Jangan Panik, Ketahui Penyebab Dismenore Sebelum Mengobati

Jangan Panik, Ketahui Penyebab Dismenore Sebelum Mengobati
Kram menstruasi (dismenore) adalah nyeri yang berdenyut atau kram di perut bagian bawah. Banyak wanita mengalami kram menstruasi sebelum dan selama periode menstruasi mereka. Bagi sebagian wanita, ketidaknyamanan itu hanya mengganggu. Bagi yang lain, kram menstruasi bisa cukup parah untuk mengganggu aktivitas sehari-hari selama beberapa hari setiap bulan. Sebagian wanita belum mengetahui sakit perut saat haid apakah berbahaya atau tidak selama hal tersebut adalah bagian normal menstruasi.

Selama periode menstruasi Anda, rahim Anda berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisannya. Zat Hormonelike (prostaglandin) yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan memicu kontraksi otot rahim. Tingkat prostaglandin yang lebih tinggi dikaitkan dengan kram menstruasi yang lebih parah.

Kram menstruasi dapat disebabkan oleh:


  • Endometriosis. Jaringan yang melapisi rahim Anda menjadi tertanam di luar rahim Anda, paling sering pada saluran tuba, ovarium atau jaringan yang melapisi panggul Anda.
  • Fibroid rahim. Pertumbuhan non-kanker di dinding rahim ini dapat menyebabkan rasa sakit.
  • Adenomyosis. Jaringan yang melapisi rahim Anda mulai tumbuh ke dinding otot rahim.
  • Penyakit radang panggul. Infeksi pada organ reproduksi wanita ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang ditularkan secara seksual. 
  • Stenosis serviks. Pada beberapa wanita, pembukaan serviks cukup kecil untuk menghambat aliran menstruasi, menyebabkan peningkatan tekanan yang menyakitkan di dalam rahim.


Kondisi seperti endometriosis atau fibroid rahim dapat menyebabkan kram menstruasi. Mengobati penyebabnya adalah cara mengatasi nyeri haid hari pertama. Kram menstruasi yang tidak disebabkan oleh kondisi lain cenderung berkurang seiring bertambahnya usia dan sering membaik setelah melahirkan. Gejala kram menstruasi meliputi:

  • Nyeri berdenyut atau kram di perut bagian bawah Anda yang bisa sangat intens
  • Nyeri yang dimulai 1 hingga 3 hari sebelum haid, memuncak 24 jam setelah haid dan mereda dalam 2 hingga 3 hari
  • Kusam, nyeri terus menerus
  • Nyeri yang menjalar ke punggung dan paha bagian bawah

Kram menstruasi tidak menyebabkan komplikasi medis lainnya, tetapi mereka dapat mengganggu kegiatan sekolah, pekerjaan dan sosial.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)