Baju Batabua Pakaian Adat Minangkabau

 

Pakaian adat adalah salah satu hasil kebudayaan yang dimiliki oleh setiap masyarakat dimana saja berada. Pakaian dikenakan sesuai dengan kondisi lingkungan dan juga nilai adat, norma dan agama yang memang dipatuhi oleh tiap kelompok masyarakat. Pakaian tidak hanya tidak hanya sebagai penutup tubuh saja melainkan sebagai lambang status seseorang dalam masyarakat dan  merupakan perwujudan “rasa malu”,  sehingga berusaha menutup segala bagian tubuh.

Baju Batabue

Baju batabue merupakan baju yang dihiasi dengan taburan benang emas. Baju ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Minang, dimana baju ini biasa dipakai ketika pesta pernikahan dan beberapa acara-acara penting lainnya.

Biasanya baju ini terdiri dari beragam bentuk namun tentunya baju ini masih dalam wadah ciri khas Minangkabau. Baju batabue merupakan salah satu baju kebanggaan orang-orang Minangkabau yang dipakai oleh kaum wanitanya.

Masyarakat Minangkabau memiliki falsafah hidup Adat Basandi Syara Syara Basandi Kitabullah, yang artinya "adat berdasarkan syari'at, syari'at berdasarkan Al-Qur'an" maka pakaian harus menutup aurat. Namun sebelum masuk nya ajaran Islam, pakaian yang dikenakan oleh perempuan Minangkabau terlihat seperti pakaian Jawa dan Bali yang dikenal dengan sebutan kemben.

Semoga Informasi ini bermanfaat, silahkan share jika artikel ini ke facebook, twitter dan linked nya sobat. Terimakasih

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)