Tari Indang (Dindin Badindin) Minangkabau

Tari Indang atau Dindin Badindin berasal dari Minang : Sejarah, Gerakan, Video, dan Penjelasannya  Tari indang atau biasa disebut tari ...

 Tari Indang atau Dindin Badindin berasal dari Minang : Sejarah, Gerakan, Video, dan Penjelasannya

Tari Indang atau Dindin Badindin berasal dari Minang : Sejarah, Gerakan, Video, dan Penjelasannya 

Tari indang atau biasa disebut tari dindin badindin adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari budaya masyarakat Minang, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Tarian ini sebenarnya merupakan sebuah permainan alat musik yang dilakukan secara bersama-sama dengan beberapa gerakan yang unik.

Nama indang sendiri berasal dari nama alat musik tepuk yang dimainkan ketika tarian ini berlangsung. Indang atau juga disebut Ripai, merupakan sebuah instrument yang dimainkan dengan cara ditepuk.

Wujudnya seperti rebana tapi berukuran lebih kecil. Tari indang sendiri, sampai dengan saat ini kerap mewakili Indonesia dalam pagelaran budaya internasional. Gerakan unik dan dinamis yang muncul dari para penarinya membuat tari indang banyak diminati masyarakat mancanegara.

Sebelum ingin mempelajari tarian asal ranah Minang ini, alangkah baiknya ketahuilah terlebih dahulu bagaimana informasi seputar sejarah, perkembangan, dan unsur-unsur yang membentuknya. Tari Indang sendiri menurut beberapa versi, tari indang sebetulnya merupakan buah akulturasi budaya Melayu dan budaya Islam di masa penyebaran agama Islam pada abad ke 13.

Dahulunya tarian ini diperkenalkan oleh salah seorang ulama Pariaman bernama Syekh Burhanudin sebagai salah satu media dakwah.

1. Tema dan Makna Filosofi 

Sebagai media dakwah dan hiburan, tari Indang mengandung beberapa elemen pendukung yang bernapaskan budaya Islam. Tarian ini kerap disuguhkan bersama iringan shalawat Nabi atau syair-syair yang mengajarkan nilai-nilai yang kental tentang islam.

Tak heran pada masa lalu tari Indang ini justru lebih sering ditampilkan di surau-surau atau mushola. Adapun hingga saat ini, ada beberapa nagari di ranah Minang masih kerap menyuguhkan tarian ini contohnya dalam upacara Tabuik, atau upacara peringatan wafatnya cucu Rosululloh setiap tanggal 10 Muharram.

2. Gerakan Tari Indang 

Secara sekilas, semua gerakan tari indang akan tampak sama seperti gerakan tari Saman asal Aceh. Namun, jika diperhatikan lebih seksama dan lebih menditel tari Indang cenderung lebih dinamis. Gerakan penarinya lebih santai namun tetap bagus dan unik, terlebih jika dikolaborasikan dengan musik pengiringnya yang khas nuansa Melayu.

Gerakan dari tari Indang Dindin Badindin diawali dengan pertemuan 2 kelompok penari yang kemudian menyusun diri berbanjar dari kiri ke kanan. Mereka duduk bersila dan memperagakan gerakan-gerakan simetris yang sangat membutuhkan kerja keras, kekompakan dan latihan yang cukup.

3. Iringan Tari 

Pada dasarnya Tari Indang Dindin Badindin diiringi oleh 2 ragam bunyi, yaitu bunyi yang berasal dari tabuhan alat musik tradisional khas Melayu seperti rebana dan gambus, serta bunyi yang berasal dari syair yang dinyayikan oleh seorang tukang dzikir.

Tukang dzikir sendiri adalah sebutan bagi seorang yang memandu tari melalui syair dan lagu yang dinyanyikannya. Pada perkembangannya, alat musik yang mengiringi tari Indang kini semakin beragam dan tentunya juga dibantu oleh kecanggihan teknologi di zaman modern sekarang ini.

Beberapa alat musik modern seperti akordeon, piano, dan beberapa alat musik tradisional lainnya juga kerap ditemukan. Selain itu, syair lagu yang sering dinyanyikan juga kini lebih sering hanya 1 jenis saja, yaitu lagu Dindin Badindin karya Tiar Ramon.

4. Setting Panggung 

Berbeda dengan tarian-tarian lainnya Tari Indang hanya boleh ditampilkan oleh penari pria saja. Hal ini sesuai dengan ajaran Islam yang tidak memperkenankan wanita mempertontonkan dirinya di khalayak umum.

Namun, dengan berjalannya waktu aturan ini kian lama semakin ditinggalkan. Buktinya beberapa pementasan tari indang kini sering ditemukan dengan semua penarinya terdiri dari perempuan. Jumlah penarinya sendiri beragam, tapi yang sering ditemukan tarian ini ditampilkan oleh penari yang berjumlah ganjil, seperti 7 orang penari, 9 orang, 11 orang, atau 13 orang dengan satu atau dua orang bertindak sebagai tukang dzikir. Para penari tari Indang oleh masyarakat minang disebut dengan istilah anak Indang.

5. Tata Rias dan Tata Busana 

Dalam perkara tata rias dan tata busana, tari indang tidak memiliki banyak aturan karena pada dasarnya yang memainkan peran dalam tarian ini adalah laki-laki. Yang jelas, khusus untuk para penarinya wajib mengenakan pakaian adat Melayu sebagai simbol dan identitas asal tarian tersebut. Sementara untuk tukang dzikir bebas mengenakan pakaian apapun asalkan sopan.

6. Properti Tari 

Pada awal masa kemunculannya, tari indang wajib dilengkapi dengan indang atau rebana kecil sebagai propertinya. Namun, kini properti tersebut sering ditinggalkan dan digantikan fungsinya oleh lantai panggung yang dapat menghasilkan suara ketika ditepuk.

Nah, itulah sedikit informasi yang dapat disampaikan seputar tari indang dindin badindin. Tertarik untuk mempelajarinya?

COMMENTS

Nama

advertise,11,alternatif,1,android,4,anime,7,Anji,1,aplikasi,6,app,3,applikasi,3,Ari Lasso,1,Armada,2,armagedon,1,artikel,153,artis,10,Ayu Ting Ting,2,backlink,1,bandung,1,batu akik,1,batusangkar,2,bela diri,1,Betharia Sonata,14,bigbang,1,binatang,1,bisnis,18,blackpink,5,blogger,15,bola,3,Boomerang,1,boy sandy,1,buah,4,budaya,13,Bukittinggi,11,bunga,1,Bunga Citra Lestari,1,business,1,car,1,cara,6,chord,1,cinta,1,contest,1,craft,1,D'Masiv,3,D'Yamaha,1,dajjal,4,Derry Sulaiman,2,desa,2,Dewi Sandra,2,dharmasraya,1,Didi Kempot,15,diet,1,dzul-qarnain,2,ekonomi,1,elly kasim,1,Fakta,2,Fatin Shidqia,1,food,1,game,6,Geisha,1,GiGi,5,google adsense,2,handmade,1,Hari Kiamat,1,Harris J,3,health,1,hukum,2,imam mahdi,2,Inspirasi,4,internasional,25,Islam,14,Itje Trisnawati,5,Iwan Fals,1,jambi,2,Java Jive,10,jawa tengah,1,jepang,2,kabupaten aagam,2,Kabupaten Agam,40,kabupaten pasaman,1,kabupaten tanah datar,1,Kadal Band,1,Kangen Band,1,kepemimpinan,2,kepulauan seribu,1,kesehatan,17,korea,56,kota baru,1,kpop,448,kuliner,11,lagu barat,36,lagu china,1,lagu indonesia,148,lagu jepang,35,lagu minang,28,lagu religi,12,Letter For Me,5,liburan,1,Lil O,1,lirik,771,Lirik Dan Kunci Gitar Lagu,150,lirk,2,lubuk alung,1,mahasiswa,1,makalah,1,makassar,1,manajemen,3,Marcell,8,masjid,3,medan,3,Merpati Band,1,minangkabau,29,mitos,1,muaro jambi,1,NDX AKA,7,news,2,Noah,2,Oasis,1,ost boruto,3,ost naruto,16,ost one punch man,1,ost shingeki no kyujin,1,padang,4,padang panjang,8,pariaman,1,Pas Band,11,payakumbuh,14,pemilu,2,pengertian,1,perang,2,pertanian,1,pesisir selatan,4,peternakan,2,Peterpan,9,php,1,PJR,5,programmer,1,Ratna Antika,1,religi,18,resep makanan,2,review,1,Riba,1,Rini Wulandari [IDOL],5,Rizky Febian,1,SACALACABOOMBOOM,1,Saffe Band,3,samsung,4,sawahlunto,1,science,39,Sejarah,17,seo,18,Sheryl Sheinafia,1,sijunjung,2,silat,1,Slank,11,smartphone,7,solok,3,solok selatan,1,sport,3,sragen,1,St12,2,Stand By Me,4,story,1,suku,2,sulawesi selatan,1,Sumatera Barat,103,sumatera utara,3,Superman Is Dead,3,teknologi,7,thailand,1,The Overtunes,1,Thomas Arya,1,Tiffany Kenanga,1,tips,22,tokoh,3,tourism,2,toursm,2,toyota,2,Tradisi,19,ukm,4,umar bin khattab,2,vide,1,video,625,Vikapikacu,2,vivo,1,Wali Band,3,website,23,wisata,117,xiaomi,1,yakjuj makjuj,8,Yoda,1,youtube,1,Zaskia Gotik,2,Ziana Zain,4,Zigaz,3,
ltr
item
Pituluik Media - Science and Informative: Tari Indang (Dindin Badindin) Minangkabau
Tari Indang (Dindin Badindin) Minangkabau
https://1.bp.blogspot.com/-IufpVC1WEts/XT7soiUPbsI/AAAAAAAAEEI/owTwm0UQg1cYL41WsbNeA_bmMl2Sqa8tQCLcBGAs/s320/Tari_Indang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-IufpVC1WEts/XT7soiUPbsI/AAAAAAAAEEI/owTwm0UQg1cYL41WsbNeA_bmMl2Sqa8tQCLcBGAs/s72-c/Tari_Indang.jpg
Pituluik Media - Science and Informative
https://www.pituluik.com/2019/07/tari-indang-dindin-badindin-minangkabau.html
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/
https://www.pituluik.com/2019/07/tari-indang-dindin-badindin-minangkabau.html
true
7441721533982957147
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy