Archive Pages Design$type=blogging$count=7

24 Manfaat Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) punya banyak sekali manfaat. VCO bisa diminum langsung, bisa dicampur dengan makanan, bisa juga jadi obat luar dengan cara dioleskan pada kulit dan rambut.
Minyak kelapa murni atau dikenal dengan nama virgin coconut oil (VCO) punya banyak sekali manfaat dan kegunaan. VCO bisa diminum langsung, bisa dicampur dengan makanan, bisa juga jadi obat luar dengan cara dioleskan pada kulit dan rambut.


Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa Murni (VCO) untuk Kecantikan dan Perawatan Tubuh

1. Mengatasi eczema dan psoriasis

Sifat minyak kelapa murni yang melembapkan, ditambah dengan kandungan antibakteri dan antijamur pada minyak kelapa murni bisa mengatasi kulit kering, gatal, iritasi dan infeksi yang merupakan gejala eczema dan psoriasis.

2. Exfoliate kaki

Gunakan minyak kelapa untuk membersihkan sel kulit mati pada kaki, sekaligus untuk melembapkan kaki yang kering. Campur minyak kelapa dengan sedikit garam, gosokkan secara perlahan pada bagian kulit kaki yang mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih. Minyak kelapa juga adalah lotion alami yang akan merawat dan melembapkan kulit secara alami.

3. Masker rambut

Aplikasikan minyak kelapa secara merata pada rambut, tutup dengan shower cap atau handuk, diamkan selama ±15menit. Kemudian bersihkan dengan shampoo.

4. Mengatasi ketombe

Ketombe sebenarnya adalah sel-sel kulit mati dan kering pada kepala. Terus-menerus berketombe bisa membuat kulit kepala berjamur. Untuk mengatasinya, gunakan minyak kelapa sebagai masker secara menyeluruh pada bagian kepala dan rambut  sebanyak 2-3 kali per minggu. Kulit kepala yang bersih dan lembap bisa terhindar dari ketombe dan jamur.

5. Memperbaiki rambut rusak

Menurut penelitian tahun 2003 yang dipublikasikan di Journal of Cosmetic Science menunjukkan bahwa minyak kelapa mampu masuk ke dalam helaian rambut karena strukturnya asam lemaknya yang unik. Menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut bisa mengatasi rambut rusak akibat proses pewarnaan atau pemanasan.

6. Mengatasi selulit

Oleskan minyak kelapa murni secara teratur pada bagian selulit, akan membuat kulit lebih lembut dan selulit  pun hilang perlahan.

7. Krim cukur alami

Gunakan minyak kelapa sebagai krim cukur, bersihkan, kemudian oleskan minyak kelapa lagi untuk melembapkan bagian kulit yang dicukur. Minyak kelapa bisa meredakan iritasi pada kulit akibat mencukur.

8. Sebagai sunscreen

Minyak kelapa murni mengandung 4-6 SPF alami. Memang tidak cukup untuk dijadikan pengganti sunscreen, tapi mencampur sunscreen dengan minyak kelapa murni bisa menghidrasi kulit, mencegah kulit kering, sekaligus melindungi kulit dari terbakar atau gatal akibat paparan sinar matahari.

9. Sebagai eye makeup remover

Kulit sekitar mata adalah bagian yang sangat sensitif, mudah kering dan mengeriput. Minyak kelapa murni bisa membersihkan makeup mata dengan baik, termasuk waterproof maskara sekalipun. Oleskan bola kapas pada minyak kelapa murni, kemudian usapkan secara lembut pada kulit sekitar mata. Lakukan sampai area mata benar-benar bersih dari makeup, kemudian bilas dengan air seperti biasa.

10. Facial cleanser dan make-up remover alami

Dengan cara yang sama seperti membersihkan kulit sekitar mata, minyak kelapa murni bisa membersihkan kulit wajah secara menyeluruh sekaligus melembapkannya.

11. Sebagai lip balm alami

Minyak kelapa murni bisa menghidrasi bibir kering dan menjaga kelembapannya.

12. Mengatasi jerawat

Seperti yang sudah disebutkan, minyak kelapa bisa membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. Selain itu, kandungan antibakteri dan antijamur-nya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, menyembuhkan kulit dari iritasi, dan menghilangkan bekas luka jerawat.

13. Membersihkan kotoran telinga

Hangatkan minyak kelapa beberapa detik sampai mencair. Miringkan kepala, lalu teteskan minyak kelapa cair ke dalam lubang telinga, biarkan sekitar 10 menit. Tegakkan kembali kepala untuk membersihkan lubang telinga dengan cotton bud atau korek kuping, kemudian bilas dengan air hangat untuk mengeluarkan sisa minyak dari lubang telinga. Terakhir, lap telinga dengan handuk.

14. Body oil alami

Minyak kelapa memiliki tekstur yang creamy dan ringan cocok digunakan sebagai pengganti body lotion. Jika perlu, tambahkan beberapa tetes minyak peppermint atau minyak lavender. Usapkan sedikit minyak kelapa pada seluruh tubuh setelah mandi. Selain melembapkan, aroma tropis dari minyak kelapa bisa memberi efek menenangkan.

15. Penyegar nafas

Kandungan antibakteri dan antijamur pada minyak kelapa murni bisa membersihkan mulut dengan baik. Gunakan satu sendok minyak kelapa murni untuk berkumur selama 10-20 menit bisa membersihkan mulut dari kuman, dan membuat gigi lebih putih, gusi sehat, serta membuat nafas lebih segar.

16. Healing bath

Jika kulit mengalami gatal akibat ruam, terbakar matahari, atau kekeringan, gunakan minyak kelapa murni untuk berendam. Tambahkan ¼ gelas minyak kelapa pada air hangat, lalu gunakan untuk berendam. Jika perlu, tambahkan juga ¼ gelas garam dan beberapa tetes minyak esensial sebagai aromaterapi. Berendam dalam air hangat dengan campuran minyak kelapa ini bisa membuat tubuh rileks, membersihkan sekaligus melembapkan kulit. Pastikan airnya selalu hangat agar minyak kelapa tidak menggumpal, lalu bersihkan bak dengan baik setelahnya supaya tidak licin.


Khasiat dan Manfaat Minyak Kelapa Murni (VCO) untuk Kesehatan Tubuh

17. Penambah energi alami

Medium chain triglycerides dalam minyak kelapa murni bisa memberi tambahan energi pada tubuh yang lelah setelah latihan berat. Minum setidaknya 1 sendok makan kelapa murni untuk mendapatkan manfaatya. Baik diminum langsung, atau tambahkan pada smoothie, jus, kopi, bahkan susu.

18. Membantu menurunkan berat badan

Berbeda dengan minyak yang lain, minyak kelapa tidak mengalami proses oksidasi saat dipanaskan, karena terbuat dari lemak saturated sehat yang tetap stabil meski berada pada temperatur tinggi. Selain itu, mengkonsumsi minyak kelapa bisa melancarkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

19. Mengobati luka

Kandungan antibakteri dan antijamur dalam minyak kelapa membuat minyak kelapa ideal mengobati luka kecil akibat sayatan atau goresan. Jangan gunakan minyak kelapa pada luka besar dan parah, bagaimana pun juga, minyak kelapa hanya pertolongan pertama untuk untuk kecil.

20. Mengatasi infeksi jamur

Asam lemak dalam minyak kelapa murni sangat efektif membunuh jamur. Asam lemak dari kelapa bisa masuk ke dalam membran jamur, kemudian menghancurkan jamur dari dalam. Untuk mengatasi infeksi jamur, oleskan minyak kelapa murni secara merata dan teratur pada bagian kulit yang terinfeksi sampai gejala infeksinya bersih.

21. Merawat hidung kering

Cuaca ekstrim, kurang minum, flu, pilek, terlalu sering menyentuh hidung bisa membuat area hidung kemerahan. Oleskan sedikit minyak kelapa pada area hidung, kemudian usap dengan kapas atau tissue lembut untuk membersihkan hidung dari kotoran dan sel kulit yang mengering. Olesan minyak kelapa ini sekaligus melembapkan area hidung yang kering dan kemerahan.

22. Baik untuk wanita hamil

Minyak kelapa murni dipercaya baik untuk wanita hamil, karena minum minyak kelapa murni secara rutin selama masa kehamilan bisa mempermudah proses kelahiran, serta membuat kulit bayi dalam kandungan jadi lebih bersih dan putih. Minyak kelapa murni juga dipercaya bisa memperbanyak asi pada ibu menyusui.

23. Sebagai minyak pijat

Gunakan minyak kelapa untuk memijat. Lembut, lembap, dan membersihkan.

24. Membasmi kutu rambut

Mulai dengan mengusapkan apple cider vinegar (cuka apel) pada kulit kepala. Setelah cuka apel mengering, usapkan minyak kelapa ke seluruh kulit kepala, biarkan semalaman (12-24 jam). Sisir rambut dengan lembut untuk membuang kutu rambut, kemudian bersihkan dengan shampoo.


Tips memilih dan menyimpan minyak kelapa murni (VCO):

Pastikan untuk memilih minyak kelapa murni yang asli untuk mendapatkan manfaat terbaik.
Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) yang asli berwarna jernih seperti air, dan berwarna putih bersih saat menggumpal. Perubahan tekstur minyak kelapa akibat suhu ruangan adalah hal normal dan tidak merusak minyak kelapa. Bahkan minyak kelapa murni tidak mengalami proses oksidasi saat dimasak sekalipun.

Tapi, menyimpan minyak kelapa dalam wadah tertutup di ruangan panas terlalu lama bisa membuatnya menguap, dan air uap yang bercampur dengan minyak kelapa inilah yang bisa membuat minyak kelapa cepat rusak bahkan berjamur. Karena itu, jauhkan minyak kelapa dari sinar matahari, dan simpan di tempat yang sejuk.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.