7 Mobil Tertua Di Dunia Yang Pernah Dibuat Manusia

 7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT


Sejak pertamakali mobil ditemukan pada tahun 1770 oleh Nicolas-Joseph Cugnot hingga saat ini telah jutaan mobil dibangun untuk membantu manusia sebagai alat transportasi.

Meskipun banyak orang berpikir bahwa mobil buatan T Henry Ford  adalah mobil tertua di dunia yang pernah dibuat, Namun sebenarnya masih banyak mobil yang telah dibuat sebelumnya lebih dari 100 tahun yang lalu. Mobil-mobil kuno ini ditenagai oleh uap, berat dan lambat dan dirancang dengan sedikit penumpang. Mobil-mobil kuno ini sering harus dioperasikan oleh lebih dari satu orang dengan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Walaupun demikian, banyak mobil-mobil kuno ini memiliki fitur inovatif yang akan mempengaruhi desain mobil modern.

Berikut 7 mobil tertua di dunia yang pernah dibuat yang kami lansir dari laman oldest.org.

7. Daimler-Maybach Stahlradwagen

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun pembuatan ; 1889
Pembuat dan Model : Gottlieb Daimler dan Wilhem Maybach

Stahlradwagen adalah salah satu mobil tertua di dunia merupakan mobil beroda baja yang dibuat oleh Gottlieb Daimler dan dibantu oleh Wilhem Maybach pada tahun 1889. Mobil pertama mereka tidak mengadaptasi gerbong yang ditarik kuda namun menggunakan mesin V-Twin bertenaga bensin.

Meskipun Daimler dan Maybach tidak dapat memproduksi mobil baru di Jerman, Namun mobil mereka dilisensikan di Perancis dengan debutnya Stahlradwagen pada Pameran Paris pada Oktober 1889. Tahun berikutnya Daimler dan Maybach mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG) untuk penjualan mobil mereka dengan penjualan pertama dilakukan pada tahun 1892.


6. Benz Paten-Motorwagen

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun : 1886
Pembuat : Karl Benz

Meskipun ada beberapa kendaraan lain yang dibuat sebelum Benz Paten-Motorwagen sering dianggap sebagai mobil tertua di dunia namun mobil yang dirancang pada tahun 1885 oleh Karl Benz dan dilisensikan pada tahun 1886 di Mannhein, Jerman adalah salah satu mobil tertua di dunia yang pernah dibuat.

Benz pertamaklainya berhasil mengembangkan mesin piston 2 langkah bertenaga bensin pada tahun 1873 dan terus mengembangkan kendaraan bermotor sambil mempertahankan kariernya sebagai perancang dan pabrikan mesin stasioner dan bagian terkaitnya antara tahun 1886 - 1893 dengan berhasil memproduksi sekitar 25 unit Benz Paten-Motorwagen sepanjang hidupnya.

5. La Marquise / Dos a Dos Steam Runabout

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun : 1884
Pembuat : De Dion-Boutonet et Trepardoux

Mobil tertua di dunia selanjutnya adalah Dos a Dos Steam Runabout atau yang lebih dikenal dengan La Marquise. Mobil ini dibangun pada tahun 1884 oleh orang Perancis bernama De Dion-Boutonet et Trepardeoux. Mobil ini pada tahun 2011 dinyatakan sebagai mobil tertua di dunia yang masih berjalan dan dijual pada acara pelelangan dengan harga $ 4.6 juta.

Dalam pelelangan dinyatakan bahwa mobil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 61 km per jam dengan hanya dimiliki oleh empat orang sejak pembuatannya. Banyak orang percaya bahwa La Marquise adalah mobil balap pertama di dunia dengan Count Dion mengendarai mobil dalam sebuah pameran pada tahun 1887. 


4. Kereta Uap Grenville

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun : 1875
Pembuat : Robert Neville Grenville

Grenville Steam Carriage atau Kereta Uap Grenville adalah kendaraan penumpang bertenaga uap tertua di dunia yang masih berfungsi hingga saat ini. Mobil ini dibangun pada tahun 1875 oleh Robert Neville Grenville yang kemudian menjadi Chief Mechanical Engineer dari Great Western Railway. Kereta ini diabngun untuk tujuh penumpang, pengemudi, pemadam kebakaran dan empat penumpang.

Setelah Grenville meninggal pada tahun 1936, keluarganya meminjamkan mobil kepada John Allen & Sons Ltd dari Cowley, Oxford dengan merobak total kendaraan tersebut pada tahun 1946 dengan ikut serta dalam Kavaleri Jubilee London di Regen's Park. Saat ini Kereta Uap Greenville dipamerkan di Museum Motor Nasional Inggris di Beaulieu.

3. Hancock Omnibus

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun : 1832
Pembuat : Walter Hancock

Hamcock Omnibus atau The Enterprise steam Omnibus adalah salah satu mobil tertua di dunia yang dibangun oleh Hamcock sekitar tahun 1832. Hamcock Omnibus adalah mobil pertama bertenaga uap yang diproduksi secara komersial di dunia. Mobil ini dibangun di London dan Paddington Steam Carriage Company pada April 1832. Bus ini mulai beroperasi pada layanan reguler antara London Wall dan Paddington melalui Islington menjadikan Hancock Omnibus sebagai kereta uap pertama di dunia untuk layanan umum.     
Diperlukan tiga orang operator untuk mengoprasikan Hancock Omnibus. Pengemudi duduk didepan untuk menyetir melalui roda kemudi. Operator kedua bertanggungjawab untuk menjaga permukaan air boiler dan memilih gigi mundur saat diperlukan. dan operator ketiga berdiri di platform belakang untuk menjaga api. Namun tidak diketahui bagaimana ketiga operator untuk berkomunikasi untuk menjaga bus tetap berjalan.


2. London Steam Carriage

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun : 1803
Pembuat : Richard Trevithick

London Steam Carriage (Kereta Uap London) adalah salah satu mobil tertua di dunia yang diabngun oleh Richard Trevithick pada tahun 1803 dan dianggap sebagai kendaraan pengangkut mandiri pertama di dunia. Meskipun kendaraan bertenaga uap Cugnot lebih dulu diproduksi namun Cugnot didesain untuk mengangkut artileri bukannya penumpang. 

Trevithick telah membangun kereta uap eksperimental prtamanya pada tahun 1801 yang dijuluki "Iblis Puffing" dan membawanya kesebuah bukit di Camborne, Cornwall.

Trevithick mengemudikan London Steam Carriage pertamakalinya pada tahun 1803 melalui London sekitar 10 km dengan kecepatan 6.4 - 14.5 km per jam. Sayangnya kendaraan ini langsung dihancurkan dalam sebuah kebakaran tetapi gambar asli yang diajukan secara paten dapat dilihat hingga sekarang.

1. Cugnot Fardier

7 MOBIL TERTUA DI DUNIA YANG PERNAH DIBUAT

Tahun : 1770
Pembuat : Nicolas-Joseph Cugnot

Pada tahun 1770, Penemu Perancis Nicolas-Joseph Cugnot merancang dan membangun kereta self-propelled pertama di dunia. Setahun sebelum ukuran penuh Fardier a vapeur (steam dray) dibangun, Cugnot membuat protipe kecil pada tahun 1769.

Cugnot Fardier dibangun untuk militer Perancis dan dirancang untuk dapat mengangkut empat ton dengan kecepatan 7.8 km per jam. Kendaraan ini tidak terlalu sukses dengan ditinggalkannya proyek ini. Pada tahun 1800, Mobil tertua di dunia ini dibawa ke Conservatoire National des Arts et Metjers di Paris dimana mobil ini masih dipajang hingga sekarang.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)