Skip to main content

Manfaat Selada Romaine Untuk Kesehatan

Berikut Manfaat Selada Romaine Untuk Kesehatan

Di dalam selada romain setidaknya terkandung mineral seperti potassium, kalsium, magnesium dan phosphor. Kandungan vitaminnya pun juga cukup banyak meliputi vitamin K dan beta karoten yang nantinya di dalam tubuh akan dirubah menjadi vitamin A, folat, vitamin C dan molybdenum

Sepintas dari segi bentuk fisik selada romaine sedikit banyak mirip dengan sayuran sawi. Namun dari segi rasa saat dimakan akan muncul aroma seperti selada keriting.

Hanya saja selada romain memiliki tekstur daun yang lebih renyah serta terdapat rasa buah jambu yang sedikit pahit. Selain itu, sayuran selada daun ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Kandungan kalorinya yang rendah juga sangat cocok untuk dijadikan menu diet.
Dari namanya kita sudah bisa menebak dari mana sayuran daun yang satu ini berasal yaitu Roma, Italia. Selain itu sayuran selada romaine juga banyak dibudidayakan di daerah beriklim mediteran, seperti Spanyol dan Yunani sejak jaman dahulu.
Di mana penduduk Yunani kuno memanfaatkan sayuran selada untuk bahan makanan sekaligus sebagai obat terapi.

Manfaat Selada Romain Bagi Kesehatan Tubuh

Baik untuk kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi selada romain secara rutin para ahli menemukan bahwa kandungan folatnya dapat merombak senyawa homocysteine.
Di mana senyawa kimia tersebut apabila tidak dirombak dapat secara langsung merusak pembuluh darah, sehingga meningkatkan resiko penyakit komplikasi pada jantung.
Selain itu vitamin K dalam selada romain yang bekerjasama dengan kalsium dapat mencegah pengeroposan tulang akibat osteoporosis.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin A selain menjaga kesehatan mata juga baik untuk kesehatan jantung, ginjal dan hati, sekaligus membantu pertumbuhan sel.

Menurunkan kolesterol jahat

Para ahli menemukan bahwa serat yang yang terdapat pada selada romain ketika berada di dalam usus besar akan bekerja mengikat garam empedu dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
Proses tersebut sekaligus membuat tubuh memproduksi lebih banyak empedu yang akan memecah kolesterol jahat.

Berpotensi untuk pencegahan kanker

Mengingat manfaat selada romain yang kaya akan vitamin dan mineral tersebut, apabila dibarengi dengan pola gaya hidup yang sehat maka tubuh dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Mulai biasakan untuk mengkonsumsi selada romain secara rutin dan teratur namun tidak berlebihan agar dapat merasakan manfaatnya.



Selain rasanya yang unik, berikut manfaat vitamin dan mineral yang terdapat pada selada romaine bagi tubuh;

Kandungan mineral potassium dalam selada romain yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko stroke. Menurut hasil penelitian potassium akan menjaga kontraksi otot pada jantung lebih stabil.

Meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah osteoporosis

Antioksidan vitamin C yang tinggi dalam selada romain juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan kalsiumnya dapat menjaga dan memperbaiki kesehatan otot, tulang serta gigi sekaligus menjaga fungsi syaraf dan mencegah penyumbatan darah.

Vitamin A dari beta karoten yang ada di dalam selada romain juga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Orang dewasa yang secara rutin mengonsumsi makanan yang tinggi serat termasuk selada romain dapat menjaga level kolesterol dalam tubuhnya tetap rendah.

Menurut penelitian tingginya antioksidan serta folat yang ditemukan dalam selada romain maupun sayuran berdaun hijau gelap lainnya dapat menjaga tubuh dari munculnya kanker.

Johnson, J. Medical News Today (2017). What are the possible health benefit of romaine lettuce ?
Buttler, N, RD, LD. Healthline (2017). Does romaine lettuce have any nutritional benefits ?
Whfoods (2019). Romaine lettuce

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319725.php
https://www.nbcnews.com/health/health-news/romaine-lettuce-safe-if-it-s-not-central-california-fda-n940426
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar