Archive Pages Design$type=blogging$count=7

Bidang Ilmu yang Terkait dengan Studi Kelayakan Bisnis

Bidang Ilmu yang Terkait dengan Studi Kelayakan Bisnis

Keahlian dalam berbisnis di berbagai disiplin ilmu diperlukan untuk dapat melakukan studi kelayakan bisnis. Oleh karena itu, penyelesaian studi kelayakan bisnis yang kompleks sering kali melibatnya banyak ahli dari berbagai latar belakang ilmu yang berbeda untuk memperoleh kesimpulan yang lebih akurat. Beberapa bidang ilmu yang memiliki keterkaitan dengan penyusunan studi kelayakan bisnis adalah sebagai berikut:

Bidang Ilmu yang Terkait dengan Studi Kelayakan Bisnis

Gambar 1.4 Keterkaitan studi kelayakan bisnis dengan beberapa bidang ilmu

Keterangan:

a.Hukum bisnis

Pengetahuan tentang hukum bisnis memiliki peranan yang sangat penting untuk melakukan analisis kelayakan aspek bisnis. Hukum bisnis membahas ketentuan-ketentuan hukum dalam menjalankan bisnis, termasuk di dalamnya kontrak perjanjian yang berkaitan dengan bisnis.

b.Sosiologi dan lingkungan

Pengetahuan tentang sosiologi memiliki peranan yang sangat penting untuk melakukan analisis kelayakan aspek sosial. Sosiologi mempelajari perilaku seseorang perilaku seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, sedangkan ilmu lingkungan penting peranannya untuk melakukan analisk kelayakan dampak bisnis terhadap lingkungan fisik.

c.Manajemen pemasaran

Pengetahuan tentang manajemen pemasaran diperlukan untuk melakukan analisis pada aspek pemasaran. Manajemen pemasaran membahas perhitungan potensi pasar, penentuan harga, pemilihan saluran distribusi, pemilihan sarana promosi, penentuan produk, dan analisis persaingan.

d.Manajemen operasional dan operasionla research

Pengetahuan tentang manajemen operasional dan operational research memiliki peranan yang sangat penting untuk melakukan analisis kelayakan aspek teknis. Manajemen operasional dan operational research membahas jalur kritis penyelesaian proyek, penentuail pemilihan lokasi, pengaturan persediaan, dan penentuan pola produksi.

e.Manajemen sumber daya manusia

Pengetahuan manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk melakukan analisis kondisi sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia membahas perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, seleksi, pengembangan, dan pemberhentian karyawan.

f.Manajemen keuangan dan akuntansi

Pengetahuan tentang manajemen keuangan dan akuntansi diperlukan untuk melakukan analisis pada aspek keuangan. Manajemen keuangan membahas bagaimana mendapatkan sumber dana yang murah dan. menggunakannya secara efisien, sedangkan akuntansi membahas tentang pelaporan keuangan perusahaan. Metodologi penelitian, statistika, dan komputer Pengetahuan tentang metodologi penelitian, statistika, dan komputer diperlukan unttik menunjang proses penelitian pada semua aspek studi kelayakan bisnis. Pengetahuan tentang metodologi. penelitian memberikan pemahaman untuk melakukan proses penelitian secara baik dan benar. Pengetahuan statistika memiliki peranan dalam melakukan analisis data, sedangkan pengetahuan komputer sangat penting dalam membantu analisis data dan penyusunan laporan.

g.Metodologi penelitian, statistika, dan komputer

Pengetahuan tentang metodologi penelitian, statistika, dan computer diperlukan untuk menunjang proses penelitian pada semua aspek studi kelayakan bisnis. Pengetahuan tentang metodologi penelitian memberikan pemahaman untuk melakukan proses penelitian secara baik dan benar. Pengetahuan statistika memiliki peranan dalam melakukan analisis data sedangkan pengetahuan computer sangat penting dalam membantu analisis data dan penyusunan laporan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.