7 Masjid Tertua Di Amerika Serikat

Tidak jelas kapan Muslim mulai pertamakalinya masuk Amerika Serikat, Namun banyak sejarawan percaya bawa umat Islam paling awal berasal dari wilayah Senegambia di Afrika pada awal abad ke-14. Namun ada juga yang mengklaim bahwa Christopher Columbus menggunakan buku yang di tulis oleh muslim Portugis yang telah melakukan perjalanan ke dunia baru pada abad ke-12 untuk membimbingnya dalam perjalanan.


Sementara itu tidak ada yang tahu seberapa benar cerita itu, Sejarawan tahu bahwa gelombang pertama Muslim Amerika berasal dari budak Afrika yang diyakini bahwa 10 - 15% budak Afrika adalah Muslim. 

Jadi Masjid Pertama Di AS ini didirikan oleh ummat Islam yang sebagian besar berasal dari Suriah dan Lebanon yang berimigrasi ke Amerika sekitar tahun 1878 hingga 1924. Masjid Tertua di Amerika ini telah digunakan secara terus menerus dan masih berdiri kuat bahkan ketika Islamofobia meningkat di barat, khususnya di Amerika Serikat.

Berikut 7 Masjid Tertua di Amerika Serikat yang masih berdiri kokoh hingga sekarang. 

7. Muslim Community Center Chicago

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Pada tahun 1969, sekelompok Muslim dari berbagai macam latar belakang memutuskan untuk mendirikan Pusat Komunitas Muslim (MCC) di Chicago. Muslim Community Center Chicago bukanlah masjid pertama di AS tetapi ini adalah salah satu organisasi induk dari banyak kelompok dan masjid muslim Amerika lainnya.

Dalam beberapa dekade terakhir, Pusat Komunitas Muslim telah berkembang, Saat ini tempat ini telah menjalankan dua masjid tambahan dan dua sekolah atau pusat pendidikan. NCC juga telah menawarkan banyak program berbeda untuk musli, dan non muslim diwilayah Chicagoland seperti penjankauan, program penyaringan kesehatan dan konseling.


6. Islamic Center of Washington

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Islamic Center of Washington dibuka pada tahun 1952 dengan memiliki upacara penahbisan resminya pada tahun 1957. Ide dibangunnya masjid ini dimulai pada tahun 1944 setelah Mr. M. Abu Al Hawa dan mantan Duta Besar Mesir, Mr. Mahmood Hassan Pasha bercakap-cakap tentang membangun masjid di Washington DC.  Setelah itum sekelompok diplomat dan Muslim Amerika membentuk Yayasan Masjid Washington mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid.

Tanah itu kemudian dibeli pada tahun 1946 dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan  pada tahun 1949. Islamic Center of Washington dirancang oleh arsitek Italia, Mario Rossi yang dikenal membangun masjid di Mesir.

Presiden AS saat itu, Dwight D. Eisenhower turut menghadiri upacara penahbisan masjid dan berbicara tentang keindahan Islam dan kebebasan beragama di Amerika Serikat.

5. Islamic Center of Southern California

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Islamic Center of Southern California adalah salah satu masjid tertua di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1952 oleh sekelompok pria muslim yang hanya ingin berkumpul dan berdoa. Menurut salah satu pendiri masjid Islamic Center of Southern California, Abed Awad, Sekelompok ini menyewa sebuah bangunan kecil di Hollywood dan menyebut diri mereka sebagai Asosiasi Muslim Amerika di Los Angeles.

Sekitar tahun 1966, ketika komunitas tumbuh semakin besar, Dewan Direktur Islamic Center menyetujui peraturan, mengorganisasi perpustakaan Islam, membeli duplikat spirit, memulai buletin dan mengelola layanan penjawaban. Mereka juga merubah nama mereka menjadi Islamic Foundation of Southern California.

Yayasan masjid kemudian memindahkan masjid ke lokasi saat ini pada tahun 1976 dan terus menjadi tuan rumah layanan reguler serta mengoperasikan New Horizon School (prasekolah) hingga hari ini.


4. American Fazl Moeslem

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Masjid American Fazl di Washington DC, didirikan sebagai Markas Komunitas Muslim Ahmadiyah Amerika pada tahun 1950. Bangunan yang pada awalnya dibangun pada abad ke-20 ini dipilih oleh Khalil Nasir, pemimpin nasional Gerakan Ahmadiyah dalam Islam.

Masjid Fazl Amerika telah menjadi markas Ahamdiyah hingga tahun 1994 ketika kemudian markas ini dipindahkan ke Masjid Bait ur-Rahman di Silver Springm, Maryland.  Hingga saat ini masjid ini masih terbuka untuk layanan dan acara lainnya. Selain itu ada juga wisma untuk pengunjung di Masjid Fazl Amerika salah satu Masjid Tertua di Amerika Serikat.

3. American Moeslim Society Mosque

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Didirikan pada tahun 1938 di Dearborn, Michigan, American Moeslim Society Mosque adalah salah satu masjid tertua di Amerika Serikat yang masih berdiri hingga sekarang. Pada awalnya masjid ini dimulai pada sebuah rumah kecil kemudian tumbuh menjadi Komunitas Muslim di kota Michigan. Selama berahun-tahun masjid ini telah mengalami banyak ekspansi  dan saat ini berada disebuah bangunan besar seluas 48.000 kaki persegi.

Pada awal tahun 1980-an, Masjid ini telah menggunakan pengeras suara karena sebagian komunitas telah tumbuh besar di wilayah ini dan ini merupakan masjid pertama di AS yang menggunakan pengeras suara untuk mengirimkan do'a. Menurut situs American Moeslim Society, Saat ini ada rencana untuk memperbesar masjid sekali lagi.

2. Mother Mosque of America

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Setelah bangunan Masjid Al-Sadiq, Masjid Bunda Amerika adalah bangunan pertama yang dirancang dan dibangun menjadi masjid. Masjid ini pada awalnya disebut Kuil Muslim yang selesai pembangunannya pada 15 Februari 1934 di Cedar Rapids, Iowa.

Meskipun Masjid Bunda Amerika masih beroperasi hingga hari ini, Namun bangunan ini pernah dilanda banjir besar pada tahun 2008 yang menyebabkan ruang bawah tanah terkena banjir dengan Al-Quran dan permadani tertua komumitas dihancurkan. Benda-benda ini telah dibawa oleh nenek moyang komunitas Muslim Cedar Rapids yang berasal dari Kekaisaran Ottoman. Untungnya lantai utama Masjid Bunda Amerika tidak tersentuh oleh banjir dan tetap berdiri megah hingga sekarang.    

  
1. Masjid Al-Sadiq

7 MASJID TERTUA DI AMERIKA SERIKAT

Masjid Al-Sadiq di Chicago saat ini diyakini sebagai masjid tertua di Amerika Serikat. Masjid ini dikelola oleh Komunitas Muslim Ahmadiyah yang merupakan komunitas muslim tertua di AS.

Salah satu misionaris muslim pertama yang dikirim ke Amerika Serikat adalah Mufti Muhammad Sadiq yang mendirikan markas besar gerakan nasional dan masjid pertama di AS yang dikenal sebagai Masjid Al-Sadiq sekitar awal tahun 1920. 

Saat ini masjid yang dikelola oleh Komunitas Muslim Ahmadiyah masih beroperasi dengan Imam Azam Akram dipercaya sebagai Misionaris dan Imam Masjid.

Nah itulah 7 Masjid Tertua di Amerika Serikat yang masih berdiri kokoh hingga hari ini. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)