Skip to main content

JENIS IKAN KOI JEPANG PEMBAWA KEBERUNTUNGAN

JENIS IKAN KOI JEPANG PEMBAWA KEBERUNTUNGAN

Jenis Ikan Koi Kohaku


Ini adalah jenis ikan koi paling tua. Ia dikenali dari warna dasar yang dominan putih dengan corak merah diatasnya. Kombinasi corak merah diatas warna putih pada kohaku benar-benar sempurna dan indah. Kohaku sendiri ada beberapa varian, yaitu tancho kohaku, gin rin kohaku dan maruten kohaku.

Jenis Ikan Koi Taisho Sanke

Taisho Sanke sangat mirip dengan Kohaku jika Anda kurang jeli dalam mengamatinya. Karena keduanya sama-sama memiliki warna dasar putih yang solid. Perbedaannya, Taisho Sanke memiliki corak kombinasi hitam dan merah, membuatnya menjadi semakin elegan dan berkarakter kuat.

Jenis Ikan Koi Showa Sanshoku


Jenis Showa Shansoku juga memiliki corak hitam seperti Sanke. Namun, corak hitam pada Showa lebih menyebar ke seluruh tubuh. Tidak hanya itu, corak hitam juga terdapat pada bagian kepala ikan. Hal ini tidak Anda temukan pada jenis Sanke.

Jenis Ikan Koi Asagi


Jenis ikan Koi unggulan lainnya adalah asagi. Jenis ini memiliki pola berwarna biru yang indah pada bagian punggungnya. Sedangkan, di bagian perut dan sirip terdapat kombinasi merah dan orange yang cantik. Asagi terbaik punya pola merah yang terdapat digaris lateral.

Jenis Ikan Koi Shusui


Shusui merupakan ikan koi unggulan hasil keturunan Asagi. Karena masih keturunan Asagi tentu Anda harus lebih jeli membedakannya, walaupun terdapat beberapa perbedaan pada warna sisik bagian dorsalnya.

Jenis Ikan Koi Tancho


Ini adalah jenis Koi yang sangat terkenal di Jepang Negara asalnya. Ciri-ciri jenis ikan koi Tancho adalah adanya tanda yang mirip dengan bendera Jepang pada bagian kepalanya. Selain itu, di Jepang ada beberapa legenda rakyat yang membuat jenis koi ini sangat dihormati.

Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri


Beda dengan jenis koi lainnya, jenis ikan koi ini memiliki warna dasar hitam sempurna dengan corak warna putih. Jika Anda melihat paduan hitam dan putih di bagian kepala koi, bisa jadi itu adalah jenis Utsuri ini.

Jenis Ikan Koi Ki Utsuri


Jenis koi ini merupakan jenis yang sangat langka, jadi tidak heran jika harganya juga selangit dan paling mahal diantara yang lain. Warna dasar koi ini hitam, namun memiliki corak kuning, beda dengan Shiro Utsuri yang bercorak putih.

Jenis Ikan Koi Matsuba


Matsuba adalah koi berwarna logam dengan jaring hitam. Namun, warna dasar tubuhnya ada bermacam-macam ada yang kuning, putih dan merah.

Jenis Ikan Koi Kumonryu


Terakhir, adalah jenis koi yang warnanya bisa berubah. Menarik bukan? Kumonryu memang jenis ikan koi yang unik, ia bisa merubah warna dari hitam ke putih atau sebaliknya.

10 jenis ikan koi diatas adalah jenis koi asal Jepang yang paling popular dan merupakan spesies koi paling unggul. Jika Anda ingin menjajaki bisnis budidaya ikan koi, tak ada salahnya Anda mencoba mengenali jenis-jenis Koi dan masing-masing keunikannya.

Penghobi apalagi pebisnis ikan yang sukses tentu akan mulai dengan belajar dan menjadi master di bidang yang digelutinya. Walaupun bidang tersebut hanyalah tentang seluk beluk ikan koi, jika Anda menjadi ahli tentu akan sangat menyenangkan dan bermanfaat.
Comment Policy: Tulislah komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh ADMIN.
Buka Komentar
Tutup Komentar