• Jelajahi

    Copyright © Pituluik
    Pituluik Media

    Iklan

    LADA BISNIS REMPAH YANG TERNYATA SANGAT MENJANJIKAN

    Pituluik Media
    Tuesday, February 25, 2020, February 25, 2020 WIB Last Updated 2020-02-25T12:45:59Z

    Budidaya lada adalah salah satu usaha atau bisnis pertanian yang cukup banyak dilakukan di Indonesia. Bisnis yang satu ini memang sangat menguntungkan mengingat merica atau lada dapat tumbuh subur di Indonesia. Lada sendiri merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat populer bahkan sampai ke penjuru dunia.


    Lada merupakan rempah-rempah yang sangat dibutuhkan untuk aneka masakan. Lada memiliki rasa pedas yang berbeda dari rasa pedas yang dihasilkan oleh cabai. Hampir semua masakan dapat dibumbui dengan lada agar rasanya lebih sedap dan nikmat.

    Lada atau merica tersedia dalam beberapa jenis, yang paling populer yaitu lada hitam dan lada putih. Namun selain kedua jenis tersebut masih ada lagi jenis lada lain yaitu lada hijau. Pohon lada dapat tumbuh dengan ketinggian lebih dari 2 meter.

    Komoditas tanaman lada saat ini terbilang cukup bagus dan ada banyak orang yang tertarik mengerjakan usaha budidaya tanaman yang satu ini. Bagaimana tidak, usaha ini dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Sementara untuk memulai budidaya tanaman lada, Anda harus memulainya dengan langkah yang tepat.

    Mulai dari penanaman sampai perawatan, Anda harus melakukan yang terbaik. Jika Anda melakukan perawatan yang baik maka hasil panen budidaya lada yang Anda lakukan juga akan baik.

    Di Indonesia sendiri kesuburan tanaman lada sangat dipengaruhi oleh harga lada di pasaran. Yang mana para petani banyak yang malas merawat lada-ladanya karena tidak memiliki nilai jual tinggi. Akibatnya tidak hanya panen yang sedikit tetapi banyak pohon lada yang mati karena tidak dirawat. Sebaliknya, jika harga lada melambung tinggi maka para petani lada akan melakukan perawatan dengan baik.

    Hal ini seharusnya tidak terjadi lagi karena setiap bahan-bahan masak dapat naik ataupun turun harganya kapan saja. Tidak hanya merica atau lada saja yang harganya dapat berubah-ubah, harga bahan pangan lain juga dapat berubah kapan saja. Namun sampai saat ini permintaan pasar akan lada masih cukup tinggi.

    Hal ini merupakan salah satu alasan kenapa Anda harus memilih untuk menjalankan usaha budidaya tanaman lada. Usaha yang satu ini mungkin dapat menjadi usaha yang membuat keuangan Anda jauh lebih baik. Tentunya jika Anda mampu memproduksi lada dalam jumlah besar dan berkualitas.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini