• Jelajahi

    Copyright © Pituluik Media
    Pituluik Media

    Iklan

    5 Bahan Alami Terbukti Efektif Usir Nyamuk Penyebab Demam Berdarah

    Pituluik Media
    Friday, April 10, 2020, April 10, 2020 WIB Last Updated 2020-04-10T13:43:01Z
    5 Bahan Alami Terbukti Efektif Usir Nyamuk Penyebab Demam Berdarah
    Penggunaan fogging dianggap efektif untuk menghalau keberadaan nyamuk di rumah Anda. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengusir nyamuk. Tentunya, sebagai salah satu cara menghalau penyebab demam berdarah yaitu, nyamuk dewasa. Namun, pengasapan tersebut tidak mampu membunuh generasi nyamuk yang sudah tumbuh menjadi jentik-jentik. Selain itu, metode ini membuat pernapasan dan udara di sekitar rumah menjadi pengap. Tubuh secara terus-menerus menghirup zat kimia berbahaya yang dihasilkan dari tindakan ini.

    Apakah nyamuk Jantan Sebagai Penyebab Demam Berdarah?

    Peralihan musim dari kemarau ke penghujan membuat perkembangbiakan nyamuk semakin pesat. Hal ini memungkinkan nyamuk betina dan jantan melakukan perkawinan. Perlu Anda tahu, bahwa nyamuk betinalah yang sering menggigit Anda saat tertidur. Sedangkan, nyamuk jantan biasa memanfaatkan sari bunga maupun buah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Nyamuk betina memakan darah untuk petumbuhan calon bayi yang ada di dalam telurnya.
    Tapi, tahukah Anda bahwa air liur nyamuk betina ini membawa virus yang dapat menimbulkan gejala demam yang sangat menyiksa? Virus tersebut merupa penyebab demam berdarah utama yang dikenal sebagai virus dengue. Virus ini tumbuh di dalam plasmodium yang ada di dalam tubuh nyamuk betina. Secara otomatis, saat mengambil darah virus ini masuk ke dalam jaringan tubuh Anda.

    Apakah Virus Dengue Selalu menyebabkan Demam Berdarah?

    Sebenarnya, virus ini dapat berkembang secara signifikan di dalam tubuh yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Apabila Anda memiliki sistem imunitas yang bagus. Kemungkinan besar virus ini tidak menginfeksi Anda. Namun, Anda harus mengutamakan pola hidup sehat di musim pancaroba. Tentunya, mngutamakan konsumsi vitamin C membuat imunitas semakin meningkat. Anda harus memperbanyaknya apabila musim hujan sudah tiba. Biasanya, kondisi tubuh cenderung menurun saat musim peralihan.

    Bahan Alami Penghalau Efektif untuk Usir Nyamuk

    Anda tidak perlu melakukan fogging untuk menghalau nyamuk dari rumah. Hal ini untuk membuat tubuh Anda terbebas dari zat kimia berbahaya yang dikandungnya. Terdapat banyak bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir penyebab demam berdarah beberapa diantaranya meliputi.

    1. Kulit Jeruk

    Penggunaan kulit jeruk dinilai efektif apabila dalam kondisi segar. Hal ini dikarenakan senyawa lemonen yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu jalannya pernapasan nyamuk. Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara untuk mengusir nyamuk. Namun, perhatikan tingkat kesegarannya apabila sudah mulai mengalami pembusukan. Maka lebih baik kulit jeruk tersebut dibuang untuk menghindari nyamuk datang.

    2. Kayu Manis

    Kandungan senyawa  cinnamaldehydeI pada tanaman kayu manis dinilai cukup efektif untuk menghalau nyamuk. Anda bisa memanfaatkannya dalam bentuk bubuk maupun air rebusan. Anda bisa menjadikannya sebagai semprotan ruangan.

    3. Kemangi

    Salah satu tanaman penambah nafsu makan ini bisa Anda jadikan sebagai bahan alami untuk mengusir keberadaan nyamuk di rumah Anda. Senyawa Geraniol membuat nyamuk tidak mau mendekat. Anda bisa memanfaatkannya sebagai semprotan ruangan maupun lulur.

    4. Bawang Putih

    Bahan bumbu masakan ini bisa membuat nyamuk menjauhi Anda. Kandungan Asam nicotinic membuat nyamuk pergi menjauh. Anda bisa merebus bawang dan mendiamkannya hingga dingin. Air tersebut dapat Anda gunakan untuk semprotan ruangan untuk keluaga maupun kamar Anda.

    5. Serai

    Serai dinilai cukup efektif untuk mengusir nyamuk sebagai vektor penyebab demam berdarah. Kandungan sitronel dan atsiri dapat Anda manfaatkan untuk menghalau datangnya nyamuk. Anda hanya memerlukan air rebusannya yang sudah dingin untuk dijadikan bahan pel maupun semprotan yang ditujukan pada tempat persembunyian nyamuk.

    Penggunaan bahan alami di atas dapat Anda gunakan untuk menghalau penyebab demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Anda bisa memanfaatkannya sekaligus mengurangi penggunaan fogging. Tentunya, pengasapan tersebut sangat menggangu pernapasan Anda dan mengusir nyamuk hanya sementara.

    Sumber gambar
    https://www.sehatq.com
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini