Lebih Baik Gunakan Jasa Pembuatan Website atau Buat Sendiri? Cek di Sini!

Dengan website, usaha atau brand kamu bisa mendapatkan kepercayaan yang lebih dari konsumen. Oleh karena itu, membuat website menjadi keharusan untuk meningkatkan branding secara signifikan. Lalu, lebih baik buat sendiri atau percayakan kepada jasa pembuatan website?

Jika kamu bingung, sebaiknya baca ini hingga tuntas. Sebab, dalam artikel ini akan mengupas tuntas keuntungan dan kekurangan dari membuat sendiri atau serahkan pada pihak lain untuk membuatnya. Let’s started!

Jasa Pembuatan Website Terbaik VS Buat Sendiri

Memang, tidak ada yang sempurna dalam hal perbandingan. Namun dari sisi efisiensi bagi brand, terutama bagi pemilik bisnis yang ingin lebih berkembang, berikut ini pertimbangannya.

DeskripsiMembuat Website SendiriMemakai Jasa Pembuatan Website
Domain Hosting
  • Harus membeli domain dan hosting sendiri, ini rawan hal buruk jika tidak bisa memilih vendor yang terpercaya. 
  • Tidak perlu pusing, sebab biasanya sudah termasuk dalam satu paket. Nanti akan ada beberapa opsi domain yang bisa kamu pakai, berikut kebutuhan hostingnya. 
Tema
  • Harus berjuang memilih tema sendiri, mana yang lebih cocok untuk interpretasi wajah brand. Juga harus trial kecepatan website apakah tema yang kamu pilih memperlambat atau tidak.
  • Belum lagi, kalau mau tema premium, harus beli sendiri dan ini tidak murah.
  • Karena sudah berpengalaman, maka mudah saja. kamu akan diberikan pilihan tema-tema yang sekiranya relevan dengan brand atau keinginan kamu.
  • Untuk tema premium, kamu bisa membayar lebih murah karena ini bisa sharing.
Maintenance
  • Jika ada bug atau gangguan pada website kamu, ini akan rumit. Sebab kamu harus cari penyebabnya, analisa sendiri sebelum membereskannya.
  • Kamu harus membeli SSL sendiri untuk perlindungan website.
  • Melakukan perawatan untuk update konten, menerapkan SEO, dan lain-lain. Itu semua tidak mudah, dan butuh proses belajar.
  • Saat ada bug atau gangguan, tinggal lapor dan tim dari penyedia jasa yang akan membereskan.
  • Tidak perlu membeli SSL sendiri dengan harga mahal, karena biasanya tersedia paket sharing sehingga lebih murah.
  • Tim penyedia jasa yang akan melakukan optimasi di website, jadi kamu tidak perlu belajar sendiri dari nol.

“Pada intinya, kalau punya skill dan pengetahuan sendiri soal website, maka akan lebih menguntungkan jika membuat sendiri. Namun, jika tidak mau repot tapi performa website bagus, lebih efisien percayakan pada pihak penyedia jasa. Karena sudah pasti punya pengetahuan, akses, pengalaman dan skill lain yang terbukti bagus hasilnya.”

FAQ Seputar Pembuatan Website

FAQ seputar jasa pembuatan website

Nah, jika sudah paham value-nya, maka jika timbul pertanyaan seputar jasa pembuatan website kamu bisa menyimak di sini. Sebab, di bawah ini merupakan kumpulan pertanyaan yang paling sering orang tanyakan terkait pembuatan website.

1. Berapa Harga Jasa Pembuatan Website?

Untuk harga ini sangatlah dinamis. Sebab, mahal atau murahnya harga yang akan kamu dapatkan tidak lepas dari service apa saja yang kamu butuhkan. Misal, mau berapa tahun, berapa besaran hosting yang akan kamu pakai, dan juga tema apa yang kamu butuhkan.

2. Apa Ada Jasa Pembuatan Website Murah?

Tentu saja ada. Bahkan banyak! Oleh karena itu, jika sebagai bisnis owner lebih efisien kamu percayakan pada pihak lain saja daripada membuat sendiri. Sehingga kamu bisa lakukan hal lain yang tidak bisa orang lain lakukan untuk bisnis kamu.

3. Apakah Ada Jasa Pembuatan Website Gratis?

Ada! Biasanya ini menjual produk lain, sehingga untuk websitenya gratis. Namun, untuk hosting, domain, atau mungkin tema serta SSL-nya harus kamu beli dengan harga tertentu.

4. Apakah Bisa membuat Website untuk Toko Online?

Tentu saja bisa. karena jasa pembuatan website toko online pun ada. Sebab, prosedurnya sebenarnya sama. Hanya saja untuk toko online, temanya yang beda dan juga proses pengisian kontennya juga beda dari yang sekadar untuk portofolio atau company profile.

Nah, sekarang mulai buat rancangan website yang kamu inginkan, atau jika kesulitan bisa konsultasikan dengan vendor pembuatan website yang kamu percaya. 

Sehingga, tidak hanya sebagai penguat branding, tetapi juga bisa menjadi tempat selling yang menguntungkan. Jadi, segera buat rencana dan percayakan hasil terbaiknya pada penyedia jasa pembuatan website.

Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)