4 Cara Alami Meningkatkan Hormon Pertumbuhan (Growth Hormone) dalam Tubuh

Sesuai namanya, fungsi hormon pertumbuhan (growth hormone) adalah untuk membuat tubuh manusia tumbuh dan berkembang dengan baik. Memiliki hormon pertumbuhan dalam kadar tinggi merupakan kunci untuk memiliki kesehatan tubuh, kesehatan pikiran, dan kesehatan jiwa.

Hormon pertumbuhan juga bisa membuat tubuh awet muda. Karena organ tubuh, termasuk kulit, terjaga kesehatannya dan terus berregenerasi.

Kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh manusia mencapai puncaknya saat manusia berada di usia kanak-kanak hingga masa pubertas. Setelah melewati masa pubertas, kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh menurun.

Kadar hormon pertumbuhan bisa dijaga tetap optimal melalui dua cara, yaitu: (1) menyuntikkan steroid ke dalam tubuh, (2) cara alami dengan menjalani gaya hidup sehat.

Tentu saja, cara alami adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Hal ini karena cara alami tidak menimbulkan efek samping, dan memiliki manfaat lain untuk jangka panjang.

Cara alami dan terbaik untuk meningkatkan hormon pertumbuhan (growth hormone) dalam tubuh adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Seperti apa pola hidup yang sehat itu? Pola gaya hidup sehat yang harus dijalani untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan secara alami adalah:

1. Bebas stress

Stress atau tekanan berat dalam pikiran bisa menurunkan kadar hormon pertumbuhan.Stress berpengaruh pada semua sistem dalam tubuh.
Stress atau tekanan berat dalam pikiran bisa menurunkan kadar hormon pertumbuhan.Stress berpengaruh pada semua sistem dalam tubuh. Stress parah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pikiran dan tubuh, seperti: sakit kepala, insomnia, kelelahan, dan masalah pencernaan.

Stress juga bisa menurunkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh jadi mudah terkena demam, flu, dan batuk. Dalam jangka panjang, stress bisa meningkatkan tekanan darah tinggi, berresiko terkena gangguan jantung, dan resiko stroke.

Mengatasi stress dengan cara yang baik merupakan langkah baik untuk memperoleh gaya hidup sehat dan untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan.

2. Jalani diet sehat

Jumlah asupan karbohidrat juga harus dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran dan buah segar. Karena tubuh juga butuh vitamin, mineral, dan serat untuk berfungsi dengan baik.
Tubuh butuh cukup kalori untuk bisa berjalan dengan baik. Karbohidrat merupakan sumber kalori yang baik, tapi tidak berarti kita bebas memakan semua jenis karbohidrat. Pilihlah jenis karbohidrat alami, dan hindari makan karbohidrat yang telah diproses seperti roti putih, dan sereal dari tepung terigu.

Semakin alami karbohidrat yang dimakan semakin baik. Contoh karbohidrat alami yang bisa jadi pilihan adalah: kentang rebus, jagung, ubi, singkong. Nasi yang baik dipilih adalah nasi merah dan nasi hitam. Sementara untuk roti, pilihlah jenis roti gandum.

Jumlah asupan karbohidrat juga harus dilengkapi dengan berbagai jenis sayuran dan buah segar. Karena tubuh juga butuh vitamin, mineral, dan serat untuk berfungsi dengan baik.

Menjalani diet sehat juga berarti cukup minum. Asupan air minum yang cukup setiap hari perlu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas, juga penting untuk proses pencernaan tubuh. Umumnya, tubuh butuh minum 8 gelas per hari. Semakin besar berat badannya maka semakin banyak asupan air minum yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi, karena dehidrasi akan mengganggu proses pelepasan hormon pertumbuhan dalam tubuh.

3. Olahraga

Olahraga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan.
Olahraga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Tapi jangan berlebihan saat melakukan olahraga, dan jangan memaksa tubuh berolahraga berat Dapatkan kekuatan dan stamina secara bertahap:  dari jalan kaki, lalu lari, lalu angkat beban.

Olahraga yang penting untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan adalah angkat beban. Tapi dalam olahraga angkat beban ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan instruktur. Karena instruktur biasanya tahu berat beban yang sebaiknya kita angkat, lalu akan bertahap menyarankan kita untuk meningkatkan berat jika kita memang telah dianggap mampu mengangkat beban lebih berat.

4. Tidur awal

Penelitian menunjukkan bahwa tidur cukup setiap malam bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan.
Tidur adalah kesempatan tubuh untuk beristirahat. Penelitian menunjukkan bahwa tidur cukup setiap malam bisa meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Manfaat lain dari tidur awal adalah bisa bangun lebih awal juga.

Tidur awal dan tidur dalam durasi yang cukup bisa membuat jam biologis tubuh berjalan mulus. Karena itu, tubuh akan secara alami bangun lebih awal, tanpa harus dibangunkan oleh orang lain atau oleh jam alarm.


Jalani empat cara tersebut semuanya secara rutin setiap hari untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh. Cara alami tersebut tidak akan berhasil jika hanya menjalankan sebagian dan meninggalkan sebagian yang lain.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)