20 Ide Ciptakan Negeri Dongeng dalam Tople

Menciptakan diorama negeri dongeng dalam toples bisa dibuat dengan mudah. Hanya perlu siapkan toples kaca, beberapa jenis figur atau mainan, dan bubuk sterofoam sebagai saljunya.

Itu adalah bahan dasar untuk menciptakan negeri dongeng dalam toples. Kalau mau membuat diorama yang berbeda, silahkan saja, yang penting adalah kreatifitas.


P.S.: Diorama adalah model atau miniatur yang menggambarkan pemandangan atau adegan dalam tiga dimensi. Berbeda dengan maket, karena istilah maket lebih umum digunakan untuk miniatur bangunan dan rumah dalam rancangan arsitektur atau tata ruang.

20 Ide Menciptakan Diorama Negeri Dongeng dalam Toples

1. Seperti lampu di negeri Narnia
Ingat saat Lucy Pevensie bertemu dengan Mr. Tumnus untuk pertama kali? Mereka bertemu di dekat lampu seperti ini.
1. Seperti lampu di negeri Narnia
Miniatures in Jar. Foto: Salt Tree

2. Kota kecil di musim salju
Suasana di kota kecil yang digambarkan melalui dekorasi pada toples. Ini mengingatkan saya pada kota kecil di New York pada musim dingin abad 20. Gambaran yang saya tonton dari film kartun klasik.
2. Kota kecil di musim salju. Suasana di kota kecil yang digambarkan melalui dekorasi pada toples. Ini mengingatkanku pada kota kecil di New York pada musim dingin abad 20. Gambaran yang kutonton dari film kartun klasik.
Snow Town Candle. Foto: Shabby Art Boutique

3. Biarkan turun salju
Kreasi negeri dongeng yang ini menggunakan apothecary jars atau toples hias. Lebih besar berarti lebih banyak cerita yang bisa diciptakan.
3. Biarkan turun salju. Kreasi negeri dongeng yang ini menggunakan apothecary jars atau toples hias. Lebih besar berarti lebih banyak cerita yang bisa diciptakan.
Let it Snow. Foto: Pink Pistachio

4. Diorama miniatur Tauntaun di planet Hoth
Diorama yang menggambarkan Luke sedang menunggang tauntaun di planet Hoth yang tertutup es. Tauntaun adalah hewan fiksi yang muncul di film Star Wars. Semacam kuda di planet asing. Penggemar Star Wars pasti sudah tahu.
4. Diorama miniatur Tauntaun di planet Hoth
Miniature Hoth Diorama (Tauntaun in a jar!). Foto: Geek with Curves
5. “When You Wish Upon a Star” Snow Globe
Snow globe yang menggambarkan Cinderella’s Castle in Walt Disney World (Kastil Cinderella di Negeri Walt Disney). Snow Globe ini diberi nama “When You Wish Upon a Star” Snow Globe.
Snow globe yang menggambarkan Cinderella’s Castle in Walt Disney World (Kastil Cinderella di Negeri Walt Disney). Snow Globe ini diberi nama “When You Wish Upon a Star” Snow Globe.
“When You Wish Upon a Star” Snow Globe. Foto: Sippy Cup Mom

6. Snow globe tanpa air
Snow globe yang mengingatkan saya pada negeri dongeng dari Timur Tengah, Negeri 1001 Malam, Baghdad, dan Aladin yang menemukan lampu ajaib di padang pasir. Tidak ada air dalam snow globe ini, sehingga dikasih nama No Water Show Globes.
6. Snow globe tanpa air. Snow globe yang mengingatkan saya pada negeri dongeng dari Timur Tengah, Negeri 1001 Malam, Baghdad, dan Aladin yang menemukan lampu ajaib di padang pasir. Tidak ada air dalam snow globe ini, sehingga dikasih nama No Water Show Globes.
No Water Snow Globes Foto: Sassy Mama in LA

7. Felted Fairy Tale
Buat miniatur bukit, rumah, dan pohon, lengkap dengan bunga-bunganya di atas tutup toples. Bahan yang digunakan adalah kain felt, benang wool, dan lem. Pajang dalam keadaan tertutup toples kaca supaya tidak mudah kotor.
Felted Fairy Tale.  Buat miniatur bukit, rumah, dan pohon, lengkap dengan bunga-bunganya di atas tutup toples. Bahan yang digunakan adalah kain felt, benang wool, dan lem. Pajang dalam keadaan tertutup toples kaca supaya tidak mudah kotor.
Felted Fairy Tale. Foto: pearlandthewhale

8. Diorama tardis di musim dingin
Tardis adalah mesin waktu yang muncul dalam karya fiksi Doctor Who. Penampilan luar tardis adalah booth telepon umum polisi (telepon umum khusus untuk menghubungi polisi). Tapi di dalam, tardis bisa membawa ke berbagai zaman yang kamu mau.
Hmm.. mau dong mesin waktu...
8. Diorama tardis di musim dingin. Tardis adalah mesin waktu yang muncul dalam karya fiksi Doctor Who.
TARDIS in The Snow. Foto: Geek with Curves

9. Bangku taman dalam snow globe
Gambaran musim dingin yang sepi di taman bisa didapat dari diorama snow globe yang sederhana ini.
9. Bangku taman dalam snow globe
Bench Snow Globe. Foto: A Lions Nest

10. Naga di negeri hobbit
Naga di negeri hobbit
Lanterna Smaug (o Hobbit). Foto: OMG, A BOY! 

11. Mawar Pangeran Cilik
Tahu mawar yang dimiliki Pangeran Cilik? Ini adalah diorama dari bunga mawar yang sangat dicintai Pangeran Cilik.
Bagi yang belum tahu, Pangeran Cilik adalah tokoh utama dari novel fabel klasik karangan orang Perancis bernama Antoine de Saint-Exupéry tahun 1943. Judul aslinya adalah Le Petit Prince, sudah diterjemahkan ke 200+ bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Pengamat sastra menyebut kisah Le Petit Prince sebagai dongeng.
Mawar Pangeran Cilik
Little Prince Rose Glass Dome. Foto: Wholesale Craft at fsbiochem.com

12-14. Lentera kunang-kunang
Karena sekarang ini, kunang-kunang sudah menjadi bagian dari negeri dongeng. Sudah sulit menemukan kunang-kunang, bahkan di pedesaan sekalipun.
Kunang-kunang biasa muncul malam hari di musim panas, di daerah yang masih natural, banyak pohon, rumput, dan dekat perairan (sungai atau danau). Kalau ada yang bisa menemukannya di suatu daerah, berarti daerah itu masih natural.
Lentera kunang-kunang
Firefly mason jar lights. Foto:  Mad in Crafts
Kunang-kunang biasa muncul malam hari di musim panas, di daerah yang masih natural, banyak pohon, rumput, dan dekat perairan (sungai atau danau). Kalau ada yang bisa menemukannya di suatu daerah, berarti daerah itu masih natural.
Making a Firefly Lantern. Foto: bethebestnanny.com
Catching fireflies. Foto: favim.fr
Catching fireflies. Foto: favim.fr

15-20. Dunia peri dalam toples
Toples yang dihias dengan objek yang sering disebutkan muncul di dunia peri.
Saya tidak percaya pada peri juga bukan penggemar dongeng peri, tapi toples hias ini terlihat cantik.
Dunia peri dalam toples
Fairy Catcher. Foto: Cut Out and Keep
Glass Cloche Filled with Butterflies, fairy lights and golden branches. Foto: Magical Daydream
Glass Cloche Filled with Butterflies, fairy lights and golden branches. Foto: Magical Daydream
Foto: Hobby Lobby
Foto: Butterfly Jar Tutorial
Birds in the bank.
Birds in the bank. Foto: vekoria.blogspot.com
Foto: Un Coeur en Provence

*) Layangkan kursor ke foto masing-masing foto untuk simpan (pin) foto ke Pinterest.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)