12 Bahan Penghias Cake Tart

Dengan hiasan yang tepat dan menarik, bolu polos bisa dibuat lebih indah dan menjadi pelengkap suatu acara, seperti birthday cake atau wedding cake. Karena itu, mengenal bahan penghias cake sangat penting untuk bisa menghasilkan hiasan cake yang menarik, indah, tahan lama, dan tentu saja lezat dimakan.

12 Bahan Penghias Cake yang sering digunakan adalah:

1. Mentega Putih/ White butter

Lemak putih bertekstur seperti margarin. Merupakan bahan dasar pembuatan butter cream, juga biasa digunakan dalam pembuatan roti tawar.

2. Gula Halus / Icing sugar

Bubuk gula berwarna putih berasa manis dan lembut, biasa digunakan untuk campuran pembuat kue atau hiasan kue.
Gula Halus. Foto: Wikipedia

3. Sirup Gula/ Simple Syrup

Biasa disebut juga sebagai gula cair. Sirup gula yang diproses dengan penguapan hampa, rasanya tidak semanis gula pasir dan mudah larut. Bisa digunakan untuk cake, atau pengganti gula dalam teh, sup buah, dan sebagainya.

Ada juga yang disebut dengan karamel cair, merupakan gula cair yang dimasak lebih lama sehingga bertekstur lebih kental dan berwarna emas atau kecoklatan.

4. Gelatin

Sejenis ekstrak protein yang terbuat dari sari tulang hewan. Berfungsi sebagai bahan campuran pembuatan jeli, soft candy, cake, puding, yoghurt, dan lainnya. 
Gelatin. Foto: Food Detik.com

5. Glukosa

Gula yang diperoleh dari pati jagung, bertekstur kental dan bening. Berfungsi sebagai bahan campuran jeli, permen, minuman, ice cream, cookies, dan lainnya.
Glukosa. Foto: Alibaba

6. Almond Bubuk

Terbuat dari kacang almond yang dihaluskan, memiliki rasa gurih, dan biasa digunakan untuk campuran bahan kue.
Almond Bubuk. Foto: The Kitchn

7. Silver Peel dan Gold Peel

Berbentuk bulat kecil seperti biji-bijian berwarna perak dan emas, berasa manis karena terbuat dari gula. Biasa digunakan sebagai hiasan pada tart.

8. Butter Cream

Terbuat dari campuran mentega putih yang dikocok hingga berbentuk cream. Biasanya diberi tambahan pemanis dan pewarna makanan sesuai selera.
Butter Cream. Foto: Joepastry

9. Cokelat

Berbagai jenis cokelat bisa digunakan. Mulai dari cokelat bubuk hingga cokelat masak pekat atau putih, bisa juga ditambah gula, susu, dan pewarna makanan. Bisa digunakan sebagai campuran adonan cake, atau dibentuk menjadi hiasan.

10. Fondant/ Plastic Icing

Terbuat dari campuran gelatin, glukosa, gliserin, dan gula halus.
Fondant. Foto: Simply Delicious Food

11. Gum Paste

Sekilas tampak seperti fondant, tapi bahan utama dan teksturnya sangat berbeda. Bahan utama gum paste adalah gula halus dan putih telur, bisa juga ditambah dengan tepung maizena dan sedikit air agar lebih mudah dibentuk.
Gum Paste. Foto: MaryArts Crafts

12. Marzipan

Bahan utamanya adalah almond bubuk, gula halus, dan putih telur. Bisa ditambahkan pewarna makanan dan dibentuk sesuai selera untuk menjadi penghias cake tart.
Marzipan. Foto: Copilul

Bahan lain yang juga biasa digunakan sebagai penghias cake tart adalah permen, permen kacang, buah-buahan kering, keju, dan sebagainya. Berbagai bahan penghias cake tersebut bisa dibeli dengan mudah di toko bahan kue, dengan berbagai variasi bahan dan warna, serta mudah digunakan. Dari yang buatan lokal sampai impor.

Apapun bahan penghias cake yang digunakan, pastikan untuk selalu memperhatikan asal produk, komposisi, cara menggunakan, cara penyimpanan, dan tanggal kadaluarsa, agar hiasan cake selalu layak dikonsumsi terutama oleh anak-anak.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)