-->
  • Jelajahi

    Copyright © Pituluik
    Pituluik Media

    Iklan

    Cara Memperbaiki Data Terstruktur Tidak Dapat Diurai

    Pituluik Media
    Tuesday, June 30, 2020, June 30, 2020 WIB Last Updated 2020-06-30T16:05:09Z

    Mengatasi Masalah Data Terstruktur Yang Tidak Dapat Diuraikan - Ketika memeriksa kelayakan situs di search console, kamu mungkin menemukan masalah data terstruktur pada tap penyempurnaan seperti; structured data cannot be described (data terstruktur tidak dapat diurai). Dan mungkin itu menjadi pertanyaan besar yang menghantui pikiran anda. Apa yang dimaksud dengan Data terstruktur tidak dapat diurai dan apa penyebabnya. Bukan rahasia, situs saya juga pernah mengalami masalah penguraian data terstruktur seperti itu dan sekarang saatnya saya bebagi cara mengatasi data terstruktur yang tidak dapat diurai.

    Sayangnya beberapa webmaster masih belum mengerti mengenai arti structured data cannot be described (data terstruktur tidak dapat diurai) dan bagaimana cara memperbaikinya. Yang mereka tau error tersebut harus segera diperbaiki karena didalam email disebutkan "Error dapat mencegah halaman atau fitur Anda muncul di hasil Penelusuran" . Beruntungnya error yang saya lihat disitus saya terkait data terstruktur tidak diurai hanya karena masalah sepele yaitu Urutan escape dalam string salah/Bad escape sequence in string.

    Situs saya sendiri juga pernah mengalaminya beberapa hari yang lalu, jadi tidak ada salahnya kalau saya sedikit berbagi tips mengenai cara mengatasi dan memperbaiki masalah data terstruktur yang tidak dapat diuraikan pada searchconsole.

    Penyebab:

    1. Struktur Data Template Jelek - Meskipun sekarang nyaris tidak ada lagi template dengan struktur data yang jelek tapi itu masih memungkinkan.
    2. Markup konten (Script json-ld atau mark-up schema.org) mengalami konflik dengan title tag atau judul dan data deskripsi.
    Laporan ini mencantumkan data terstruktur yang ditemukan di situs Anda, yang tidak dapat diurai karena error sintaks yang serius. Jenis data terstruktur yang di inginkan (Lowongan, Acara, deskripsi, dan sebagainya) tidak dapat ditentukan karena terjadi error penguraian. (Seperti yang dijelaskan di support google).

    Sebagai contoh beberapa hari yang lalu saya baru saja menginstal plugin Aggregate Rating atau Star Rating dengan script JSON-LD melalui metode embed, faktanya beberapa hari kemudian setelah google mengcrawl ulang struktur data situs saya, saya menemukan masalah penguraian data terstruktur di beberapa halaman artikel.

    Untuk melihat mana halaman yang terpengaruh pertama-tama kita buka dulu halaman search console = https://www.google.com/webmasters/

    Data terstruktur tidak dapat diurai

    Uniknya sebagian besar halaman tidak mengalami masalah dan mark up data terstruktur berhasil di crawl dan disempurnakan. Tentu saja itu semakin membuat pertanyaan besar di kepala saya apa yang salah pada mark up data terstruktur konten saya?

    Dan ternyata penyebabnya sangat sepele yaitu; mark-up data terstruktur atau script json-ld yang saya terapkan mengalami konflik dengan beberapa data deskripsi konten situs. persis seperti yang telah saya jelaskan diatas.

    Silahkan diklik agar lebih jelas, seperti pada dugaan saya ternyata markup data terstruktur atau json-ld yang digunakan oleh template blog mengalami konflik dengan deskripsi gara-gara syntaks string yang tidak dikenali oleh markup schema.

    Error penguraian: ',' atau '}' tidak ada

    Jadi, Bagaimana Cara Mengatasinya?

    Simple, pertama periksa atau lihat semua url konten yang terpengaruh atau error pada tab "data terstruktur tidak dapat diurai" di search console, kemudian di dashboard situs atau dashboard blogger periksa teks deskripsi apakah terdapat teks yang diapit dengan tanda petik ("..."), seperti terlihat pada contoh berikut:

    Sekarang kita buka dashboard blogger , kita lihat entry pada halaman yang terpengaruh seperti yang ditunjukkan pada search console terkait data struktur yang tidak dapat di uraikan > klik edit postingan
    Data Deskripsi
    Selanjutnya ubah atau hapus semua tanda petik "..." yang ada pada data deskripsi, lakukan itu pada semua artikel atau konten yang terpengaruh yang ada di daftar error.

    Lakukan hal yang sama pada halaman lain yang juga terpengaruh kebetulan punya saya cuma terdeteksi 1 halaman , saya sendiri juga lupa pernah menaruh tanda string deskripsi pada postingan yang mana saja 😁

    Menyertakan tanda petik pada deksripsi postingan blog dapat mempengaruhi penafsiran markup json-ld dan schema yang digunakan dalam template sehingga saat di embed/ditampilkan itu menyebabkan error penguraian ',' atau '}' tidak ada (Decomposition error: ',' or '}' does not exist).

    Struktur markup pada jsonld menggunakan tanda petik untuk mendeskripsikan jenis property atau elemen. Jadi jika terdapat sebuah teks yang tidak terdefinisi dalam markup pada kotak deskripsi yang menggunakan tanda petik maka itu akan dianggap sebagai property markup jsonld namun jika definisinya tidak diketahui akan menyebabkan kesalahan tidak dapat diuraikan

    Google menggunakan data terstruktur yang ditemukan di web untuk memahami isi halaman, juga untuk mengumpulkan informasi tentang web dan dunia secara umum.

    Misalnya, berikut ini adalah cuplikan data terstruktur JSON-LD yang mungkin muncul di halaman kontak Unlimited Ball Bearings corporation, yang mendeskripsikan informasi kontak mereka:

    <script type="application/ld+json">
    {
      "@context": "https://schema.org/",
      "@type": "Recipe",
      "name": "Grandma's Holiday Apple Pie",
      "author": "Elaine Smith",
      "image": "http://images.edge-generalmills.com/56459281-6fe6-4d9d-984f-385c9488d824.jpg",
      "description": "A classic apple pie.",
      "aggregateRating": {
        "@type": "AggregateRating",
        "ratingValue": "4",
        "reviewCount": "276",
        "bestRating": "5",
        "worstRating": "1"
      }

    Jika anda menyertakan tanda petik dua maka itu akan dikenal sebagai property pada markup konten tapi karena tidak dikenali oleh schema.org akhirnya tidak bisa diuraikan dengan benar dan muncul pesan kesalahan error

    Untungnya error yang saya alami cuma karena Urutan escape dalam string salah (Bad escape sequence in string) . Kalau anda melihat notifikasi error lain yang menyebabkan data terstruktur tidak dapat di uraikan coba periksa tabel berikut :


    Mengatasi error Unparsable structured data report
    Pesan ErrorSaran perbaikan
    Invalid JSON documentJSON memiliki kesalahan sintaksis tingkat atas
    Incorrect value typeNilai yang ditentukan untuk properti adalah tipe yang salah. Misalnya, Anda menentukan string ketika angka atau array diharapkan.
    Parsing error: Missing ':'Tanda ':' hilang.
    Parsing error: Missing ',' or '}'Tidak ada tanda ',' atau tanda kurung tutup.
    Parsing error: Missing '}' or object member nameTidak ada braket penutup atau nama anggota objek.
    Parsing error: Missing ',' or ']' in array declarationKesalahan saat menguraikan nilai array: melewatkan ',' atau ']' dalam deklarasi array.
    Unable to parse token lengthUntuk beberapa alasan, awal dan akhir properti atau nilai tidak dapat ditemukan.
    Invalid numberNilai properti diharapkan menjadi angka, tetapi jenis nilai lain digunakan.
    Empty escape sequence in stringNilai string mencakup karakter urutan keluar yang kosong: misalnya: "description" : "Call me \ John" daripada "description" : "Call me \"John\"".
    Bad escape sequence in stringUrutan escape tidak valid yang digunakan dalam nilai string. Sebagai contoh: "description": "Beberapa \ q urutan yang tidak diketahui"
    Truncated Unicode characterKehilangan 6 karakter terakhir dalam pasangan pengganti Unicode.
    Invalid Unicode characterKehilangan token pada awal paruh kedua dari pasangan pengganti Unicode.
    Invalid Unicode escape sequence: four digits expectedUrutan escape Unicode memiliki kesalahan sintaksis: urutannya harus berisi empat digit.
    Invalid Unicode escape sequence: hexadecimal digit expectedUrutan escape Unicode memiliki kesalahan sintaksis: digit heksadesimal diharapkan tetapi tidak disediakan.
    Duplicate unique propertyAnda memberikan dua definisi untuk properti unik di objek data terstruktur Anda. Misalnya, dua @contextvalue.
    Invalid top level elementItem tingkat atas di JSON-LD Anda tidak valid
    Reference to nonexistent itemSebuah itemrefattribut menunjuk ke pengenal tidak ada
    Data Dari Mbah Google
    Oh ya Setelah Anda memperbaiki masalah tertentu di situs Anda, Anda dapat meminta Google untuk memvalidasi perubahan agar halaman terkait segera dirayapi dan pesan error tersebut hilang dari laporan jadi kedepannya halaman yang terpengaruh peringkatnya tidak turun terlalu jauh. Buka halaman GSC masuk pada error Unparsable structured data > Bad escape sequence in string > Validate fix.

    Kok gagal? oke masukkan url yang bermasalah ke inspeksi url kemudian tunggu sampai perubahannya dirayapi oleh google (24 jam)

    Kemudian coba lagi buka GSC masuk pada error Unparsable structured data > Bad escape sequence in string > Validate fix

    Searchconsole akan melacak status validasi masalah secara keseluruhan jadi meskipun secara default itu otomatis dirayapi tapi anda dapat mengirimkan permintaan pada status setiap instance masalah. Ketika anda tidak lagi melihat masalah tersebut di GSC berarti google menganggap error tersebut sudah diperbaiki

    Berapa lama pesan error ini akan menghilang setelah saya perbaiki ? ini adalah hal yang sifatnya sistematis ketika GSC melakukan validasi ulang

    Berikut ini ringkasan proses validasi setelah Anda mengklik Validasi Perbaikan untuk masalah. Proses ini dapat memerlukan waktu beberapa hari, dan Anda akan menerima pemberitahuan progres melalui email.

    • Saat Anda mengklik Validasi Perbaikan, Search Console langsung memeriksa beberapa halaman.
    • Jika instance saat ini ada di salah satu halaman tersebut, validasi akan berakhir, dan status validasi tetap tidak berubah.
    • Jika halaman contoh tidak memiliki error saat ini, validasi akan dilanjutkan dengan status Dimulai. Jika validasi menemukan masalah lain yang tidak terkait, masalah tersebut akan dianggap sebagai jenis masalah lain dan validasi dilanjutkan.
    • Search Console bekerja melalui daftar URL yang diketahui, yang terpengaruh oleh masalah ini. Antrean untuk crawling ulang hanya berisi URL dengan instance masalah yang diketahui, bukan keseluruhan situs. Search Console menyimpan rekaman semua URL yang diperiksa pada histori validasi, yang dapat dibuka di halaman detail masalah.

    Saat URL diperiksa:

    • Jika masalah tidak ditemukan, status validasi instance berubah menjadi Lulus. Jika ini adalah instance pertama yang diperiksa setelah validasi dimulai, status validasi masalah berubah menjadi Terlihat bagus.
    • Jika URL tidak lagi dapat dijangkau, status validasi instance berubah menjadi Lainnya (bukan merupakan status error).
    • Jika instance masih ada, status masalah berubah menjadi Gagal dan validasi berakhir. Jika ini adalah halaman baru yang ditemukan oleh crawling normal, halaman ini akan dianggap sebagai instance lain dari masalah yang ada.
    • Jika semua URL peringatan dan error telah diperiksa dan jumlah masalahnya bernilai 0, status masalah akan berubah menjadi Lulus. Penting: Meskipun jumlah halaman yang terpengaruh berkurang hingga 0 dan status masalah berubah menjadi Lulus, label tingkat keparahan asli akan tetap ditampilkan (Error atau Peringatan).
    • Meskipun Anda tidak pernah mengklik "mulai validasi" Google dapat mendeteksi instance masalah yang telah diperbaiki. Jika Google mendeteksi bahwa semua instance masalah telah diperbaiki selama crawl regulernya, status masalah akan berubah menjadi "T/A" pada laporan.

    Kapan masalah dianggap telah "diperbaiki" untuk URL atau halaman?

    Masalah ditandai sebagai telah diperbaiki untuk URL atau halaman saat salah satu ketentuan berikut terpenuhi:

    • Saat URL di-crawl dan masalahnya tidak ditemukan lagi di halaman. Untuk error tag AMP, hal ini dapat berarti bahwa Anda telah memperbaiki tag atau tag tersebut telah dihapus (jika tag tidak diwajibkan). Selama upaya validasi, status masalah akan dianggap sebagai "lulus".
    • Jika halaman tidak ada di Google dengan alasan apa pun (halaman dihapus, ditandai noindex, perlu autentikasi, dan sebagainya), masalah tersebut akan dianggap sebagai diperbaiki untuk URL tersebut. 
    Terakhir

    Munculnya error pada markup konten sering terjadi ketika pengguna menyertakan tanda petik didalam deskripsi atau judul postingan (pastikan schema.org dan jsonld sudah benar cek dulu di https://search.google.com/structured-data/testing-tool/). Jika anda ingin mendapatkan cuplikan kaya/rich snippet google dengan menggunakan markup konten jsonld pastikan untuk tidak menyisipkan tanda petik yang merupakan parameter properti pada judul konten dan deksripsi artikel karena itu akan dibaca sebagai properti yang tidak dikenali sehingga menyebabkan googlebot gagal mengurai kesalahan struktur data dan muncul di hasil pengujian data terstruktur

    Demikian postingan mengenai cara mengatasi masalah error data terstruktur tidak dapat di uraikan semoga bermanfaat dan dapat membantu menyelesaikan masalah anda. Jika ada pertanyaan atau anda ingin berbagi pengalaman silahkan tuliskan pada kolom komentar yang tersedia dibawah. Sekian dan terimakasih

    Artikel ini diambil dari berbagai sumber, jika ada kemiripan silakan komen di kolom komentar.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Iklan