10 Jembatan Tertua Di Dunia

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Di percaya bahwa jembatan telah ada sejak pada masa kebangkitan peradaban pertama di Mesotamia Kuno. Jembatan awal ini terbuat dari bahan sederhana yang terbuat dari batang kayu, batu atau tanah namun tidak mampu bertahan lama. Dengan beberapa kecualian, jembatan pertama di dunia diciptakan oleh orang Romawi Kuno yang dianggap sebagai pembangun jembatan kuno terbesar yang pernah ada. 

Mayoritas jembatan tertua di dunia dalam daftar dibawah ini masih digunakan hingga hari ini dan telah menjadi landmark bersejarah.

Berikut 10 jembatan tertua di dunia yang kami lansir dari laman oldest.com

10. Jembatan Karamagara

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Jembatan Karamagara adalah salah satu jembatan tertua di dunia yang dibangun pada sekitar abad ke-5 atau ke-6 masehi di Cappadocia, Turki selama era Kekaisaran Bizantium.Jembatan ini terdiri dari lengkungan runcing tunggal yang merupakan mungkin contoh paling awal dari jembatan lengkung runcing yang pernah ada.

Jembatan Karamagara adalah bagian dari jalan Romawi yang lebih besar yang mengarah ke kota Melitene diwilayah Anatolia Timur Turki. Jembatan ini sekarang tidak dapat digunakan lagi karena telah tenggelam setelah selesainya Bendungan Keban pada tahun 1975.


9. Jembatan Lymira

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Jembatan Lymira adalah jembatan batu yang relatif tidak dikenal namun unik. Jembatan ini diyakini sebagai salah satu jembatan lengkung tersegmentasi tertua di dunia. Terletak di dekat kota Lymira, Turki, jembatan ini merupakan struktur teknik sipil kuno terbesar di wilayah ini.

Lengkungan jembatan dibangun memberi jembatan profil yang luar biasa datar, yang unik dalam rekayasa Romawi pada saat itu. Karena fakta ini dan kurangnya struktur yang sebanding, sulit untuk menentukan tahun pembuatan pembangunan jembatan. Namun menurut para ahli, Jembatan Lymira dibangun pada abad ke-3. Selain sangat sedikit penelitian ilmuah yang dilakukan pada jembatan ini, tidak ada informasi tentang jembatan dari sumber kuno.

8. Band-e Kaisar Jembatan Valerian

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Band-e Kaisar Jembatan Valerian adalah jembatan lengkung batu Romawi yang dibangun ditempat yang sekarang disebut Shushtar, Iran. Jembatan ini dibangun sekitar tahun 260 - 270 masehi. Jembatan ini dikombinasikan dengan bendungan membuat Band-e Kaisar yang pertama dari jenisnya di negara ini. 

Menurut sejarah Persia, jembatan ini dinamai oleh Kaisar Romawi Valerian, yang ditangkap dengan seluruh pasukannya oleh penguasa Sassanid Shapur I. Jembatan ini masih terus digunakan hingga akhir abad ke-19. Sekarang Band-e Kaisar adalah bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.


7. Jembatan Cendere

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Jembatan Cendere yang juga dikenal sebagai Jembatan Pengantin Severan atau Jembatan Septimius Severus adalah jembatan Romawi yang berasal dari akhir zaman Kekaisaran Romawi. Terletak di dekat kota kuno Arsameia, Provinsi Adiyaman di Turki Tenggara ni dibangun pada sekitar tahun 200 SM.

Sebuah legium tentara Kekaisaran Romawi, Legio XVI Gallica dipercaya telah membangun jembatan ini sehingga mereka bisa memulai perang melawan Parthia. Empat kolom dengan gaya Korintus ditambahkan untuk menjembatani dan menghormati Kaisar Romawi, Lucius Septimius Severus (193 - 112 SM), istri keduanya Julius Domna dan putra mereka Caracalladan Publius Septimius Geta.

Jembatan Cendere sekarang terpisah dari salah satu taman nasional paling penting di Turki, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Jembatan Ponte Sant'Angelo

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Ponte Sant'Angelo adalah salah satu jembatan Romawi paling terkenal di dunia. Jembatan ini dibangun pada masa Kaisar Romawi Hadrian untuk membelah Sungai Tiber di pusat kota Roma ke makam yang baru dibangunnya yang sekarang dikenal sebagai Castel Sant'Angelo. Pada masa lalu jembatan ini lebih dikenal dengan nama Pons Aelius yang berarti Jembatan Hadrian.

Jembatan Ponte Sant'Angelo dibangun oleh pematung dan arsitek terkenal Italia, Gian Lorenzo Bernini yang selesai pembangunannya pada tahun 134 masehi. Fitur jembatan paling khas adalah banyaknya patung malaikat yang berdiri di pilar jembatan. Saat ini,Jembatan Ponte SantAngelo hanya digunakan oleh para pejalan kaki dengan menampilkan pemandangan Sungai Tiber dan Castel Sant'Angelo yang indah.

5. Jembatan Alcantara

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Jembatan Alcantara adalah salah satu jembatan tertua di dunia yang dibangun oleh Kekaisaran Romawi yang masih ada hingga sekarang. Jembatan Lengkung Batu ini dibangun diatas Sungai Tagus setelah Kekaisaran Romawi Trajan mengeluarkan perintah pada abad ke-98 masehi. Pembangunan Jembatan Alcantara dimulai pada tahun 104 masehi dan berakhir dua tahun kemudian.

Meskipun keadaan jembatan pada saat ini baik, namun jembatan ini terus diperbaiki beberapa kali sepanjang sejarahnya. Sebagian besar kerusakan jembatan disebabkan oleh perang daripada dari alam. Berbagai bagian Jembatan Alcantara dihancurkan pada periode waktu yang berbeda sampai pilar utama sepenuhnya diperbaiki pada tahun 1969.


4. Pons Fabricius

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Pons Fabricius atau Ponte dei Quattro Capi adalah salah satu jembatan Romawi tertua yang ada di negara asalnya. Jembatan ini dibangun pada tahun 62 SM dan membentang setengah dari Sungai Tiber, Roma. Jembatan Pons Fabricius memiliki panjang 62 meter dengan tinggi 5,5 meter.

Menurut Dio Cassius, seorang negarawan dan sejarawan Romawi, Pons Fabricius dibangun untuk menggantikan jembatan kayu yang sebelumnya telah terbakar. Jembatan ini dinamai Lucius Fabricius, kurator jalan pada saat itu. Meskipun sudah tua, jembatan ini tetap digunakan hingga hari ini.

3. Bridge Over River Meles (Caravan Bridge)

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Meskipun ada beberapa jembatan yang jauh lebih tua, Menurut Guinness Book of World Records, Jembatan diatas Sungai Meles adalah jembatan tertua di dunia yang masih digunakan hingga sekarang. Jembatan dengan lempengan batu lengkung kuno ini dibangun sekitar tahun 850 SM di Izmir, Turki. 

Sungai Meles dikenal sebagai tempat kelahiran penulis Yunani Kuno Legendaris, Homer. Sungai dan jembatan Caravan secara mencolok ditampilkan dalam karya Homer.

2. Tar Steps

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Tarr Steps adalah jembatan genta kuno yang terletak diseberang Sungai Barle di Taman Nasional Exmoor di Somerset, Inggris. Tidak ada satu orangpun yang tahu berapa usia dari jembatan ini tetapi Tarr Steps setidaknya telah dibangun pada 1.000 SM.

Jembatan kuno Tarr Steps terdiri dari 17 lempengan raksasa (panjang total 180 kaki) dan dianggap sebagai contoh terbaik dari jembatan genta. Menurut legenda setempat, Tarr Steps dibangun oleh iblis sehingga ia bisa berjemur diatas batu. Walaupun jembatan ini telah rusak dibeberapa bagian karena banjir tetapi jembatan ini telah dibangun kembali dan masih berdiri kokoh hingga hari ini.


1. Jembatan Arkadiko

10 JEMBATAN TERTUA DI DUNIA

Jembatan Arkadiko yang juga dikenal dengan Jembatan Kazarma diyakini sebagai jembatan tertua di dunia yang masih digunakan hingga sekarang. Ini adalah jembatan lengkung dan salah satu yang tertua dari jenis ini dan masih digunakan oleh penduduk setempat. Di Mycenaean, Argolis, Yunani. fase terakhir Jembatan yang dibangun pada Zaman Perunggu Yunani sekitar 1.600 - 1.100 SM ini berfungsi sebagai jalan raya antara kota Tyrins dengan Epidauros.

Jembatan Arkadiko dibangun sekitar tahun 1.300 - 1.190 SM dan merupakan bagian jalan raya yang lebih besar di daerah tersebut. Ada tiga jembatan lengkungan corbel lain di dekat Arkadiko yang semuanya serupa dalam desain dan umur.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)