Archive Pages Design$type=blogging$count=7

4 Cara Tepat Menggunakan Tea Tree Oil untuk Mengobati Jerawat

Tea tree oil mengandung antimikroba sehat yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Juga memiliki manfaat yang sama seperti benzoyl peroxide pada produk anti jerawat, tapi tanpa efek samping.
Tea tree oil mengandung repinen-3-ol yang bersifat antimikroba sehat. Antimikroba inilah yang membuat tea tree oil mampu membunuh bakteri dan mencegah kemunculan propionibacterium acne (=jerawat yang disebabkan oleh bakteri).

Tea tree oil juga memiliki manfaat yang sama seperti benzoyl peroxide pada produk anti jerawat, namun tea tree oil tidak memiliki efek samping seperti benzoyl peroxide. Produk anti jerawat yang mengandung benzoyl peroxide bisa menyebabkan kulit kering, gatal, sengatan, atau kulit terbakar.

Hal itu dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa hampir 80% orang yang menggunakan benzoyl peroxide mengalami beberapa efek samping yang lebih menyakitkan dan lebih mengganggu dari jerawat itu sendiri.

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati jerawat

Tea tree oil juga efektif untuk menyamarkan bekas luka jerawat jika dioleskan secara rutin. Minyak esensial tea tree oil bisa langsung dioleskan pada bagian kulit yang berjerawat, atau dicampur terlebih dahulu dengan minyak esensial yang lain.

4 cara mengobati jerawat dan menghilangkan bekas luka jerawat dengan tea tree oil
Silahkan pilih salah satu cara yang dianggap paling cocok untuk anda:

1. Oleskan satu tetes tea tree oil pada bagian-bagian kulit yang berjerawat sebelum tidur.

2. Campur 5 tetes minyak esensial tea tree oil dengan sekitar 10ml minyak organik (seperti minyak hazelnut, minyak evening primrose, atau minyak biji anggur), lalu oleskan ke bagian kulit yang berjerawat atau bekas luka jerawat.

3. Campur 2-3 tetes minyak esensial tea tree oil dengan gel vitamin E dari satu kapsul vitamin E, lalu oleskan pada jerawat dan bekas lukanya. Anda bisa menggunakan kapsul vitamin E yang dibeli dari apotik (seperti natur-E).
Jangan gunakan campuran minyak vitamin E ini kalau jerawat masih merah atau saat kulit mengalami masalah jerawat batu. Karena minyak vitamin E bisa jadi terlalu keras untuk kulit sensitif dan berjerawat seperti itu.

4. Tuang sekitar 10 tetes tea tree oil ke dalam air di bak mandi untuk mengatasi jerawat pada punggung.

Tips:

Gunakan cotton bud saat mengoleskan tea tree oil pada jerawat. Jangan gunakan ujung jari karena bisa jadi jari anda tidak higienis. Sedangkan cotton bud lebih higienis dan efektif.

Hal-hal yang perlu diperhatikan selama masa pengobatan jerawat adalah: menghindari paparan sinar matahari, dan tidak menyentuh apalagi memencet jerawat.

Kalau bagian kulit sekitar jerawat terasa gatal, maka usap perlahan menggunakan punggung tangan atau usap menggunakan tissue lembut. Dan hal paling penting adalah selalu menjaga kebersihan wajah dan tubuh secara keseluruhan.

Menggunakan tea tree oil untuk mengatasi masalah jerawat memang efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Tapi seperti produk alami lain, menggunakan tea tree oil juga perlu waktu. Jerawat tidak akan hilang hanya dalam semalam. Jadi anda harus bersabar.


Hack:


1. Siram tubuh dengan air dingin di saat terakhir setelah mandi air hangat untuk mencegah jerawat.
Air dingin akan merapatkan pori-pori sehingga kotoran dan bakteri tidak mudah masuk ke dalam pori-pori kulit. Dengan begini, jerawat tidak muncul.

2. Hilangkan jerawat kecil dengan cara oles pasta gigi (odol) ke atas jerawat dan biarkan semalaman.
Tapi odol tidak cukup kuat untuk menghilangkan jerawat batu atau jerawat yang besar, bengkak, dan parah.

3. Banyak produk anti jerawat mengandung bahan penyebab jerawat setelah lama digunakan, supaya pengguna akan terus membeli produk itu untuk mengatasi jerawat.

4. Minum air lemon setiap pagi untuk detox dan menghilangkan jerawat.
Air lemon bisa membersihkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. Saat tubuh anda bersih dari kotoran dan racun, kulit anda akan jadi lebih sehat dan bersih mulus.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Install aplikasi Pituluik Media

Tambahkan aplikasi Pituluik Media di smartphone tanpa install, buka Pituluik Media dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Pituluik Media dari layar utama smartphone Anda.