal yang mengganggu aktifitas.

Penyebabnya adalah ketika tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dalam jumlah cukup akibat kekurangan sel darah merah. Bahkan otak juga tidak bisa memiliki kadar oksigen dalam jumlah yang cukup. Sakit kepala akan menjadi lebih berat jika memang penderita juga bermasalah dengan anemia.

11. Sulit konsentrasi

Banyak orang yang tidak menyadari ketika ada masalah konsentrasi dan ingatan maka itu adalah indikasi penyakit gagal ginjal. Hal ini bisa muncul ketika otak tidak mendapatkan jumlah oksigen yang cukup sehingga menyebabkan sel-sel syaraf dalam otak juga tidak bisa bekerja dengan baik. Gejala seperti tidak bisa mengingat aktifitas yang sudah dilakukan, kejadian tertentu dan tidak bisa bekerja dengan baik akan lebih sering muncul.

12. Sulit tidur

Biasanya penderita gagal ginjal pada tahap awal akan merasakan gejala sulit tidur. Ginjal sudah mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyaring cairan dengan benar, yang menyebabkan banyak racun dalam tubuh.

Tubuh akan merasa tidak nyaman karena tekanan cairan dalam tubuh dan membuat tubuh tidak bisa istirahat dengan benar. Pada penderita gagal ginjal yang mengalami obesitas dan komplikasi penyakit kronis maka gejala bisa lebih parah.

13. Busa dalam urín

Gejala lain yang harus diperhatikan adalah ketika banyak busa yang ditemukan dalam urín. Busa terlihat seperti gelembung yang akan langsung terlihat ketika urín keluar. Penyebabnya adalah ada banyak protein yang sudah menumpuk dalam urín. Beberapa jenis protein yang paling sering ditemukan adalah seperti albumin.

14. Kram otot

Penderita gagal ginjal juga bisa mengalami kram otot. Rasa kram otot bisa terjadi kapan saja namun paling sering pada malam hari. Biasanya hal ini disebabkan karena tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang berasal akibat terjadi gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini biasanya paling dipengaruhi ketika tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat kurang.

15. Nafsu makan menurun

Setelah tubuh mengalami beberapa gejala yang membuat tubuh tidak nyaman, maka tubuh juga akan terlihat lebih kurus. Hal ini disebabkan karena terjadi penurunan nafsu makan yang berlebihan.

Ginjal yang buruk untuk menyaring semua racun menyebabkan ada banyak racun dalam tubuh. Racun telah mempengaruhi proses metabolism dalam tubuh. Hal ini sering menyebabkan penderita gagal ginjal juga merasa sangat frustasi.

16. Sekitar mata bengkak

Pembengkakan yang terjadi di sekitar mata bisa menjadi pertanda gagal ginjal yang sangat serius. Kemampuan ginjal untuk menyaring semua racun dalam tubuh sudah sangat buruk sehingga terjadi penumpukan protein berlebihan dalam tubuh. Protein yang sudah bocor di dalam tubuh akan membuat bengkak di bagian mata. Kondisi ini harus segera mendapatkan perawatan dokter.

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Jika anda memiliki beberapa gangguan penyakit yang bisa menyebabkan potensi gagal ginjal, maka anda harus mengendalikan kesehatan anda. Beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal adalah seperti diabetes. Jadi anda harus mengendalikan jumlah kadar gula dalam darah, memiliki asupan makanan yang sehat dan melakukan latihan secara rutin.


  • Hilangkan kebiasaan merokok
  • Konsumsi makanan yang sehat agar tubuh juga tetap sehat
  • Hindari garam tinggi dalam masakan
  • Hindari kebiasaan minum alkohol
  • Lakukan kebiasaan baik seperti olahraga rutin

Bagi penderita penyakit gangguan ginjal sebaiknya memang melakukan pemeriksaan secara rutin. Langkah ini diperlukan untuk mengendalikan agar fungsi ginjal bisa dipantau secara terus menerus. Beberapa ciri-ciri gagal ginjal biasanya memang tidak disadari sepenuhnya.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak. Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

COMMENTS

Nama

advertise,9,alternatif,1,android,4,anime,7,aplikasi,5,app,1,applikasi,1,armagedon,1,artikel,138,artis,6,backlink,1,bandung,1,batu akik,1,batusangkar,2,bela diri,1,bigbang,1,binatang,1,bisnis,18,blackpink,1,blogger,14,bola,3,boy sandy,1,buah,3,budaya,13,Bukittinggi,11,bunga,1,cara,3,cinta,1,contest,1,craft,1,dajjal,4,desa,2,dharmasraya,1,diet,1,dzul-qarnain,2,ekonomi,1,elly kasim,1,Fakta,2,game,6,google adsense,2,handmade,1,Hari Kiamat,1,hukum,1,imam mahdi,2,Inspirasi,4,internasional,1,Islam,14,jambi,2,jawa tengah,1,jepang,2,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,40,kabupaten pasaman,1,kabupaten tanah datar,1,kepemimpinan,2,kepulauan seribu,1,kesehatan,16,korea,55,kota baru,1,kpop,367,kuliner,9,lagu barat,34,lagu china,1,lagu indonesia,147,lagu jepang,27,lagu minang,17,lagu religi,12,liburan,1,lirik,668,lirk,2,lubuk alung,1,mahasiswa,1,makassar,1,manajemen,2,masjid,3,medan,2,minangkabau,29,mitos,1,muaro jambi,1,news,2,ost boruto,3,ost naruto,16,ost one punch man,1,ost shingeki no kyujin,1,padang,4,padang panjang,8,pariaman,1,payakumbuh,13,pemilu,2,pengertian,1,perang,2,pertanian,1,pesisir selatan,4,religi,18,resep makanan,2,Riba,1,samsung,3,sawahlunto,1,science,17,Sejarah,17,seo,16,sijunjung,2,silat,1,smartphone,7,solok,3,solok selatan,1,sport,3,sragen,1,story,1,suku,2,sulawesi selatan,1,Sumatera Barat,102,sumatera utara,3,teknologi,6,thailand,1,tips,19,tokoh,3,toyota,2,Tradisi,18,ukm,4,umar bin khattab,2,vide,1,video,529,vivo,1,website,23,wisata,116,xiaomi,1,yakjuj makjuj,8,youtube,1,
ltr
item
Pituluik Media - Science and Informative: Inilah Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal, Kenali Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat
Inilah Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal, Kenali Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat
https://1.bp.blogspot.com/-Sht_-NK8lBw/XSGbTKzlldI/AAAAAAAAD6A/-JGS_J5nQ_8gwqX4i8aIMyKTnet5jZLvACLcBGAs/s320/pituluik-gejala-penyakit-ginjal.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Sht_-NK8lBw/XSGbTKzlldI/AAAAAAAAD6A/-JGS_J5nQ_8gwqX4i8aIMyKTnet5jZLvACLcBGAs/s72-c/pituluik-gejala-penyakit-ginjal.jpg
Pituluik Media - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2019/07/inilah-gejala-awal-penyakit-gagal.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2019/07/inilah-gejala-awal-penyakit-gagal.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy