Archive Pages Design$type=blogging$count=7

10 Manfaat Sehat Buah Apel untuk Tubuh

Manfaat buah apel termasuk mengatasi anemia, memberi vitalitas, mengatasi masalah pencernaan, diabetes, penyakit jantung, masalah pernafasan, penyakit Alzheimer’s dan Parkinson, hingga mencegah kanker.
Manfaat kesehatan dari buah apel termasuk mengatasi anemia, memberi vitalitas, mengatasi masalah pencernaan, perawatan gigi, baik untuk penderita diabetes, mengatasi gangguan penglihatan, mengatasi penyakit jantung, mengatasi masalah pernafasan, membantu mengobati penyakit Alzheimer’s dan penyakit Parkinson, mencegah berbagai jenis penyakit kanker.


Inilah 10 Khasiat dan Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh:

1. Apel mengatasi anemia

Apel bermanfaat untuk mengatasi anemia karena apel mengandung banyak zat besi. Anemia adalah kondisi di mana darah kekurangan hemoglobin (sel darah merah). Anemia bisa diatasi dengan menambah asupan zat besi. Kadar sel darah merah yang normal penting agar sistem organ dalam tubuh berfungsi dengan baik.

2. Apel memberi energi dan vitalitas
Kombinasi dari antioksidan dan protein dalam apel menghasilkan energi untuk tubuh, mengatasi kelelahan dan tubuh lemah, serta membantu pembentukan otot tubuh. Menambah apel dalam menu makan sehari-hari juga bisa menambah berat badan untuk mereka yang terlalu kurus. Karena manfaat apel ini, apel sering dijadikan buah tangan untuk mereka yang sedang sakit atau yang sedang dalam masa penyembuhan.

3. Apel mengatasi masalah pencernaan

Apel kaya akan serat yang penting untuk proses pencernaan. Makan apel secara rutin bisa memperlancar gerakan usus, mengatasi konstipasi, dan mengatasi gangguan perut. Serat dalam apel bisa menstimulasi gerakan peristaltik agar otot berkontraksi dengan baik sehingga makanan bisa dicerna dengan baik. Apel juga bagus untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan, mengeluarkan bakteri buruk dan racun dari tubuh.

4. Apel merawat gigi

Mengunyah apel bisa membersihkan gigi dan gusi, mengurangi masalah gigi berlubang. Saat mulut mengunyah apel, serat apel membersihkan gigi dan zat antibakteri dari apel mencegah bakteri menginfeksi tubuh. Mengunyah apel juga mendorong sekresi ludah yang merupakan senyawa alkalinik, yang bisa mencegah bakteri berkembang dalam mulut.

5. Apel baik untuk penderita diabetes

Polyphenol dalam buah apel mampu mengurangi penyerapan karbohidrat oleh tubuh, sehingga gula darah tetap stabil. Polyphenol juga mengurangi penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan, dan mendorong pelepasan insulin dari pankreas. Pelepasan insulin dari pankreas dibutuhkan untuk mengeluarkan gula dari aliran darah agar metabolisme dan organ tubuh bekerja dengan baik.
Dengan kata lain, apel adalah buah penting untuk penderita diabetes.

6. Apel mengatasi gangguan penglihatan

Apel dipercaya mampu meningkatkan daya penglihatan dan membuat mata lebih kuat. Apel juga bisa membantu mengobati rabun senja. Hal ini karena apel mengandung banyak flavonoid dan antioksidan phytonutrient yang bisa mengurangi efek buruk radikal bebas pada mata. Buah apel juga bisa mencegah katarak dan glaukoma akibat degenerasi makular.

7.Apel mengatasi penyakit jantung

Apel mampu mengatasi penyakit kardiovaskular karena apel mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Antioksidan dalam apel mengurangi oksidasi lemak dan menetralkan triglycerides.

Apel juga mengandung quercetin yang merupakan flavonoid kuat yang bisa mengurangi inflamasi dalam pembuluh darah dengan cara mengurangi jumlah C-reactive protein (CRP).  CRP adalah jenis protein yang menyebabkan radang pada sistem kardiovaskular, sehingga mengurangi CRP bisa meningkatkan kesehatan jantung.

8. Apel mengatasi masalah pernafasan

Apel adalah obat alami bagi asma. Cara apel mengobati asma memang belum diketahui dengan jelas, bisa jadi karena banyaknya kandungan nutrisi dalam apel. Tapi, banyak penderita asma yang mengaku bahwa makan apel setiap hari secara teratur bisa meredakan gejala asma mereka.

9. Apel membantu mengobati Alzheimer’s dan Parkinson

Apel menunjukkan pengaruh baik pada masalah neurological, terutama untuk mengurangi penyakit Alzheimer dan Parkinson. Hal ini karena antioksidan dari apel mengatasi radikal bebas penyebab penyakit Alzheimer. Apel juga menghentikan kerusakan bertahap sel-sel saraf penghasil dopamin, yang merupakan penyebab penyakit Parkinson.

10. Apel mencegah kanker

Apel memiliki kapasitas besar dalam mengurangi resiko kanker paru-paru dan memperlambat perkembangan sel-sel kanker paru-paru. Beberapa ahli mengatakan bahwa kaempferol dan quercetin dalam apel adalah phytonutrient yang mampu mencegah kanker, tapi bukti dari pernyataan ini masih belum jelas.


Manfaat lain dari buah apel adalah baik untuk perawatan kulit, mengobati disentri, dan membantu mengatasi rematik. Apel mengandung banyak flavonoid yang membantu proses penyembuhan rematik, meredakan arthritis dan rheumatoid.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.